• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Teh Rosella Dapat Menurunkan Tekanan Darah, Mitos atau Fakta?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Teh Rosella Dapat Menurunkan Tekanan Darah, Mitos atau Fakta?

Teh Rosella Dapat Menurunkan Tekanan Darah, Mitos atau Fakta?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 03 Desember 2021
Teh Rosella Dapat Menurunkan Tekanan Darah, Mitos atau Fakta?

“Rosella adalah salah satu tanaman yang kerap diolah menjadi teh dan terbukti dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Namun, benarkah jika teh rosella dapat menurunkan tekanan darah saat dikonsumsi secara rutin? Inilah fakta di baliknya.”

Halodoc, Jakarta – Teh rosella adalah salah satu tanaman yang banyak dimanfaatkan untuk berbagai hal, seperti sirup, teh herbal, dan bahkan obat. Ada banyak manfaat terkait kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi tanaman ini, terutama yang sudah diolah menjadi teh. Dari sekian banyak manfaatnya untuk kesehatan, apakah menurunkan tekanan darah salah satunya? Cari tahu jawabannya dalam ulasan berikut!

Teh Rosella Terbukti Ampuh Menurunkan Tekanan Darah

Rosella, atau disebut juga dengan bunga kembang sepatu, adalah tanaman yang memiliki nama latin Hibiscus sabdariffa. Tanaman ini diperkirakan berasal dari benua Afrika yang tropis, meskipun sudah banyak dibudidayakan di Asia dan beberapa daerah lainnya. Terbukti ampuh untuk kesehatan, tanaman ini memang sudah digunakan sebagai obat secara tradisional sejak berabad-abad lalu.

Memang, ada banyak nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh yang terkandung pada bunga rosella, terutama yang sudah diolah menjadi teh. Nah, beberapa nutrisi tersebut antara lain karbohidrat, protein, kalsium, magnesium, zat besi, vitamin A, dan vitamin C. Selain itu, teh rosella juga kaya akan kandungan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Meski begitu, masih banyak orang yang bertanya-tanya, apakah benar jika mengonsumsi teh rosella secara rutin dapat menurunkan tekanan darah?

Beberapa penelitian menyebutkan teh rosella yang dikonsumsi dengan rutin selama 2-6 minggu mampu menurunkan tekanan darah. Meski begitu, hal ini hanya efektif untuk seseorang yang mengidap hipertensi ringan. Beberapa sumber juga menyebutkan, teh dengan bahan dasar tanaman ini lebih efektif menurunkan tekanan darah jika dibandingkan obat yang diresepkan untuk hipertensi.

Pada sebuah penelitian disebutkan bahwa bunga kembang sepatu ini dapat mengurangi tekanan darah pada hewan. Cara mengolah teh rosella adalah dengan menyeduh 10 gram bunga kering yang sudah dihancurkan dan diminum 1-2 gelas per harinya. Setelah 4 minggu, terjadi penurunan tekanan darah sekitar 11 persen yang manfaatnya sebaik obat. Tidak seperti kebanyakan obat, cara ini jarang menimbulkan efek samping.

Kandungan yang terdapat pada teh rosella disebut-sebut mampu menurunkan tekanan darah dengan memperlambat pelepasan hormon yang menyempitkan pembuluh darah. Manfaat ini dapat dirasakan karena efek antioksidan terkonsentrasi ditambah dengan kandungannya yang tinggi vitamin C yang juga ampuh untuk membantu menurunkan kolesterol pada tubuh.

Lalu, bagaimana cara membuat teh rosella agar bisa dikonsumsi setiap hari?

Pertama, tempatkan satu bunga rosella ke dalam gelas, lalu tuang ke dalam air mendidih. Biarkan terendam selama 10 menit dan diamkan hingga warna air memerah lalu keluarkan bunganya. Kamu dapat menyajikannya panas atau dingin, sesuai dengan selera.

Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah memetik banyak bunga lalu mengeringkannya dan simpan untuk digunakan nanti. Gunakan kelopak bunga untuk membuat teh yang baiknya dipanen saat muda dengan panjang sekitar 5 sentimeter.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait segala manfaat dari teh rosella untuk kesehatan. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan bisa kamu dapatkan kapan dan di mana saja. Maka dari itu, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Bali Advertiser. Diakses pada 2021. Lower Blood Pressure with Hibiscus Rosella.