• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tampil Menawan, Begini 6 Cara Simpel Mencegah Jerawat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tampil Menawan, Begini 6 Cara Simpel Mencegah Jerawat

Tampil Menawan, Begini 6 Cara Simpel Mencegah Jerawat

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 09 Mei 2022

“Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah jerawat yang mengganggu. Mulai dari rutin membersihkan wajah, hingga mengelola stres dengan baik.”

Tampil Menawan, Begini 6 Cara Simpel Mencegah Jerawat

Halodoc, Jakarta – Jerawat adalah gangguan kulit umum yang bisa bikin jengkel. Untungnya, ada banyak cara untuk mencegah jerawat yang bisa dicoba. Yuk simak lebih lanjut!

Tips dan Cara Mencegah Jerawat

Perkembangan jerawat bisa terjadi karena banyak faktor. Termasuk penyumbatan pori-pori, bakteri, dan faktor-faktor lainnya. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya:

  1. Jaga Kebersihan Wajah

Bahkan jika terlihat bersih, penting untuk mencuci muka dua kali sehari untuk menghilangkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak ekstra dari permukaan kulit. Gunakan air hangat dan pembersih wajah yang ringan. 

  1. Pakai Pelembap Kulit

Banyak produk jerawat mengandung bahan yang mengeringkan kulit, jadi selalu menggunakan pelembap bisa jadi salah satu cara mencegah jerawat. Karena ini bisa meminimalkan kekeringan dan pengelupasan kulit. 

Carilah pelembap yang berlabel “noncomedogenic”, yang berarti seharusnya tidak menyebabkan jerawat. Ada pelembap yang dibuat untuk kulit berminyak, kering, atau kombinasi.

  1. Jangan Malas Bersihkan Make Up

Jika kamu suka memakai riasan, selalu bersihkan sebelum tidur. Jika memungkinkan, pilih kosmetik yang bebas minyak tanpa tambahan pewarna dan bahan kimia. Pilih riasan yang berlabel “noncomedogenic”, atau yang tidak menyebabkan jerawat.

  1. Perhatikan Produk Rambut yang Dipakai

Hindari menggunakan wewangian, minyak, pomade, atau gel pada rambut. Jika rambut yang diberi berbagai produk sering mengenai wajah, pori-pori kulit bisa tersumbat dan teriritasi.

Sebaiknya, gunakan sampo dan kondisioner yang lembut. Rambut berminyak dapat menambah minyak di wajah, jadi sering-seringlah mencuci rambut, terutama jika sedang berjerawat.

  1. Perbaiki Pola Makan

Hindari makanan berminyak dan junk food dan perbanyak konsumsi buah segar, sayuran, dan biji-bijian dalam pola makan sehari-hari. Produk susu dan makanan tinggi gula olahan dapat memicu jerawat. 

  1. Hindari Stres

Stres berat dan berkepanjangan diduga dapat meningkatkan keparahan jerawat. Jadi, cobalah untuk sebisa mungkin menghindari stres. Misalnya dengan rutin melakukan meditasi, atau hal-hal yang disukai.

Nah, itulah pembahasan mengenai cara mencegah jerawat yang bisa kamu coba. Jika jerawat terus muncul, cobalah bicarakan pada dokter, untuk mengetahui apakah ada pengobatan yang harus dijalani.

Jika dokter memberi resep obat untuk jerawat, kamu bisa download Halodoc untuk cek kebutuhan medis kamu tanpa perlu keluar rumah.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. 10 Tips for Preventing Acne.
Medical News Today. Diakses pada 2022. How Do You Prevent Pimples?