• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Terapi Akupresur Bantu Meringankan Nyeri Haid

Terapi Akupresur Bantu Meringankan Nyeri Haid

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Terapi Akupresur Bantu Meringankan Nyeri Haid

Halodoc, Jakarta – Nyeri haid merupakan salah satu kondisi yang umum dialami tiap wanita ketika memasuki siklus menstruasi. Nyeri haid juga dialami berbeda oleh tiap wanita. Ada yang terasa ringan hingga yang cukup parah. Namun, jika nyeri haid tidak disertai dengan gejala seperti munculnya gumpalan darah atau nyeri lebih dari 3 hari, maka kondisi ini masih terbilang wajar. 

Baca juga: 6 Langkah Sederhana untuk Meredakan Nyeri Haid

Bahkan, ada beberapa cara sederhana yang bisa membantu nyeri haid. Misalnya, dengan mengompres hangat bagian perut bawah. Tidak hanya itu, olahraga ringan pun dinilai mampu mengatasi nyeri haid dengan baik. Namun, benarkah terapi akupresur dapat membantu meringankan nyeri haid yang dirasakan? Yuk, simak ulasannya, di bawah ini!

Kenalan dengan Terapi Akupresur

Terapi akupresur merupakan sebuah pengobatan yang hampir mirip dengan terapi akupuntur, tetapi tanpa jarum. Terapi akupresur melibatkan tekanan manual menggunakan jari tangan dan ujung jari ke titik-titik tubuh tertentu. 

Terapi akupresur merupakan salah satu pengobatan yang berasal dari Tiongkok. Menurut prinsip pengobatan tradisional Tiongkok, ada sebuah jalur energi yang tidak terlihat dalam tubuh. Kondisi ini dikenal sebagai meridian. Ada sekitar 14 meridian yang menghubungan organ tubuh dengan bagian tubuh yang lain. Nah, titik tekanan manual pada terapi akupresur ini berada di sekitar 14 meridian tersebut.

Manfaat Terapi Akupresur untuk Nyeri Haid

Lalu, benarkah terapi akupresur dapat membantu meringankan nyeri haid yang dialami oleh wanita? Nyatanya benar, terapi akupresur dapat membantu mengatasi nyeri haid. Saat seorang wanita mengalami nyeri haid umumnya serupa dengan kram perut bagian bawah. Tidak hanya itu, meskipun normal, nyeri haid terkadang disertai gejala lain. Mulai dari sakit kepala, sakit pinggang, hingga perasaan tidak nyaman.

Kondisi ini dapat dipicu oleh sirkulasi darah dalam tubuh yang tidak berjalan dengan baik. Dengan begitu, tubuh akan lebih mudah mengalami nyeri haid. Menurut Santosh Kumar Pandey, seorang naturopathic healer dan pendiri Mumbai’s Shenmen Healing Center, terapi akupresur dapat merangsang aliran darah, sistem limfatik, serta hormonal dalam tubuh. 

Baca juga: 6 Makanan yang Dapat Meredakan Nyeri Haid

Inilah yang membuat terapi akupresur membantu kamu mengatasi nyeri haid. Tidak hanya itu, terapi ini juga membuat otot-otot tubuh menjadi lebih rileks, sehingga membuat nyeri haid terasa lebih ringan.

Serupa dengan yang disampaikan oleh Dr. Gauri Agarwal, seorang ahli fertilitas dan pendiri Seeds of Innocence. Beliau mengatakan terapi akupresur pada beberapa bagian titik tubuh dapat membantu mengatasi nyeri haid. Bahkan, nyeri haid akan terasa lebih baik dalam waktu 2 jam setelah melakukan terapi akupresur.

Ada dua titik bagian tangan yang bisa kamu gunakan sebagai titik akupresur untuk meringankan nyeri haid. Mulai dari antara pangkal ibu jari, hingga pangkal jari telunjuk. Kedua titik ini dipercaya dapat membantu meringankan nyeri haid. Caranya, tekan secara perlahan pada di antara pangkal ibu jari. Tekan dengan lembut selama 30 detik secara bergantian. 

Ketahui Dampak Terapi Akupresur

Untuk hasil yang optimal, tidak ada salahnya kunjungi ahli akupresur profesional agar tidak mengalami dampak atau efek samping dari pengobatan ini. Bagi beberapa orang, terapi akupresur akan terasa sangat menyakitkan. Tidak jarang, hal ini menyebabkan memar, bengkak, atau nyeri pada bagian yang mendapatkan tekanan.

Baca juga: Benarkah Olahraga Bisa Meringankan Nyeri Haid?

Tidak ada salahnya gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter mengenai terapi akupresur yang akan kamu jalani. Apalagi ketika kamu memiliki beberapa penyakit, seperti osteoporosis, kanker, mudah memar, gangguan jantung, dan diabetes. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store dan Google play!

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2021. The Benefits and Uses of Acupressure.
Health Shots. Diakses pada 2021. Here’s How You Can Practise Acupressure All By Yourself to Relieve Period Cramps.
Vogue. Diakses pada 2021. Benefits of Acupressure: How This Traditional Therapy Can Improve Your Health.