• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Terapkan Kebiasaan Ini untuk Mencegah Gigi Berlubang

Terapkan Kebiasaan Ini untuk Mencegah Gigi Berlubang

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Pastinya, mengalami masalah gigi berlubang membuat kamu menjadi tidak nyaman. Rasanya hanya nyeri dan nyeri yang bisa saja mengganggu aktivitas kamu, bahkan membuat kamu tidak bisa beraktivitas karena rasa nyerinya. Memang, gigi berlubang ini muncul karena kamu tanpa sadar melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk, seperti sering mengonsumsi makanan manis, hingga tidak menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur. 

Sayangnya, tidak sedikit orang yang menyepelekan masalah gigi berlubang ini, hingga pada akhirnya gigi justru membusuk dan harus dicabut. Tentu saja, mencegah terjadinya masalah ini lebih mudah dan lebih baik daripada kamu harus mengeluarkan bujet ekstra untuk mengunjungi dokter gigi. 

Kebiasaan Baik yang Bantu Cegah Gigi Berlubang

Gigi yang nyeri dan berlubang memang harus segera mendapatkan pengobatan. Namun, sering kali kamu malas untuk ke dokter gigi, sehingga membiarkan gigi berlubang semakin memburuk. Padahal, sekarang tidak sulit kok kalau kamu ingin buat janji ke dokter gigi. Kamu tinggal pakai aplikasi Halodoc dan atur janji kapan saja dengan dokter gigi langganan di rumah sakit terdekat.

Baca juga: Alasan Gigi Berlubang Bisa Bikin Sakit Kepala

Ternyata, selain kebiasaan buruk yang sebabkan gigi berlubang, ada juga lho kebiasaan baik yang bisa membantu kamu terhindar dari masalah gigi dan mulut ini. Apa saja? 

  • Rutin Menggosok Gigi

Ini adalah cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mencegah gigi berlubang, rutin menggosok gigi. Aturannya sudah jelas, gosok gigi sehari dua kali, setelah makan dan sebelum tidur. Jangan sampai lupa jika kamu tidak mau terserang gigi berlubang, karena sisa makanan yang kamu konsumsi akan tertinggal di sela gigi dan gusi di mana inilah yang menyebabkan gigi berlubang. 

  • Konsumsi Permen Karet

Permen karet memang mengundang sensasi yang berbeda ketika kamu menikmatinya. Namun, ternyata ada manfaat lain di balik sensasi unik mengunyah permen karet, yaitu membantu membersihkan gigi dari sisa makanan, sehingga mencegah terjadinya gigi berlubang. Meski begitu, pastikan permen karet yang kamu pilih bebas gula, ya, karena permen karet yang mengandung pemanis tetap saja harus kamu bersihkan dengan menggosok gigi.

Baca juga: Alasan Makanan Manis Bikin Gigi Bolong

  • Perbanyak Konsumsi Air Putih

Air putih memang tidak bisa diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Namun, siapa sangka jika air putih juga membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi? Air putih bisa membantu membersihkan sisa makanan yang masih terdapat pada gigi, sehingga masalah gigi berlubang pun bisa dicegah. Apalagi kalau kamu baru saja mengonsumsi minuman bersoda atau jus buah, penting untuk membersihkan mulut dengan air putih. 

  • Konsumsi Teh Hijau dan Teh Hitam

Kamu suka mengonsumsi teh hijau atau teh hitam? Ternyata, keduanya baik untuk mencegah gigi berlubang, lho! Kedua teh ini memiliki kandungan fluoride alami yang bertugas menjaga enamel gigi, juga kandungan polifenol yang bisa membantu melindungi gigi dengan mencegah terjadinya plak pada gigi, sehingga gigi berlubang pun bisa dihindari. 

Baca juga: Begini Proses Terjadinya Gigi Berlubang

  • Konsumsi Buah dan Sayur

Apa hubungannya konsumsi buah dan sayur dengan gigi berlubang? Mungkin, kamu belum tahu kalau serat yang terdapat pada buah dan sayur juga berperan dalam menjaga gigi tetap sehat. Tidak hanya baik untuk pencernaan, banyak konsumsi buah dan sayur akan membuat produksi air liur yang kaya fosfat dan kalsium meningkat, dan ini baik untuk mencegah gigi berlubang. 

Referensi: 
Depkes. Diakses pada 2019. Cara Mencegah Penyakit Gigi dan Mulut.
ADA. Diakses pada 2019. Chewing Gum.
Mouth Healthy. Diakses pada 2019. 4 Reasons Water is the Best Beverage for Your Teeth.