Teman Kantor Tidak Profesional? Kenali 5 Tanda Kebiasaannya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Teman Kantor Tidak Profesional? Kenali 5 Tanda Kebiasaannya

Halodoc, Jakarta – Tak dapat dimungkiri, lingkungan kerja bisa memengaruhi produktivitas dan rasa nyaman dalam bekerja. Banyak orang yang mengidamkan suasana kerja yang kondusif, menyenangkan, dan tidak dipenuhi drama. Sayangnya, ada saja hal-hal yang mungkin terjadi, seperti teman kantor yang tidak profesional. Tak jarang, hal itu akhirnya akan memengaruhi mood bekerja dan membuat kondisi semakin memburuk. 

Memiliki teman kerja yang membuat tidak nyaman memang menyebalkan. Apalagi, kalau hal-hal yang ia lakukan sudah tergolong tidak profesional dan bisa mengganggu kinerja pribadi. Lantas, apa saja sih tanda-tanda teman kantor yang tidak profesional dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya pada artikel berikut! 

Baca juga: Ini 6 Cara Bersaing Sehat dengan Rekan Kerja

Mengenal Tanda Teman Kantor yang Tidak Profesional 

Sikap tidak profesional bisa dengan mudah ditemukan di mana saja, terutama di kantor atau lingkungan kerja. Bagi sebagian orang, memiliki teman kantor yang tidak profesional mungkin tidak masalah, selama tidak merugikan. Namun hati-hati, nyatanya rekan yang menunjukkan sikap seperti ini diwaspadai, sebab cepat atau lambat hal itu bisa saja akan berdampak pada karier kamu di kantor. Berikut beberapa kebiasaan yang bisa menjadi tanda bahwa teman kantor tidak profesional! 

1. Sering Mengumbar Alasan 

Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan, termasuk dalam bekerja. Normalnya, orang yang merasa melakukan kesalahan akan mengakui, meminta maaf, dan memperbaiki hal yang dilakukan. Namun, hal seperti ini mungkin tak akan dilakukan oleh teman kantor yang tidak profesional. Sebaliknya, ia mungkin akan mengumbar berbagai alasan setelah melakukan sebuah kesalahan. 

2. Sering Bergosip

Tidak ada salahnya jika sesekali berbincang dengan teman kerja, tetapi sebaiknya hindari bergosip terutama mengenai hal yang tidak ada penting. Salah satu tanda teman kerja tidak profesional adalah sering bergosip, bahkan hingga lupa waktu dan melalaikan pekerjaan. Sebaiknya, hindari teman kerja yang sering bergosip, terutama jika hal-hal yang dibicarakan bersifat sensitif dan bisa merugikan posisi kamu di kantor. Saat mendengar informasi pun, sebaiknya kamu diam saja dan jangan pernah memberitahukannya pada “si tukang gosip” tersebut. 

Baca juga: Hati-Hati, Ini 9 Tipe "Karyawan Racun" di Kantor

3. Datang Terlambat 

Datang terlambat ke kantor bisa menjadi tanda seorang pekerja tidak profesional. Selama perjalanan ke kantor, mungkin saja ada hal-hal yang terjadi seperti mobil mogok, sehingga menyebabkan terlambat datang ke kantor. Namun, jika keterlambatan terlalu sering terjadi dan pelakunya tidak merasa bersalah, bisa jadi itu adalah tanda bahwa dia merupakan teman kantor yang tidak profesional.

4. Pulang Cepat 

Sudah terlambat datang ke kantor, pulang selalu ingin paling cepat. Jika hal ini dilakukan sesekali dan dengan alasan yang jelas, mungkin bisa dimaklumi. Namun, pulang cepat yang dilakukan setiap hari meski rekan yang lain belum pulang bisa menjadi tanda sikap tidak profesional. 

5. Bermain Ponsel saat Bekerja 

Mengecek ponsel dan sesekali membalas telepon dan pesan masuk boleh saja dilakukan. Namun, kamu bisa mengenali tanda teman kantor yang tidak profesional dari cara bermain ponsel selama bekerja. Jika ia selalu terlihat sibuk dengan ponsel, sekadar membuka media sosial di tengah jam kerja, maka sebaiknya hindari agar kamu tidak terpengaruh. 

Baca juga: Bekerja di Comfort Zone, Ini Tips Move On ke Kantor Baru

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App store dan Google Play! 

Referensi:
Reader’s Digest. Diakses pada 2019. 12 Work Habits That Make You Look Unprofessional
USA Today. Diakses pada 2019. 5 common unprofessional workplace behaviors