• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tepat Sehat dan Bugar, Ini 5 Tips Menghadapi Musim Hujan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tepat Sehat dan Bugar, Ini 5 Tips Menghadapi Musim Hujan

Tepat Sehat dan Bugar, Ini 5 Tips Menghadapi Musim Hujan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 22 November 2022

"Musim hujan kerap menjadi biangnya penyakit, seperti flu, tipes sampai demam berdarah. Jaga kebugaran tubuh dengan menerapkan pola makan sehat, tidur cukup dan rutin mencuci tangan."

Tepat Sehat dan Bugar, Ini 5 Tips Menghadapi Musim HujanTepat Sehat dan Bugar, Ini 5 Tips Menghadapi Musim Hujan

Halodoc, Jakarta – Ada beberapa penyakit yang marak terjadi di musim penghujan. Misalnya diare, infeksi kulit, flu, tipes sampai demam berdarah. Pasalnya, virus dan bakteri tersebut memang mudah menyebar di lingkungan yang lembap, seperti saat musim hujan. 

Selain karena faktor lingkungan, perubahan musim juga memaksa tubuh untuk beradaptasi. Nah, proses adaptasi ini yang bisa memengaruhi imunitas seseorang. Ketika sistem kekebalan tubuh sedang goyah, otomatis virus dan bakteri mudah menyerang. 

Salah satu tips sederhana untuk mencegahnya dengan mencuci tangan. Penularan virus dan bakteri umumnya dimulai dari tangan yang kotor. Oleh sebab itu, biasakan cuci tangan setelah keluar rumah, menggunakan toilet, sebelum menyiapkan makanan, usai menyentuh permukaan kotor dan setelah kontak dengan orang sakit. Saat bersin dan batuk, jangan menutupinya dengan tangan yang justru memindahkan kuman. Etikanya, bersin dan batuk ke arah lengan baju.

Tips Sehat dan Bugar Selama Musim Hujan

Selain mencuci tangan, begini tips menjaga kebugaran tubuh di musim hujan:

1. Terapkan pola makan sehat

Terapkan pola makan sehat agar imun tidak kendor. Tubuh yang kekurangan nutrisi bisa membuat imun semakin lemah saat proses adaptasi di musim hujan. Perbanyak sayur dan buah-buahan yang kaya vitamin dan mineralnya. Kamu juga bisa mengonsumsi makanan probiotik, seperti yogurt, tahu dan tempe. Probiotik adalah bakteri baik yang bisa memperlancar pencernaan sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu, kamu juga wajib makan secara teratur, setidaknya tiga kali sehari. Percuma saja jika makanan sudah bergizi tetapi tidak makan tepat waktu. Hal ini bisa memicu asam lambung dan menimbulkan masalah pencernaan. 

2. Rutin beraktivitas

Jangan jadikan musim penghujan sebagai alasan untuk berdiam diri saja. Justru, kamu sebaiknya tetap aktif bergerak agar daya tahan tetap optimal. Lakukan aktivitas fisik yang ringan saja, seperti jalan kaki, jogging, bersepeda atau jalan-jalan di mall supaya lebih menyenangkan. Cukup lakukan selama 15 hingga 30 menit. Walaupun kelihatannya sepele, aktivitas ringan seperti ini mampu mengaktifkan sel darah putih yang berperan sebagai pertahanan tubuh terhadap kuman penyebab penyakit. 

3. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Tubuh membutuhkan cairan untuk memperlancar aliran darah sehingga organ-organ mampu berfungsi secara optimal. Penuhi cairan tubuh setidaknya minum air dua liter per hari. Air putih adalah pilihan terbaik. 

Jika ingin ada sensasi yang menyehatkan, kamu bisa meminum secangkir teh hangat yang dicampur madu dan lemon. Teh bisa meningkatkan fungsi folikel silia rambut untuk menghilangkan kuman yang masuk ke dalam tubuh. 

4. Istirahat

Menurut studi Archives of Internal Medicine, seseorang yang tidur kurang dari tujuh jam lebih rentan tertular penyakit ketimbang mereka yang tidur delapan jam sehari. Jadi, cukupi kebutuhan tidur sekitar tujuh sampai delapan per hari untuk menjaga daya tahan tubuh. 

5. Kelola stres dengan baik

Stres nyatanya berdampak negatif untuk mental dan fisik. Saat stres seseorang cenderung gelisah, jantung berdebar, dan mudah lelah. Hal ini kemudian bisa menurunkan imunitas sehingga kamu mudah terkena penyakit. Kelola stres dengan melakukan hal yang kamu sukai seperti belanja, menonton film, jalan-jalan, yoga, dan aktivitas lain yang kamu sukai.

Punya keluhan kesehatan? Segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat diagnosis yang tepat. Kalau kamu berencana mengunjungi rumah sakit, buat janji rumah sakit melalui aplikasi Halodoc supaya lebih mudah dan praktis. Jangan tunda untuk memeriksakan diri sebelum kondisinya semakin memburuk. Download Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
NHS UK. Diakses pada 2022. Common Cold.
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2022. How to Boost Your Immune System.