• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tanda-Tanda Awal Anjing Sedang Hamil
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tanda-Tanda Awal Anjing Sedang Hamil

Tanda-Tanda Awal Anjing Sedang Hamil

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 29 November 2021
Tanda-Tanda Awal Anjing Sedang Hamil

“Tanda awal anjing hamil biasanya akan terlihat melalui perubahan-perubahan yang muncul. Secara umum, anjing peliharaan yang tengah hamil akan menunjukkan perubahan pada nafsu makan, bentuk tubuh, perilaku, serta ada kemungkinan muncul gejala muntah.

Halodoc, Jakarta – Tanda awal anjing hamil bisa dikenali melalui perubahan fisik dan tingkah lakunya. Tidak berbeda jauh dengan manusia, mengenali tanda awal anjing hamil sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Namun, tentu saja dibutuhkan ketelitian untuk mengamati tanda-tanda yang muncul. Selain itu, pemeriksaan medis mungkin dibutuhkan untuk memastikannya. 

Anjing peliharaan betina sangat mungkin mengalami kehamilan, terutama jika memang sudah direncanakan oleh pemiliknya. Selain mengetahui tanda kehamilan anjing, penting juga untuk mengetahui kapan waktu terbaik untuk hal tersebut. Secara umum, anjing berjenis kelamin wanita akan memasuki masa ideal untuk hamil pada usia 3–5 tahun. 

Mengenal Tanda Awal Anjing Hamil 

Mengetahui masa awal kehamilan anjing bisa dilakukan dengan mengamati ciri fisik dan perilaku yang ditunjukkan. Secara umum, tanda awal anjing hamil adalah mengalami peningkatan nafsu makan, kenaikan berat badan, ukuran puting membesar, perut bengkak, terlihat lebih penyayang, dan menjadi lebih sensitif. Selain itu, anjing betina yang sedang hamil mungkin juga akan mengalami muntah. 

Gejala ini bisa muncul pada minggu-minggu awal kehamilan dan disebabkan oleh perubahan hormon. Bagian perut anjing akan terlihat lebih besar ketika kehamilan sudah memasuki usia beberapa minggu. Pada beberapa jenis anjing, hal ini mungkin akan disertai dengan tubuh lemas yang membuat hewan peliharaan mengalami kesulitan beraktivitas. 

Jika muncul tanda awal anjing hamil, sebaiknya segera bawa hewan tersebut ke klinik hewan terdekat. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan kehamilan dan memeriksa kondisi tubuh anjing. Dokter hewan juga akan memberi tahu usia kehamilan, serta kebutuhan anjing selama mengandung. Biar lebih mudah, gunakan aplikasi Halodoc untuk menemukan daftar klinik hewan terdekat yang bisa dikunjungi. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Pemeriksaan Medis untuk Memastikan Kehamilan 

Selain memperhatikan kondisi tubuh dan perubahan perilakunya, mengetahui tanda awal anjing hamil juga bisa dilakukan dengan pemeriksaan medis atau pengujian diagnostik. Ada beberapa cara pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mendeteksi kehamilan pada anjing, antara lain: 

  1. Palpasi 

Pemeriksaan pertama yang bisa dilakukan untuk memastikan kehamilan adalah palpasi. Dokter hewan akan meraba bagian perut anjing untuk mengetahui keberadaan janin di sana. Palpasi bertujuan untuk mencari tahu apakah ada bagian yang teraba seperti bola kecil atau buah anggur yang merupakan kantung berisi cairan yang mengelilingi janin. Prosedur ini hanya boleh dilakukan oleh dokter hewan untuk memastikan anak anjing yang dikandung tetap aman. 

  1. USG 

Pemeriksaan USG juga menjadi salah satu cara mengetahui masa awal kehamilan anjing peliharaan. Dokter hewan bisa melakukan USG pada 25 hingga 35 hari kehamilan. Prosedur ini dilakukan untuk mendeteksi detak jantung janin, perkembangannya, serta perkiraan jumlah anak anjing yang tengah dikandung induknya. 

  1. Tes Hormon 

Selanjutnya, mengetahui tanda awal anjing hamil bisa dilakukan dengan tes hormon. Prosedur ini biasanya dilakukan pada usia 25 hingga 30 hari kehamilan. Tes darah akan dilakukan untuk mengukur kadar hormon anjing dan mengetahui apakah hewan tersebut memproduksi hormon kehamilan relaxin atau tidak.  

  1. Pemeriksaan X-ray 

Salah satu tes yang paling akurat untuk mendeteksi kehamilan anjing adalah menggunakan sinar X-ray. Namun, cara pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan saat usia kehamilan sudah memasuki 55 hari. Sebab, pada usia tersebut kerangka anak anjing sudah muncul dan bisa terlihat melalui X-ray. Tes ini bisa memberitahukan secara akurat jumlah anak anjing yang dikandung dan kapan perkiraan anjing akan melahirkan. 

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi: 
American Kennel Club. Diakses pada 2021. Dog Pregnancy: Signs, Care, and Preparing for Puppies.
Woof Dog. Diakses pada 2021. Stages of Dog Pregnancy – Weekly Calendar with Photos.