• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tanya Dokter dan Beli Obat Pakai Asuransi di Halodoc

Tanya Dokter dan Beli Obat Pakai Asuransi di Halodoc

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta - Memiliki asuransi kesehatan itu ibarat punya tabungan dana darurat. Ketika tiba-tiba dibutuhkan, kamu tidak perlu panik karena sudah ada dana yang bisa menutupinya, tanpa mengganggu anggaran keuangan lainnya. Namun, di situasi pandemi COVID-19 saat ini, ada hal yang lebih penting lagi untuk dimiliki, yaitu kemudahan mendapatkan layanan kesehatan, kapan dan di mana saja.

Itulah sebabnya Halodoc hadir untuk memudahkan akses layanan kesehatan bagi masyarakat, dengan menghadirkan fitur tanya dokter, beli obat, pemeriksaan laboratorium, dan buat janji dengan dokter di rumah sakit lewat aplikasi. Kini, kemudahan akses layanan kesehatan di Halodoc itu juga bisa kamu sambungkan dengan asuransi kesehatan yang kamu miliki, lho.

Bicara dengan Dokter dan Beli Obat Gratis Lewat Aplikasi

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menyambungkan asuransi kesehatan kamu di aplikasi Halodoc, yaitu:

  • Bicara dengan Dokter Umum/Spesialis Tepercaya

Dengan menyambungkan asuransi kesehatan kamu di aplikasi Halodoc, kamu akan mendapatkan kemudahan untuk berbicara dengan dokter umum maupun spesialis yang tepercaya. Tentunya, fitur ini bisa kamu akses kapan dan di mana saja, lewat chat atau voice/video call, tanpa perlu keluar rumah. 

  • Beli Obat Bebas Ribet, Diantar Langsung ke Alamatmu

Kalau berobat di klinik atau rumah sakit, tentu menjemukan ketika harus antri lama lagi setelah selesai konsultasi, untuk menebus obat. Padahal, kamu mungkin sudah bayar premi asuransi yang tidak murah, tetapi proses untuk konsultasi dokter dan beli obat kok lama sekali, ya. 

Halodoc mengerti kegundahanmu, kok. Dengan menyambungkan asuransi kesehatan kamu dengan aplikasi Halodoc, kamu tidak hanya bisa berbicara dengan dokter, tetapi juga membeli obat yang diresepkan dengan sekali klik saja. Obat yang ingin kamu beli akan diantar ke alamatmu dalam waktu 1 jam. Praktis, bukan?

Tak hanya itu, dengan menyambungkan asuransi kesehatan kamu dengan aplikasi Halodoc, semua biaya layanan chat dokter umum dan spesialis, serta obat yang direkomendasikan dokter, akan langsung dipotong dari manfaat rawat jalan asuransi kesehatan kamu. 

Cara Menyambungkan Asuransi Kesehatan di Aplikasi Halodoc

Untuk menyambungkan asuransi kesehatan kamu di aplikasi Halodoc, pastikan kamu sudah download aplikasinya di ponselmu, ya. Lalu, buat akun dengan memasukkan nama dan nomor handphone. Setelah punya akun, berikut langkah-langkah mudah untuk menyambungkan asuransi kesehatan di aplikasi Halodoc:

  • Buka menu Profile yang terletak di sebelah kiri bawah halaman utama aplikasi Halodoc.
  • Lalu, akan muncul informasi pribadi kamu, berupa nama, usia, berat, dan tinggi badan, serta riwayat penggunaan aplikasi dan informasi asuransi kesehatan kamu. Klik pada Link your insurance, untuk menyambungkan asuransi ke aplikasi Halodoc.
  • Kemudian, pilih jenis asuransi yang kamu miliki, isi data diri dan masukkan nomor polis dan nomor peserta asuransi kesehatan kamu. Nomor polis dan nomor peserta harus ditulis dengan lengkap, ya. Contoh: L054/POLIS-0289, ketikkan tanda “/” dan “-” serta huruf besar atau kecil sesuai dengan nomor polis kamu
  • Jika menemukan kesulitan dalam memasukkan nomor polis, kamu bisa pilih huruf “i” di samping menu Policy Number, untuk melihat contoh cara memasukkan data diri dan nomor polis asuransi kesehatan kamu.
  • Selamat! Kini akun Halodoc dan asuransi kamu sudah terhubung. Kamu bisa mendapatkan akses layanan kesehatan dengan mudah, lewat aplikasi Halodoc.

