• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tanpa Efek Samping, Ini 4 Tips Mengatasi Insomnia Secara Alami
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tanpa Efek Samping, Ini 4 Tips Mengatasi Insomnia Secara Alami

Tanpa Efek Samping, Ini 4 Tips Mengatasi Insomnia Secara Alami

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 13 Mei 2022

“Ada banyak tips mengatasi insomnia secara alami, bagi yang takut dengan efek samping obat tidur. Mulai dari mendengarkan musik hingga menjaga suhu kamar.”

Tanpa Efek Samping, Ini 4 Tips Mengatasi Insomnia Secara Alami

Halodoc, Jakarta – Banyak orang mengalami insomnia dan masih berkutat dengan berbagai solusi untuk mengatasinya. Jika kamu adalah salah satunya, yuk simak tips mengatasi insomnia secara alami berikut ini!

Tips Mengatasi Insomnia Secara Alami

Mendapatkan tidur nyenyak dengan cara instan mungkin bisa didapatkan dengan obat tidur. Namun, tentunya obat tidak bisa selalu jadi andalan, karena ada efek samping yang perlu dipertimbangkan.

Oleh karena itu, berikut ini tips mengatasi insomnia secara alami yang bisa kamu coba:

  1. Mendengarkan Musik yang Menenangkan

Jika kamu sulit tidur, mendengarkan musik lembut yang menenangkan bisa menjadi salah satu solusi. Ada banyak pilihan musik pengantar tidur di berbagai platform. Pilihlah yang paling bisa membuat kamu rileks, ya.

  1. Luangkan Waktu untuk “Bersiap-siap” Tidur

Perlu dipahami bahwa tidur tidak semudah menekan saklar on dan off. Tubuh membutuhkan waktu untuk bersantai dan mempersiapkan diri untuk memejamkan mata dan terlelap.

Jadi, cobalah luangkan waktu satu jam untuk benar-benar bersiap tidur. Dalam satu jam itu, selama 20 menit pertama, selesaikan semua tugas dan pekerjaan yang benar-benar tidak bisa ditunda.

Cuci muka, gosok gigi, dan ganti baju tidur selama 20 menit berikutnya. Lalu selama 20 menit terakhir, berbaringlah di tempat tidur dengan tenang dan bermeditasi. Fokus pada ritme pernapasan dan singkirkan semua pikiran negatif selama waktu ini.

  1. Olahraga secara Teratur

Olahraga juga merupakan salah satu tips mengatasi insomnia secara alami. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, jadwalkan sesi olahraga rutin di pagi atau sore hari.

Hal ini memungkinkan suhu tubuh naik, dan kemudian turun, pada waktu yang tepat untuk tidur. Kebiasaan baik ini juga dapat membantu mengurangi depresi dan kecemasan, yang dapat memengaruhi tidur.

  1. Jaga Kamar pada Suhu Ideal untuk Tidur

Menurut National Sleep Foundation, suhu kamar yang optimal untuk tidur  adalah antara 18 hingga 21 derajat Celsius. Menjaga kamar tidur tetap sejuk dan mengenakan pakaian yang nyaman dapat membantu mengatasi insomnia.

Itulah beberapa tips mengatasi insomnia secara alami yang bisa kamu coba di rumah. Jika insomnia yang kamu alami tak kunjung membaik, segera download Halodoc untuk bertanya pada dokter ya!

Referensi:
National Sleep Foundation. Diakses pada 2022. What Is the Best Temperature for Sleep?
Medical News Today. Diakses pada 2022. 9 Home Remedies For Insomnia.
Everyday Health. Diakses pada 2022. 11 Natural Insomnia Aids That Will Give You Sweet Dreams.