• Home
  • /
  • Tanpa Obat, 8 Makanan Ini Bisa Turunkan Kolesterol

Tanpa Obat, 8 Makanan Ini Bisa Turunkan Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Tanpa Obat, 8 Makanan Ini Bisa Turunkan Kolesterol

Halodoc, Jakarta - Sebenarnya kolesterol merupakan lemak yang berguna bagi tubuh. Namun, jika kadarnya berlebihan, kolesterol dapat menumpuk di pembuluh darah, sehingga mengganggu aliran darah ke seluruh tubuh. Jika sudah begitu, kamu bisa saja mengidap sejumlah masalah kesehatan, seperti serangan jantung, stroke, penyakit arteri perifer, serta batu empedu. 

Baca juga: Gemar Konsumsi Apel Hijau, Apa Manfaatnya?

Masalah kolesterol tinggi yang kamu alami akan membuat kamu mengonsumsi sejumlah obat-obatan guna menurunkan kadarnya. Namun sebelum berobat, ada baiknya kamu mengonsumsi sejumlah makanan sehat penurun kolesterol guna menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuhmu. Berikut sejumlah makanan sehat penurun kolesterol:

  • Wortel

Makanan sehat penurun kolesterol yang pertama adalah wortel. Kandungan serat seperti selulosa, hemiselulosa, serta lignin mampu memperbaiki penyerapan kolesterol dari saluran pencernaan, sehingga kadar kolesterol dalam darah bisa diturunkan.

  • Okra

Okra merupakan salah satu makanan sehat penurun kolesterol yang mengandung banyak serat. Dalam setiap 100 gram okra, terkandung 3,2 gram serat di dalamnya. Karena tingginya serat di dalamnya, okra dianggap sebagai sayuran penurun kolesterol yang efektif sebagai obat alami.

  • Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang baik untuk menurunkan kolesterol. Makanan sehat penurun kolesterol yang satu ini mengandung 6 gram dalam setiap satu cangkirnya yang mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

  • Pisang

Pisang mengandung zat inulin yang mampu mengurangi kadar kolesterol dari makanan yang kamu konsumsi. Dengan rutin mengonsumsinya, kadar kolesterol dalam tubuh dapat terjaga dengan baik.

  • Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan menjadi salah satu makanan sehat penurun kolesterol karena kandungan fitosterol di dalamnya dengan menghambat penyerapan kolesterol jahat dalam darah.

  • Oat

Oat mengandung beta glucan yang mampu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Sama seperti pisang, beta glucan juga berperan dalam mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan yang dikonsumsi.

  • Kale

Kale merupakan sayuran penurun kolesterol yang sama seperti bayam. Kale mengandung lutein dan karotenoid yang terbukti ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Makanan sehat penurun kolesterol yang satu ini juga mampu mencegah kolesterol terikat ke dinding arteri.

Bagi pengidap kolesterol tinggi yang ingin mengonsumsi sejumlah makanan tersebut, diskusikan terlebih dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya! Pasalnya, pada beberapa orang yang tidak cocok dengan kandugan didalamnya, reaksi alergi bisa saja muncul dan dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Baca juga: Atasi Cemas dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

Cara Lain Menurunkan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh

Selain mengonsumsi makanan sehat yang telah disebutkan, kadar kolesterol tinggi dalam tubuh juga dapat diturunkan dengan langkah berikut:

  • Berhenti merokok. Selain dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, berhenti merokok juga mampu melancarkan sirkulasi darah, memperbaiki fungsi paru-paru, serta menjaga tekanan darah normal.

  • Menurunkan berat badan. Menjaga berat badan ideal adalah satu kunci menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

  • Berolahraga secara teratur. Bukan hanya menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, berolahraga secara teratur juga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik. Sebaiknya lakukan olahraga selama 30 menit, sebanyak 5 kali dalam seminggu.

Baca juga: Ini 8 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

Langkah terakhir dan paling utama adalah menjaga pola makan sehat dengan mengurangi lemak jenuh, serta perbanyak konsumsi makanan berserat merupakan langkah dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Selamat mencoba!

Referensi:

Prevention. Diakses pada 2020. 10 Best Foods That Lower Your Cholesterol Without Medication. 
Healthline. Diakses pada 2020. 13 Cholesterol-Lowering Foods to Add to Your Diet.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Top 5 Lifestyle Changes to Improve your Cholesterol.