• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Teknik Modifikasi Perilaku, Pendekatan Disiplin Anak dengan Autisme

Teknik Modifikasi Perilaku, Pendekatan Disiplin Anak dengan Autisme

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Teknik Modifikasi Perilaku, Pendekatan Disiplin Anak dengan Autisme

Halodoc, Jakarta – Teknik modifikasi perilaku adalah metode perubahan pola perilaku melalui penggunaan teknik pembelajaran, seperti penguatan positif atau negatif, yang dijadikan sebagai cara mendisiplinkan anak dengan autisme. Teknik ini dapat membantu mengubah perilaku anak dengan autisme dengan memberikan pemahaman bahwa perilaku yang baik akan membawa pada konsekuensi positif, sedangkan perilaku buruk akan membawa konsekuensi negatif. Bagaimana penerapan teknik modifikasi perilaku ini?

Baca juga: Ibu Harus Tahu, Inilah Penyebab Autisme pada Anak

Penerapan Teknik Modifikasi Perilaku untuk Anak Autisme

Teknik modifikasi perilaku ini dilakukan untuk mendisiplinkan anak. Dalam pemberlakuannya, penerapan metode ini juga mengenal hukuman positif. Seperti apa hukuman positif itu? Sebenarnya ini semacam memberi tugas tambahan kepada anak, tetapi tugas ini sebenarnya adalah sesuatu yang baik dan merupakan konsekuensi karena anak melakukan hal yang dilarang. Berikut contohnya:

  1. Memberi anak tugas ekstra sebagai konsekuensi berbohong ketika ditanya apakah mereka membersihkan kamar mereka.
  2. Menyuruh seorang anak untuk menulis surat permintaan maaf setelah mereka menyakiti perasaan seseorang.
  3. Meminta anak mengerjakan tugas saudaranya setelah dia berbuat salah dengan saudaranya.

Nah, ada hukuman positif, ada juga yang negatif. Hukuman negatif ini melibatkan pengambilan sesuatu. Contohnya termasuk menghilangkan hak istimewa atau menghilangkan perhatian positif.

Contoh spesifik hukuman negatif meliputi:

  1. Secara aktif mengabaikan amukan amarah.
  2. Menempatkan seorang anak dalam waktu istirahat, sehingga mereka tidak menerima perhatian yang positif.
  3. Melarang anak melakukan hal yang disukainya. 

Dalam teknik modifikasi ini, orangtua juga perlu melakukan penguatan positif dan negatif. Kalau penguatan positif itu adalah memberikan apresiasi dan atensi untuk setiap hal positif yang dilakukan anak. 

Kenapa perlu demikian? Ketika anak mendapatkan respons positif dari orangtua untuk setiap hal baik yang dilakukannya, anak akan mengulangi perilaku tersebut dan menjadikannya kebiasaan. Pada dasarnya anak akan senang karena mendapatkan pujian. Pengalaman penghargaan inilah yang diharapkan dapat mengubah perilaku anak, sehingga anak mempertahankan kebiasaan yang baik dan disiplin. 

Baca juga: Speech Delay pada Anak, Ini yang Harus Diketahui Orangtua 

Pentingnya Kerja Sama Orangtua

Sejatinya orangtua tidak dapat memaksa seorang anak untuk mengubah perilakunya, tetapi orangtua dapat mengubah cara pandang anak sehingga mereka akan lebih termotivasi untuk berubah. Modifikasi perilaku adalah tentang memodifikasi lingkungan sedemikian rupa, sehingga anak memiliki lebih banyak insentif untuk mengikuti aturan. Konsistensi adalah kunci untuk membuat modifikasi perilaku menjadi efektif.

Jika orangtua tidak memuji anak karena melakukan tugasnya, gunakan pujian setiap kali mereka melakukan tugasnya hingga ini menjadi kebiasaan. Ini bisa membangun rasa percaya diri pada anak yang pada akhirnya dibawanya kelak saat beranjak dewasa.

Konsekuensi negatif juga harus konsisten. Jika anak hanya dilarang menggunakan gadget sesekali saja alias tidak diberlakukan secara intensif setiap kali anak melakukan kesalahan, metode ini tidak akan efektif. Paling penting untuk menjalankan teknik modifikasi perilaku pendekatan disiplin anak ini adalah kerja sama antara ayah dan ibu. Pun, modifikasi perilaku juga bekerja paling baik saat orangtua berkolaborasi dengan orang dewasa di sekitar lingkungan anak. Ini akan membantu anak mengubah perilakunya secara konsisten dan jangka panjang.

Baca juga: Proses Belajar Efektif Anak dengan Disleksia

Ingatlah bahwa perubahan perilaku harus disesuaikan dengan kebutuhan khusus anak. Strategi yang berhasil untuk satu anak mungkin tidak berhasil dengan yang lain. Informasi selengkapnya mengenai mendisiplinkan anak dengan kebutuhan khusus bisa ditanyakan melalui Halodoc. Butuh buat janji dokter tanpa antre di rumah sakit? Juga bisa di aplikasi Halodoc, ya!

Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2021. Behavior Modification Techniques.
Autism Speak. Diakses pada 2021. What is Autism?