• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Terapi Psikoanalitik untuk Mengobati Psikosis

Terapi Psikoanalitik untuk Mengobati Psikosis

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Terapi Psikoanalitik untuk Mengobati Psikosis

Halodoc, Jakarta - Belakangan ini, penyakit mental sudah menjadi salah satu gangguan yang sangat diperhatikan tidak seperti beberapa dekade belakangan. Ada banyak jenis penyakit mental yang dapat terjadi dan beberapa mungkin saja bisa membahayakan nyawa pengidapnya. Salah satu gangguan mental yang dapat terjadi adalah psikosis.

Gangguan ini dapat menyebabkan pengidapnya kesulitan untuk membedakan antara kenyataan dan imajinasi. Pengidapnya mungkin saja mengalami delusi dan halusinasi yang berlebihan, sehingga sangat membutuhkan perawatan. Salah satu cara untuk mengatasi gangguan ini adalah dengan menjalankan terapi psikoanalitik. Berikut cara untuk melakukan terapi tersebut!

Baca juga: Sering Tertukar, Inilah Bedanya Psikosis dan Skizofrenia

Psikosis Dapat Diatasi dengan Terapi Psikoanalitik

Psikosis adalah suatu kondisi yang dapat memengaruhi cara kerja otak seseorang dalam memproses informasi. Seseorang yang mengidap gangguan ini dapat mengalami kehilangan kontak dengan kenyataan. Pengidapnya mungkin saja melihat, mendengar, atau mempercayai sesuatu yang tidak nyata. Masalah ini termasuk gejala bukanlah penyakit dan dapat disebabkan oleh penyakit mental, penyalahgunaan zat, hingga stres.

Seseorang yang mengidap gangguan psikosis, layaknya skizofrenia, dapat mengalami sedikit perubahan terkait cara bertindak atau berpikir. Masalah ini dapat terjadi dalam hitungan hari, minggu, bulan, hingga tahun. Maka dari itu, seseorang yang mengidap gangguan ini harus segera mendapatkan terapi psikoanalitik agar dapat mengatasinya dengan cepat. Berikut ini cara terapi tersebut dilakukan:

Terapi psikoanalitik adalah salah satu metode yang kerap digunakan untuk membantu seseorang agar memahami kekuatan bawah sadarnya yang lebih berperan dalam perilaku, pikiran, dan emosi. Jenis terapi ini berdasarkan teori yang ditemukan oleh Sigmund Freud yang kerap disebut sebagai psikoanalisis. Lalu, bagaimana cara terapi ini untuk mengatasi psikosis?

Baca juga: Bisakah Psikoterapi Atasi Gangguan Psikosomatis?

Seseorang yang mengidap psikosis dan memilih terapi psikoanalitik untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan mendengarkan pengidapnya berbicara tentang kehidupannya. Ahli terapi akan mencari pola atau peristiwa tertentu yang mungkin menjadi pemicu terjadinya gangguan pada otak tersebut. Metode ini didasari oleh peristiwa masa kecil, perasaan, hingga pikiran yang tidak disadari menyebabkan penyakit mental dan perilaku maladaptif.

Beberapa teknik yang digunakan untuk mengatasi psikosis adalah:

  • Proses psikoanalitik: Hal ini dilakukan penjadwalan tatap muka seminggu sekali, hingga menjadi lebih baik. Pada proses ini, pengidapnya akan ditanamkan wawasan dan kesadaran terhadap kekuatan bawah sadar yang berkontribusi pada kondisi mentalnya.
  • Perawatan insentif: Pada teknik ini, kamu akan lebih banyak berbicara tentang pengalaman, hubungan, dan perasaan di masa lalu. Rasa tidak nyaman dapat timbul karena masalah yang tertanam di alam bawah sadar terungkap. Namun, cara ini efektif untuk memahami masalah yang ada dan perasaan yang sulit diungkapkan.
  • Menggunakan kekuatan bawah sadar: Seseorang yang menjalankan terapi ini dapat melibatkan respons secara emosional. Tingkat kesuksesannya tergantung dari kemampuan diri untuk menghadapi segala pengalaman yang memicu stres. Dengan cara ini, kamu dapat lebih paham terkait kekuatan bawah sadar yang dapat berpengaruh pada tindakan, hubungan, dan perasaan pada diri sendiri.

Dengan mengetahui jika terapi psikoanalitik dapat ampuh untuk mengobati psikosis, diharapkan kamu bisa menjadi lebih baik setelah selesai menjalaninya. Terapi ini memang efektif untuk menekan segala hal yang dapat memicu terjadinya gangguan mental tersebut. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih baik saat segala pemicu masalah ini sudah teratasi.

Baca juga: Pilihan Pengobatan untuk Atasi Gangguan Psikosomatis

Kamu juga dapat bertanya pada psikolog dari Halodoc terkait keefektivitasan terapi psikoanalitik untuk mengobati psikosis yang menyerang. Beberapa fitur dari aplikasi Halodoc, seperti Chat atau Voice/Video Call, dapat memudahkan interaksi yang dibutuhkan. Maka dari itu, download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk memudahkan semua hal!

Referensi:
Very Well Mind. Diakses pada 2020. What Is Psychoanalytic Therapy?
Web MD. Diakses pada 2020. Psychosis and Psychotic Episodes.