• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tanda Putih pada Kuku, Ini Penyebab dan Cara Menghilangkannya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tanda Putih pada Kuku, Ini Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Tanda Putih pada Kuku, Ini Penyebab dan Cara Menghilangkannya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 05 Desember 2022

“Tanda putih pada kuku terkadang bisa mengganggu penampilan. Dengan mengetahui berbagai penyebab, langkah pencegahan bisa dilakukan sebelumnya.”

Tanda Putih pada Kuku, Ini Penyebab dan Cara MenghilangkannyaTanda Putih pada Kuku, Ini Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Halodoc, Jakarta – Tanda putih pada kuku adalah kondisi yang banyak orang tidak sadari terjadi. Adanya noda putih pada kuku juga kerap terlihat samar pada beberapa orang.

Namun, apa, sih, yang menyebabkan seseorang bisa menemukan tanda putih pada kukunya? Setelah mengetahui berbagai macam penyebabnya, penentuan cara untuk mengatasinya yang tepat pun bisa dilakukan.

Berbagai Penyebab Tanda Putih pada Kuku

Kondisi munculnya tanda berwarna putih pada kuku disebut juga dengan leukonikia. Hal ini bisa terjadi baik pada kuku di tangan atau kaki. Hal ini adalah sesuatu yang umum terjadi dan tidak membahayakan sama sekali.

Ada beberapa penyebab seseorang mengalami kondisi ini, yaitu:

1. Reaksi Alergi

Kamu bisa mengalami kondisi ini disebabkan oleh reaksi alergi, seperti penggunaan cat kuku atau penghapus cat kuku. Bahan kimia pada produk tersebut dapat merusak kuku, sehingga meninggalkan bekas bintik-bintik putih.

2. Terserang Jamur

Jamur kuku yang biasanya terjadi pada kuku kaki ternyata juga bisa meninggalkan titik putih. Bahkan, hal tersebut bisa menjadi tanda paling awal terjadinya infeksi yang dapat tumbuh dan menyebar. Dampaknya, kuku kaki tampak bersisik lalu menebal dan akhirnya rapuh.

3. Kekurangan Mineral

Seseorang yang kekurangan mineral atau vitamin tertentu pada tubuhnya juga bisa ditandai dengan adanya putih pada kuku. Nutrisi yang paling sering dikaitkan dengan kondisi ini adalah kekurangan zinc dan kalsium. 

4. Cedera pada Kuku

Seseorang yang mengalami cedera pada pangkal kuku dapat meninggalkan bekas bintik putih saat kuku tersebut tumbuh. Beberapa kondisi yang sering menyebabkan cedera, seperti:

  • Jari yang terjepit pintu.
  • Tidak sengaja memukul jari dengan palu.
  • Tidak sengaja membenturkan ke sesuatu yang keras.

Selain itu, manikur juga kerap menyebabkan kerusakan yang menimbulkan bintik putih pada kuku. Tekanan saat menerapkan manikur dapat merusak kulit pada kuku.

Cara Efektif untuk Menghilangkan Bintik Putih pada Kuku

Penanganan yang dilakukan dapat berbeda-beda tergantung penyebabnya. Setelah dipastikan penyebabnya, dokter akan merekomendasikan salah satu perawatan berikut:

1. Hindari alergen dan bahan kimia

Hentikan berbagai penggunaan bahan kimia yang diaplikasikan ke kuku yang dapat menimbulkan reaksi alergi. Jika masalah ini masih terus terjadi setelah berhenti menggunakan berbagai produk kecantikan kuku, cobalah melakukan pemeriksaan ke dokter.

2. Obat Antijamur

Jika masalah pada kuku disebabkan oleh jamur, penggunaan obat antijamur topikal efektif untuk mengatasinya. Agar teratasi dengan baik, lama perawatan yang dibutuhkan rata-rata 3 bulan. Pastikan untuk menggunakannya secara rutin agar infeksinya benar-benar menghilang.

3. Istirahatkan

Jika bintik putih pada kuku disebabkan oleh cedera, cobalah untuk mengistirahatkan bagian tersebut dan tunggu hingga sembuh. Saat kuku yang baru tumbuh, bintik putih bisa hilang seluruhnya.

Jika perubahan warna pada kuku ini sudah mengganggu, cobalah untuk menggunakan cat kuku untuk menutupinya sementara. Pilih cat kuku dengan warna alami, bahkan jika perlu yang menggunakan bahan alami.

Jika masih ingin tahu lebih jauh tentang bintik putih pada kuku, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk berinteraksi langsung dengan ahlinya. Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan kapan dan dimana saja. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Why Are There White Spots on My Nails?
Medical News Today. Diakses pada 2022. Reasons and treatments for white spots on the nails.