• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tanda Kulit Anjing Peliharaan yang Sehat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tanda Kulit Anjing Peliharaan yang Sehat

Tanda Kulit Anjing Peliharaan yang Sehat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 26 November 2021
Tanda Kulit Anjing Peliharaan yang Sehat

“Salah satu indikator kesehatan anjing bisa dilihat dari kondisi bulu dan kulitnya. Sebagai pemilik anjing kamu perlu memeriksa kondisi kulitnya secara rutin, agar terbebas dari kutu atau parasit yang menimbulkan penyakit. Nah, berikut ciri kulit anjing sehat yang wajib kamu ketahui.”

Halodoc, Jakarta – Jika kamu memelihara anjing, menjaga kesehatan hewan peliharaan tersebut menjadi hal yang harus diutamakan. Nah, kulit adalah organ tubuh terbesar dan terluas pada anjing. Sel-sel pada kulit anjing pun cenderung berubah dengan cepat sehingga kamu perlu merawatnya dengan baik. Bagi kebanyakan anjing, hampir semua kulit ditutupi dengan bulu yang rontok secara teratur dan kemudian digantikan dengan bulu yang baru. 

Untuk menjaga kulit dan rambut tetap sehat, anjing membutuhkan diet seimbang yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, mineral dan vitamin. Selain membutuhkan makanan yang sehat dan seimbang, kamu juga harus rajin menyisir dan memandikannya supaya anjing terhindar dari kuman penyebab infeksi.

Lantas, seperti apa tanda kulit anjing yang sehat? Ini yang perlu kamu ketahui. 

Tanda Kulit Anjing yang Sehat

Melansir dari American Kennel Club, kulit anjing yang sehat tampak lentur dan halus, tanpa koreng, pertumbuhan, serpihan putih, atau area merah. Kulit yang sehat juga tidak berminyak, bersisik, atau bergelombang. Warnanya berkisar dari merah muda pucat hingga coklat atau hitam tergantung pada jenis anjing. 

Jika kamu melihat bintik-bintik pada kulit anjing, hal ini bisa jadi normal tergantung apakah anjing tersebut memiliki bulu yang berbintik atau padat. Kamu mungkin perlu memeriksa kulit anjing secara rutin untuk mendeteksi adanya kutu atau parasit eksternal lainnya. 

Untuk memeriksanya, tiup perlahan perut anjing atau sisir bulunya ke belakang di beberapa tempat. Tujuannya untuk melihat apakah ada bintik kecil yang keluar atau ada kutu yang menempel di kulit. Kotoran hitam pada kulit atau tempat tidur anjing bisa menjadi pertanda adanya kotoran atau kutu.

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Anjing

Salah satu hal yang paling memengaruhi kesehatan kulit anjing adalah nutrisi dan kebersihan anjing. Oleh karenanya, kamu perlu memberikan perawatan dalam dan perawatan luar untuk anjing. Perawatan dalam mencakup pemberian makanan yang bergizi seimbang. Sementara perawatan dari luar mencakup pembersihan bulu dan kandangnya secara rutin. Nah, berikut tips menjaga kesehatan kulit anjing yang wajib kamu ketahui:

1. Mandikan anjing

Memandikan anjing adalah hal yang harus dilakukan secara rutin. Namun, anjing sebenarnya tidak perlu dimandikan terlalu sering. Sebaiknya, mandikan anjing minimal tiga bulan sekali dan jangan satu minggu sekali. Jangan lupa pilih sampo yang melembapkan kulitnya sehingga tidak mudah iritasi. Sering kali mandi dengan air saja sudah cukup, daripada menyabuni anjing dengan sampo. 

2. Berikan makanan yang tepat

Nutrisi memainkan peran yang amat penting untuk kesehatan anjing. Hindari memberikan makanan sembarangan seperti makanan manusia. Salah memberikan makanan justru bisa membuat bulunya rontok dan rentan terserang penyakit. Bila anjing punya kulit yang sensitif, pertimbangkan untuk memberi mereka resep yang dirancang khusus untuk menutrisi kulit dan bulunya. 

3. Rutin ke dokter hewan

Kamu juga perlu membawa anjing untuk cek kesehatan di dokter hewan secara rutin. Dokter dapat merekomendasikan vaksin untuk anjing agar terhindar dari penyakit berbahaya. Pemeriksaan rutin juga berguna untuk mendeteksi gejala-gejala yang tidak biasa pada anjing sehingga kondisinya bisa segera diatasi. 

4. Sikat bulunya secara teratur

Menyikat bulu anjing secara teratur akan membantu merangsang folikel rambut dan kelenjar minyak alami di kulit. Hal ini dapat menghilangkan bercak-bercak kulit saat kamu menyikat permukaannya. Menghilangkan sel-sel kulit mati dan rambut rontok dari bulunya akan memberikan kesempatan kulit untuk memperbaiki dirinya sendiri secara alami.

Bila kamu menemukan gejala yang tidak biasa pada kulit anjing, segera hubungi dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan menjawab segala pertanyaan kamu. Jangan tunda untuk menghubungi dokter hewan sebelum kondisinya semakin memburuk. Download Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2021. How to Keep Your Dog Healthy.
VCA Hospitals. Diakses pada 2021. Coat and Skin Appearance in the Healthy Dog.
Holistic Select. Diakses pada 2021. 6 Tips for Keeping Your Dog’s Skin and Coat Healthy during the Winter Months.