• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tangan Bergelambir? Ini Cara Mengatasinya

Tangan Bergelambir? Ini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Pengumpulan lemak memang menjadi satu masalah yang cukup serius di kalangan wanita. Pastinya, semua wanita ingin memiliki tubuh langsing dan ideal. Namun, yang banyak terjadi adalah munculnya gelambir pada beberapa bagian tubuh, salah satunya adalah lengan. Tentu saja, ini akan sangat mengganggu penampilan dan mengurangi kepercayaan diri, terlebih kalau kamu mengenakan pakaian tanpa lengan.

Olahraga menjadi cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan lengan. Nah, apa saja jenis olahraganya? Berikut beberapa di antaranya:

Push-Up

Di kalangan pria, melakukan push-up akan membantu membentuk sekaligus menguatkan otot lengan. Namun, ternyata olahraga satu ini juga efektif untuk mengecilkan lengan bagi wanita. Tak hanya itu, push-up pun akan membantu mengecilkan perut, lho!

Mungkin, kamu akan sedikit kesulitan untuk menjaga keseimbangan tubuh saat melakukan push-up pertama kali. Oleh karena itu, kamu bisa memulainya dengan bertumpu pada kedua lutut kaki, bukan pada jari-jari kaki. Lakukan secara rutin, dan setelah terbiasa, kamu bisa mulai dengan mengganti tumpuan.

(Baca juga: Benarkah Berenang Menambah Tinggi Badan?)

Chair Dip

Cara mengecilkan lengan berikutnya adalah dengan melakukan chair dip. Tak hanya akan membuat lengan kamu terlihat lebih kecil, chair dip juga akan menguatkan otot punggung kamu, lho. Olahraga ini membutuhkan bantuan kursi atau meja yang tidak mudah bergerak saat kamu jadikan tumpuan dengan ketinggian maksimal 60 sentimeter.

Caranya, berjongkoklah di depan meja atau kursi tadi, dan letakkan tangan pada kursi atau meja. Pastikan lebar kedua tangan kamu mencapai sebahu, ya. Lalu, ambil tiga atau empat langkah ke depan, tekuklah lutut hingga tubuh kamu sejajar dengan tinggi kursi. Tekuk kedua siku kamu dan turunkan tubuh secara perlahan ke lantai.

Gerakan Menggunting

Gerakan menggunting tergolong aktivitas ringan. Meski begitu, aktivitas ini membantu mengecilkan lengan kamu dengan cepat. Tak hanya itu, gerakan ini pun termasuk dalam latihan kardio yang bagus untuk kesehatan jantung, lho. Satu hal yang perlu kamu perhatikan saat melakukan gerakan ini adalah jangan lemas saat melakukannya. Pastikan kamu merasakan semua otot kamu tertarik ketika kamu membuka atau menutup tangan kamu.

Cara melakukannya adalah, awali dengan posisi tegak. Lalu, angkatlah kedua tangan kamu setinggi bahu ke depan. Selanjutnya, lebarkan tangan ke samping dan kembalikan ke posisi semula dengan tangan kanan ada di atas tangan kiri. Ulangi gerakan melebarkan tangan tadi, dan posisikan tangan kiri di atas tangan kanan saat kembali ke posisi semula.

(Baca juga: Lakukan Gerakan Ini untuk Mengecilkan Lengan)

Latihan Mengangkat Beban

Cara mengecilkan lengan ini termasuk yang paling diminati. Tak hanya mengurangi lemak pada tangan, otot tangan pun akan mengencang jika kamu rutin melakukannya. Pertama-tama, siapkan dahulu beban yang akan kamu gunakan. Beban bisa berupa botol yang berisi air berukuran 600 mililiter atau 1 liter. Pegang kedua beban, dan angkat hingga ke atas kepala secara perlahan. Pastikan kedua tangan kamu berada dalam posisi yang lurus, ya.

Selanjutnya, tekuk tangan ke belakang saat menurunkan beban. Ulangi lagi gerakan ini sampai 20 kali. Semakin sering kamu melakukannya, lengan kamu akan semakin cepat mengecil.

Push Up dengan Meja

Push up ternyata juga bisa kamu lakukan dengan bantuan meja atau sandaran kursi. Namun, pastikan tumpuan yang kamu pilih tidak mudah bergeser, karena akan menimbulkan risiko cedera. Caranya, mulailah dengan posisi berdiri menghadap meja, pastikan kedua kaki sejajar dengan dasar meja.

Selanjutnya, taruh kedua tangan kamu dengan lebar sebahu di meja atau sandaran kursi tadi. Secara perlahan, gerakkan kaki sampai tubuh kamu condong ke depan dan menggunakan jari kaki sebagai tumpuannya. Pastikan punggung kamu lurus ya, lalu mulailah menekuk siku dan turunkan badan kamu.

 

Itu tadi lima cara mudah mengecilkan lengan yang bisa kamu coba. Namun, kamu juga tidak boleh lupa untuk tetap menjaga asupan nutrisi dan mengurangi konsumsi makanan berlemak, supaya lemak-lemak yang sudah hilang tadi tidak berkumpul lagi di lengan kamu. Kalau kamu butuh tips kesehatan lainnya, langsung saja tanyakan pada dokter ahlinya lewat aplikasi Halodoc. Kamu bisa download aplikasi Halodoc di App Store atau Play Store.