Tak Sekadar Manis, Ini Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

Tak Sekadar Manis, Ini Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta - Selama mengandung, ibu harus menjaga kesehatan. Artinya, ibu harus membatasi aktivitas dan memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke tubuh. Pasalnya, apa yang ibu konsumsi akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Salah asupan nutrisi, bisa jadi Si Kecil juga mengalami gangguan pertumbuhan.

Mungkin, ibu pernah mendapatkan rekomendasi dari dokter kandungan atau orang lain untuk mengonsumsi kurma ketika hamil. Tidak salah kok, karena ternyata ada banyak manfaat kurma untuk menunjang kesehatan kehamilan ibu. Apa saja sih? Simak ya!

  • Menunjang Kekuatan Gigi dan Tulang Janin

Ketika mengandung, hal penting yang tidak boleh ibu lewatkan adalah kesehatan tulang dan gigi sang buah hati. Nah, kurma bisa membantu ibu mewujudkannya. Buah berwarna cokelat ini memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi dan baik untuk menunjang kesehatan gigi serta tulang janin di dalam kandungan.

Baca juga: Ketahui Penyebab Ibu Hamil Dapat Alami Konstipasi

  • Menghindarkan dari Sembelit

Ketika hamil, ibu pasti sering mengalami sembelit atau susah buang air besar. Nah, supaya ibu tidak mengalaminya, coba konsumsi buah kurma. Kandungan serat yang ada di buah ini juga terbilang tinggi, dan ini baik untuk mengatasi sembelit. Kurma juga membantu menjaga pencernaan ibu dan membuat ibu merasa kenyang lebih lama. Rutin mengonsumsi kurma juga membuat ibu terhindar dari berat badan berlebih, yang menjadi masalah rawan ketika hamil.

  • Membantu Mencegah Terjadinya Cacat Lahir

Tidak banyak yang tahu bahwa kurma merupakan buah sumber asam folat yang baik. Asam folat ini merupakan nutrisi yang penting untuk ibu hamil, karena membantu mencegah cacat lahir yang berkaitan dengan otak dan sumsum tulang belakang. Biasanya, ini rentan terjadi di awal kehamilan.

Baca juga: Ketahui Manfaat Luar Biasa Kurma untuk Ibu Menyusui

  • Menyumbang Energi

Selama kehamilan, ibu membutuhkan lebih banyak energi untuk beraktivitas dibandingkan ketika tidak sedang hamil. Nah, mengonsumsi buah kurma setiap hari memberikan asupan gula tambahan yang dibutuhkan tanpa harus menambah kalori dalam tubuh alias tidak menyebabkan kegemukan.

  • Protein Menghasilkan Asam Amino

Manfaat kurma lain yang baik untuk menunjang kehamilan yang sehat adalah buah ini menyediakan sejumlah protein yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun asam amino. Nutrisi ini penting untuk menunjang pertumbuhan tubuh janin yang sehat.

  • Mencegah Anemia

Kurma dapat memberi ibu kandungan zat besi yang dibutuhkan selama kehamilan untuk mencegah terjadinya anemia. Zat besi ini mempertahankan hemoglobin dalam tubuh dan menguatkan kekebalan tubuh ibu dan janin di dalam rahim. Ketika hamil, ibu rentan terserang berbagai penyakit, termasuk anemia, jadi rutin konsumsi buah kurma membantu ibu terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.

  • Penambah Vitamin K untuk Bayi

Bayi dilahirkan dengan kadar vitamin K dalam tubuh yang rendah. Jika ibu rajin mengonsumsi buah kurma, kebutuhan vitamin K bayi terpenuhi ketika ia menyusu pada ibu. Tidak hanya itu, vitamin K juga membantu dalam pembekuan dan perkembangan tulang pada bayi, juga menguatkan tulang ibu.

Baca juga: Ini Kandungan dalam Kurma yang Cocok Bagi Ibu Hamil

Itu tadi beberapa manfaat kurma untuk menjaga kehamilan ibu agar tetap sehat hingga akhirnya sang bayi dilahirkan. Nah, jika ibu merasa ada gejala aneh pada kandungan, jangan menunda untuk segera bertanya pada dokter ya. Ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc, jadi kapan saja ibu bisa langsung bertanya pada dokter ahli kandungan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang, bu!