Kamu juga bisa menyambungkan asuransi kesehatan anggota keluarga kamu yang lainnya di aplikasi Halodoc juga, lho. Caranya, tinggal klik menu Self pada pojok kiri atas di halaman Profile aplikasi Halodoc. Lalu, klik + Add New untuk menambah anggota keluarga, dan ulangi langkah memasukkan data diri dan polis asuransi, seperti yang dijelaskan tadi. Pastikan nama profil sama dengan nama pasien di polis asuransi, ya.

Saat ini, Halodoc telah bekerja sama dengan 16 asuransi untuk memenuhi kebutuhan kamu, yaitu Allianz, FWD, Prudential, Medicillin, AXA Mandiri, AXA Mandiri Corporate Solution, Cigna, BRI Life, ABDA, Avrist, Asuransi Syariah Keluarga Indonesia, Hanwha, ASURANSI UMUM MEGA, Mandiri AXA General Insurance, AXA Financial Indonesia, dan BCA Life.

Cara Bicara dengan Dokter dan Beli Obat Menggunakan Asuransi yang Sudah Terhubung di Aplikasi Halodoc

Setelah kamu menyambungkan asuransi kesehatan kamu dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa mulai manfaatkan aplikasi ini untuk berobat saat sakit atau butuh anjuran dokter untuk masalah kesehatanmu, kapan dan di mana saja. Berikut caranya:

  • Di halaman utama aplikasi Halodoc, pilih menu Chat with a Doctor. 
  • Pilih dokter yang kamu butuhkan, yang ada ikon ter-cover oleh asuransi dan tertulis Free/Gratis.
  • Sebelum memulai sesi obrolan dengan dokter, pastikan terlebih dahulu profil pasien sama dengan manfaat asuransi yang terhubung. Jika ingin berkonsultasi untuk anggota keluarga lain, pastikan untuk mengganti pilihan Self pada pojok kiri atas, dengan nama anggota keluarga yang butuh konsultasi. Pastikan juga anggota keluarga yang dipilih itu sudah terhubung polis asuransinya dengan aplikasi Halodoc, agar bisa ditanggung biayanya oleh asuransi.
  • Lalu, mulailah sesi obrolan dengan dokter. Kamu bisa memilih ingin chat, voice call atau video call dengan dokter.
  • Setelah sesi obrolan selesai dan dokter memberikan rekomendasi obat, klik check price untuk melihat harga dan ketersediaan obat di apotik terdekat dari alamatmu, yang dipilihkan oleh Halodoc. Jangan lupa untuk terlebih dahulu memasukkan alamat pengiriman, ya.
  • Pastikan profil pasien dengan nama yang tercantum di rekomendasi obat sama.
  • Pembayaran obat akan dilakukan secara cashless (ditanggung asuransi), untuk obat sesuai resep dan benefit yang didapatkan dari polis asuransi.
  • Klik Pay&Order untuk membeli obat dan tunggu hingga muncul tulisan Order Confirmed, yang menandakan bahwa pesanan obat kamu telah berhasil dan akan dikirim dalam waktu 1 jam.

Kamu bisa mengecek kembali riwayat obrolan dengan dokter dan pesanan obat di menu Profile, lalu klik History. Kalau sudah dapat obatnya, jangan lupa untuk meminumnya sesuai petunjuk dari dokter, ya. Agar tidak lupa, Halodoc juga punya fitur pengingat minum obat, yang bisa kamu setel di menu More, pada halaman utama aplikasi Halodoc, lalu klik Reminder.