16 January 2019

Takut Gemuk? Hindari 5 Camilan Ini

Takut Gemuk? Hindari 5 Camilan Ini

Halodoc, Jakarta - Nutrisi adalah salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk terus beraktivitas. Nutrisi bisa didapatkan melalui makanan yang dikonsumsi. Semua orang harus memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhnya dengan mengonsumsi makanan yang cukup. Pasalnya, mengonsumsi makanan secara berlebihan dan tidak sehat dapat menyebabkan kegemukan pada tubuh. Maka dari itu, seseorang yang ingin memiliki berat badan ideal harus selalu menjaga makanan yang dikonsumsinya.

Umumnya, kegemukan pada seseorang memang disebabkan oleh makanan yang dikonsumsinya sehari-hari. Maka dari itu, kamu harus mengetahui kandungan makan yang dikonsumsi. Dengan begitu, kamu bisa menghindari makanan-makanan yang tidak sehat bagi tubuh.

Baca Juga : Ini 5 Cara Sehat Makan Camilan dalam Kemasan

Untuk menjaga berat badan tetap ideal, makanan-makanan ini harus kamu dihindari. Di antaranya:

  1. Kentang Goreng

Kentang adalah salah satu makanan yang menyehatkan. Namun, jika proses memasaknya digoreng, kentang tidak lagi menjadi makanan sehat. Kentang goreng termasuk camilan berbahaya, karena kandungan kalorinya yang tinggi dan dapat membuat kamu mengalami kegemukan. Selain itu, disebutkan bahwa kentang yang dipanggang atau digoreng mungkin mengandung zat penyebab kanker, yaitu akrilamida. Kentang paling baik diolah dengan cara direbus, karena menyehatkan dan membuatmu kenyang lebih lama.

Baca Juga : 4 Camilan Sehat di Kantor Biar Enggak Kegemukan

  1. Minuman Manis

Camilan berbahaya lainnya dan dapat membuatmu mengalami kegemukan adalah minuman manis. Minuman manis yang mengandung banyak gula, seperti soda, adalah salah satu hal yang paling tidak sehat yang pernah ada. Selain dapat menambah berat badan, minuman manis juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Kalori gula cair tidak membuat kamu kenyang, sehingga dapat menumpuk kalori di tubuh. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk menghindari minuman manis jika kamu tidak ingin mengalami obesitas.

Baca Juga : 6 Camilan Pengganjal Perut Saat di Bandara

  1. Jus Buah

Walaupun disebut berasal dari buah, tetapi manfaat dari buah yang utuh sudah jauh berkurang. Jus buah dalam prosesnya dipenuhi dengan kandungan gula, sehingga tidak menyehatkan. Jus buah termasuk camilan berbahaya karena kandungan gula dan kalori yang mirip dengan soda. Maka dari itu, disarankan untuk mengonsumsi buah utuh dibandingkan dengan meminum jus buah.

  1. Es Krim

Es krim juga termasuk salah satu camilan berbahaya yang dapat menyebabkan obesitas. Es krim memang terasa lezat, tetapi tidak sehat. Pasalnya, dalam es krim terdapat kandungan kalori dan gula yang tinggi dan padat. Mengonsumsi es krim tidak berdampak serius selama dalam porsi yang sesuai. Jika sudah berlebih, kandungan gula dan kalori yang masuk ke tubuh berlebihan. Sebagai alternatif, kamu dapat mengonsumsi yoghurt yang memiliki sedikit kandungan gula atau membuat es krim sendiri agar kandungannya dapat diatur sendiri.

  1. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol, terutama bir, mengandung banyak kalori. Walau begitu, belum dapat dipastikan secara pasti apakah alkohol memang dapat menambah berat badan. Minum minuman beralkohol dalam jumlah sedang sebenarnya dapat menurunkan berat badan. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, justru dapat menyebabkan kegemukan. Selain itu, lebih disarankan untuk meminum anggur dibandingkan dengan meminum bir.

Itulah beberapa camilan yang harus dihindari jika kamu tidak ingin mengalami kegemukan. Jika kamu mempunyai pertanyaan tentang camilan yang baik untuk dikonsumsi, dokter dari Halodoc siap membantu. Komunikasi dengan dokter dapat dengan mudah dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Ayo, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!