Tas Bisa Sebabkan Perubahan Postur, Kok Bisa?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Tas Bisa Sebabkan Perubahan Postur, Kok Bisa?

Halodoc, Jakarta - Banyak orang yang lebih menyukai menggunakan tas selempang atau sling bag. Penggunaan tas tipe tersebut umumnya akan membebani hanya satu bahu. Hal tersebut dapat menyebabkan kamu mudah pegal dan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan perubahan postur.

Memang, banyak tas wanita dengan tipe tersebut karena lebih terlihat estetik. Namun, dalam jangka panjang penggunaan tas tersebut dapat membahayakan tubuh kamu, terutama ketika beban yang dipikul terbilang berat. Jika kamu masih tetap ingin menggunakan tipe tas seperti itu, lebih baik mengetahui dampaknya sekarang.

Baca juga: Postur Tubuh Netral Cegah Gangguan Muskuloskeletal, Bagaimana Cara Melakukannya?

Tas Dapat Sebabkan Perubahan Postur

Kamu dapat mengalami beberapa gangguan yang disebabkan oleh tas. Jenis tas yang kamu gunakan setiap harinya dapat memengaruhi tubuh kamu dan mungkin saja menyebabkan perubahan postur. Tas selempang salah satunya, yang dapat membuat beban hanya berada di satu bahu sehingga kamu mudah pegal.

Salah satu dampak buruk dengan menggunakan tas yang membebani hanya satu bahu adalah dapat gangguan ketika berjalan normal. Gaya berjalan yang normal adalah ketika lengan dan kaki berayun secara alami ketika kamu bergerak. Hal tersebut berguna untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Berikut dampak-dampak menggunakan tas selempang yang pada akhirnya berkembang menyebabkan perubahan postur, yaitu:

  1. Gaya Berjalan Terganggu

Ketika kamu menggunakan tas tersebut pada satu sisi tubuh, berarti lengan yang mendapat beban tidak dapat berayun dengan baik. Selain itu, lengan lainnya menjadi harus berayun lebih sering. Hal tersebut dapat terjadi disebabkan oleh kebiasaan menggunakan tipe tas tertentu.

Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan yang disebabkan oleh tas, dokter dari Halodoc dapat membantu. Caranya, yaitu kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kamu! Selain itu, kamu juga dapat melakukan pemeriksaan fisik dengan pemesanan online melalui aplikasi tersebut.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga yang Dianjurkan untuk Pengidap Kifosis

  1. Otot Tubuh Menjadi Tidak Seimbang

Kamu mungkin mengalami otot tubuh yang tidak seimbang karena semua beban tas berada pada satu bahu. Hal tersebut menyebabkan beban asimetris yang menyebabkan gangguan pada postur. Kebiasaan ini akan menyebabkan otot-otot di salah satu bahu menjadi dominan sehingga menjadi lebih besar.

Beban yang tidak seimbang juga dapat menyebabkan otot-otot di tulang belakang kesulitan mengimbangi beratnya. Hal tersebut dapat menyebabkan sisi berlawanannya mengalami kejang. Gangguan ini juga dapat memengaruhi punggung bagian bawah dan tulang pangkal di bagian bawah tulang belakang.

  1. Membuat Otot Menjadi Kaku

Gangguan lainnya yang disebabkan oleh tas selempang adalah dapat membuat otot menjadi kaku. Otot trapezius yang berada di salah satu bahu akan menjadi kejang dan akhirnya mengencang. Selain itu, gangguan tersebut juga dapat menyebar ke pangkal leher. Hal tersebut juga dapat menyebabkan penurunan kurva di leher.

Kamu juga mungkin mengalami radang sendi karena gangguan tersebut di leher bagian bawah. Hal tersebut merupakan gangguan jangka panjang karena melakukan kebiasaan tersebut dalam waktu yang lama. Kelainan tersebut juga dapat menyebabkan kesulitan untuk memutar kepala sehingga timbul rasa sakit saat melakukannya.

Baca juga: Penyebab 3 Kelainan Tulang Belakang

Cara Mengatasi Perubahan Postur Tubuh Karena Tas

Dalam waktu yang lama, kamu mungkin mengalami perubahan postur yang disebabkan penggunaan tas yang membebani salah satu bahu. Salah satu hal yang dapat kamu lakukan adalah mengurangi berat tas. Kamu tidak disarankan membawa lebih dari 5 persen dari berat tubuhmu untuk tas selempang.

Kamu dapat memilih tas dengan tali yang lebih lebar agar distribusi berat semakin luas. Kamu dapat melindungi struktur halus di bahu tempat saraf berada. Kamu juga direkomendasikan untuk menggunakan tas punggung jika beban yang dipikul sangat berat.

Referensi:
Back Joy.Diakses pada 2019.Posture Tips Causes
Huft Post.Diakses pada 2019.Why Your Purse Is Giving You Back Pain... And 11 Ways To Fix It