Tanpa Disadari, 4 Nutrisi Ini Dapat Menaikkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Tanpa Disadari, 4 Nutrisi Ini Dapat Menaikkan Berat Badan

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya menurunkan berat badan, nyatanya juga banyak orang yang menginginkan berat badannya naik dan menjadi lebih ideal. Meskipun kedengarannya mudah, kenyataanya menaikkan berat badan sama sulitnya dengan keinginan untuk menurunkan berat badan.

Menaikkan berat badan bukan berarti hanya sekadar menambah porsi makan saja, melainkan juga harus memerhatikan nutrisi yang sesuai kebutuhan tubuh. Sebaiknya, ketahui nutrisi apa saja yang membantu untuk menaikkan berat badan agar sesuai dengan yang diinginkan.

Cara paling efektif dalam menaikkan berat badan adalah meningkatkan asupan kalori sehari-hari. Namun, sebaiknya hindari menaikkan asupan kalori secara tiba-tiba. Lakukan peningkatan kalori secara bertahap untuk menghindari gangguan pada pencernaan.

Lakukan penambahan kalori sebanyak 500 kalori setiap harinya. Jika dalam beberapa waktu penambahan kalori ini tidak berhasil, tidak ada salahnya untuk meningkatkan kembali asupan kalori yang dikonsumsi.

Sebaiknya tambah kalori yang dikonsumsi dengan mengubah pola makan yang dimiliki. Cara untuk menghindari peningkatan konsumsi kalori secara tiba-tiba, tidak ada salahnya membagi kalori dalam 5 hingga 6 kali makan perharinya. Perhatikan nutrisi yang perlu dikonsumsi. Berat badan kamu dapat meningkat dengan baik asal mengonsumsi nutrisi dan gizi yang tepat untuk kebutuhan tubuh, di antaranya adalah: 

1. Protein

Sebaiknya perhatikan asupan protein dalam tubuh ketika menginginkan berat badan naik. Rutin mengonsumsi makanan yang mengandung protein membantu untuk meningkatkan massa otot. Meningkatkan massa otot membuat kamu bertambah berat badan namun tetap sehat dan terlihat ramping. Sebaiknya konsumsi beberapa sumber protein yang baik untuk tubuh, seperti ikan, telur, dan produk susu.

2. Karbohidrat

Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi juga membantu untuk meningkatkan berat badan. Jangan lupa untuk rutin makan sebanyak 3 kali dengan makanan yang mengandung karbohidrat. Karbohidrat kompleks dapat membantu menaikkan berat badan lebih cepat dibandingkan karbohidrat sederhana. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah mengganti kebiasaan mengonsumsi beras putih dengan beras merah.

3. Lemak

Sebaiknya jangan sembarang mengonsumsi makanan yang mengandung lemak. Pilih makanan yang mengandung lemak tak jenuh. Konsumsi makanan yang mengandung lemak lebih cepat membantu untuk meningkatkan berat badan sesuai dengan berat yang diinginkan. Ikan dan alpukat menjadi beberapa makanan yang mengandung lemak tak jenuh. Hindari konsumsi lemak jenuh karena meningkatkan risiko penyakit jantung. Jika kamu ingin mengetahui lebih jauh mengenai makanan lemak tak jenuh untuk tubuh, kamu bisa langsung bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Caranya mudah, kamu tinggal download aplikasinya di smartphone, ya!

4. Gula Alami

Konsumsi makanan yang mengandung gula alami seperti laktosa dan fruktosa membantu untuk meningkatkan berat badan. Kandungan fruktosa banyak ditemukan pada berbagai macam buah. Tidak ada salahnya untuk rutin konsumsi buah ketika ingin berat badan kamu meningkat. Selain membantu untuk meningkatkan berat badan, rutin mengonsumsi buah dapat membantu untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Namun perlu diingat, nutrisi yang dikonsumsi perlu diseimbangkan dengan kegiatan olahraga maupun aktivitas fisik agar mendapatkan berat badan yang diinginkan. Tidak ada salahnya untuk rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat agar kesehatan tetap terjaga.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. How to Gain Weight Fast and Safely
SF Gate. Diakses pada 2019. What Nutrients Are Good for Gain Weight.