21 November 2017

Telat Menstruasi Belum Tentu Hamil, Jangan Panik Dulu!

Telat Menstruasi Belum Tentu Hamil, Jangan Panik Dulu!

Halodoc, Jakarta – Menstruasi merupakan proses keluarnya darah dari rahim wanita. Hal ini terjadi karena lapisan dinding rahim dan sel telur tidak dibuahi. Maka tak aneh menstruasi sering dijadikan acuan untuk mengetahui kehamilan.

Telat menstruasi sering disebut sebagai tanda awal kehamilan. Namun ternyata tidak melulu demikian. Selain kehamilan, ini yang menyebabkan kamu telat datang bulan.

1.  Stres
Saat stres, sejumlah hormon di tubuh ikut mengalami masalah. Hal itu kemudian memicu pelambatan kerja tubuh, termasuk siklus menstruasi.

2.  Penurunan berat badan drastis
Jika kamu berniat menurunkan berat badan, ada baiknya dilakukan bertahap. Selain berisiko bagi kesehatan, diet yang terlalu ketat dapat mengganggu siklus menstruasi. Terlalu memaksakan diri dalam berolahraga juga dapat menyebabkan haid terganggu.

3.  Masalah ovarium
Kondisi yang juga dapat mengakibatkan haid berantakan adalah masalah ovarium. Salah satunya adalah kegagalan ovarium. Jika ini terjadi, maka ovarium akan kehilangan fungsi secara normal.

4.  Penyakit
Hati-hati jika terlambat datang bulan terjadi berulang. Sebab hal itu bisa menjadi tanda ada masalah pada kesehatanmu. Beberapa jenis penyakit memang bisa menyebabkan menstruasi terlambat.

5.  Salah perhitungan
Coba perhatikan lagi kapan terakhir kamu datang bulan. Bisa jadi, bukannya terlambat menstruasi tapi kamu yang salah perhitungan.

Tak yakin apa penyebab menstruasi terlambat? Hubungi dokter pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa bicara dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Beli obat/vitamin pun dapat dengan cepat, aman & nyaman diantar dengan Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.