• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tanpa Efek Samping, Ini Obat Alami Asam Urat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tanpa Efek Samping, Ini Obat Alami Asam Urat

Tanpa Efek Samping, Ini Obat Alami Asam Urat

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 23 Mei 2022

Gejala asam urat bisa membuat tidak nyaman dan kesulitan beraktivitas. Atasi dengan obat alami asam urat, salah satunya berolahraga.

Tanpa Efek Samping, Ini Obat Alami Asam Urat

Halodoc, Jakarta – Penyakit asam urat bisa diobati dengan cara mengonsumsi obat medis atau dengan cara alami. Secara umum, penyakit asam urat alias gout terjadi karena ada peradangan pada sendi. Peradangan terjadi karena ada penumpukan kristal asam urat. Hampir semua sendi di tubuh bisa mengalami kondisi ini, tetapi paling sering menyerang jempol kaki. 

Penumpukan kristal terjadi karena asam urat tidak bisa dikeluarkan melalui urin, seperti pada kondisi normal. Semakin lama, kadar asam urat dalam darah akan semakin banyak dan memicu gejala penyakit. Gejala khas dari kondisi ini adalah nyeri dan bengkak pada sendi yang diserang. Lantas, apa saja obat alami asam urat yang bisa digunakan? 

Beragam Obat Alami Asam Urat 

Kristal asam urat bisa terbentuk di sendi, serta di organ ginjal dan saluran kemih. Kondisi ini tidak boleh disepelekan karena bisa merusak organ tersebut. Dibutuhkan pengobatan untuk meringankan gejala dan mencegah komplikasi. Dokter biasanya akan meresepkan obat-obatan yang bisa menurunkan kadar asam urat. 

Selain obat medis, ada juga obat alami asam urat yang bisa diterapkan. Tanpa efek samping! Caranya dengan menerapkan gaya hidup sehat dan menghindari hal-hal yang bisa menjadi pemicu naiknya kadar asam urat dalam darah. 

Berikut ini penjelasannya: 

  1. Hindari Makanan Tinggi Purin  

Salah satu cara mencegah asam urat melonjak dan mengatasi gejalanya adalah dengan memilih makanan yang tepat. Pengidap penyakit ini disarankan selalu menghindari jenis makanan yang banyak mengandung purin. Sebab, purin dalam makanan bisa memperburuk gejala dan memicu kadar asam urat semakin meningkat. 

Selain makanan yang harus dihindari, ada juga jenis makanan yang disarankan untuk pengidap penyakit asam urat. Untuk meredakan gejala penyakit, perbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung protein.

  1. Jauhi Alkohol 

Minuman yang mengandung alkohol juga bisa memperparah gejala penyakit asam urat. Selain itu, asupan minuman ini juga memperlambat proses penyembuhan. Selain minuman beralkohol, sebaiknya batasi konsumsi minuman yang banyak mengandung gula tambahan.

  1. Rutin Berolahraga 

Kelebihan berat badan bisa membuat kondisi dan gejala asam urat memburuk. Penting untuk mencapai dan menjaga berat badan ideal, salah satu caranya dengan rutin berolahraga. 

Jika gejala asam urat tidak kunjung membaik, coba bicarakan pada dokter. Biar lebih mudah, gunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter, kapan saja dan di mana saja. Dapatkan rekomendasi pengobatan terbaik dari ahlinya. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Medline Plus. Diakses pada 2022.Gout.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Gout.
Medicine Net. Diakses pada 2022. Gout.