• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tanpa ke Gym, Ini 5 Cara Ampuh Turunkan Berat Badan

Tanpa ke Gym, Ini 5 Cara Ampuh Turunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Impian untuk memiliki tubuh yang ideal tentu bisa diwujudkan dengan melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan berolahraga secara teratur. Olahraga memang efektif untuk membakar kalori dan lemak dalam tubuh kamu serta mengencangkan otot, sehingga kamu pun bisa mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Enggak heran bila belakangan ini, semakin banyak orang yang gemar melatih dan membentuk tubuh dengan mengunjungi tempat gym.

Namun masalahnya, ada juga sebagian orang yang tidak sempat untuk pergi ke gym dikarenakan padatnya aktivitas. Lantas, bagaimana? Sebenarnya menurunkan berat badan tidak harus pergi ke gym kok. Menerapkan beberapa kebiasaan sederhana berikut juga dapat membantu kamu mencapai berat badan yang ideal:

1. Kunyah Makanan dengan Perlahan

Demi memaksimalkan waktu istirahat makan siang, banyak orang seringkali mengunyah makanan cepat-cepat. Padahal, otak perlu waktu untuk memproses informasi bahwa tubuh sudah mendapatkan asupan yang cukup.

Saat makan, kamu dianjurkan untuk mengunyah makanan secara menyeluruh yang akan membuat makan dengan lebih lambat. Cara ini dapat membuat kenyang lebih cepat, sehingga kamu pun akan cenderung makan lebih sedikit.

Kecepatan kamu mengunyah makanan nyatanya dapat memengaruhi berat badan kamu, lho. Sebuah tinjauan baru-baru ini pada 23 studi melaporkan bahwa orang yang makan lebih cepat kemungkinan dapat mengalami peningkatan berat badan dibanding mereka yang makan lebih lambat.

Baca juga: Gaya Makan Cepat atau Lambat? Ini Pengaruhnya

2. Gunakan Piring yang Lebih Kecil untuk Makanan yang Tidak Sehat

Model piring zaman sekarang berukuran lebih besar bila dibandingkan dengan piring zaman dulu. Hal ini bisa berpengaruh terhadap kenaikan berat badan lho, karena kamu cenderung makan dengan porsi yang lebih banyak. Sebaliknya, makan dengan menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu kamu makan lebih sedikit, karena porsi makanan akan terlihat banyak di atas piring yang kecil.

Jadi, kamu bisa menggunakan trik ini untuk menyajikan makanan sehat di piring yang lebih besar dan makanan yang kurang sehat di piring yang lebih kecil. Dengan demikian, tanpa disadari kamu akan mengonsumsi makanan sehat lebih banyak daripada makanan tidak sehat.

Baca juga: Begini Caranya Mengurangi Porsi Makan Tanpa Kelaparan

3. Konsumsi Asupan Protein Lebih Banyak

Protein merupakan nutrisi yang punya pengaruh yang kuat terhadap nafsu makan. Nutrisi ini dapat membuat kamu merasa kenyang lebih cepat, mengurangi rasa lapar, dan membantu kamu untuk makan lebih sedikit kalori. Hal ini mungkin karena protein memengaruhi beberapa hormon yang berperan dalam rasa lapar dan kenyang, termasuk hormon ghrelin dan GLP-1.

Sebuah studi menemukan bahwa peningkatan asupan protein dari 15 persen menjadi 30 persen kalori membantu partisipan untuk makan 441 kalori lebih sedikit per hari dan kehilangan rata-rata 5 kilogram dalam 12 minggu tanpa sengaja membatasi makanan apapun. 

Jadi, menambahkan protein ke dalam menu makanan kamu dipercaya dapat menurunkan berat badan, bahkan tanpa olahraga ataupun membatasi kalori. Beberapa contoh makanan kaya protein adalah dada ayam, ikan, yogurt Yunani, dan almond.

4. Jauhkan Makanan yang Tidak Sehat Dari Penglihatan

Menyimpan makanan di tempat yang mudah terlihat oleh kamu dapat menggoda kamu makan lebih banyak. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa orang yang menyimpan makanan berkalori tinggi di tempat yang mudah terlihat, biasanya memiliki berat badan yang lebih tinggi dibanding orang yang menyimpan buah-buahan di tempat terlihat.

Jadi, simpanlah makanan tidak sehat di tempat yang tidak terlihat, seperti di dalam lemari, sehingga mereka tidak akan menggoda kamu di saat kamu lapar. Di sisi lain, taruhlah makanan sehat, seperti buah-buahan di tempat yang terlihat seperti di atas meja.

5. Makan Serat Lebih Banyak

Selain makanan berprotein tinggi, makanan berserat tinggi juga baik untuk dikonsumsi bila kamu ingin menurunkan berat badan. Hal ini karena nutrisi tersebut dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa salah satu jenis serat, yaitu serat kental, sangat membantu untuk menurunkan berat badan. Asupan ini membuat kenyang lebih cepat dan mengurangi asupan makan. Hal ini karena serat kental menyerap air dan membentuk gel. Gel ini dapat meningkatkan waktu penyerapan nutrisi dan memperlambat proses pengosongan lambung kamu. Serat kental hanya ditemukan dalam makanan nabati, seperti kacang, sereal gandum, asparagus, jeruk, dan kubis Brussel.

Baca juga: Ini yang Didapatkan Jika Mengonsumsi Roti Gandum

Nah, itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan bila kamu tidak sempat ke gym. Bila kamu ingin berdiskusi lebih lanjut seputar diet, tanyakan saja ke dokter gizi dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Di Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter melalui Chat dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. 11 Proven Ways to Lose Weight Without Diet or Exercise.