• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Terapkan Pola Makan Ini agar Tidur Lebih Nyenyak

Terapkan Pola Makan Ini agar Tidur Lebih Nyenyak

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Aktivitas harian yang padat membuat tubuh membutuhkan banyak istirahat untuk mengembalikan energi. Walau begitu, tidak sedikit orang yang kesulitan untuk tidur lebih nyenyak meski merasa lelah. Dengan begitu, kamu harus mengubah kebiasaan agar mendapatkan tidur yang menyegarkan.

Salah satu hal yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak selain berolahraga adalah perubahan pada pola makan. Cara mengatur porsi makanan dan apa yang dikonsumsi sehari-hari sangat memengaruhi siklus tubuh saat istirahat. Berikut adalah bahasan lengkap tentang pola makan agar tidur menjadi lebih nyenyak!

Baca juga: Tambah Usia? 8 Tips Ini Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Tidur Lebih Nyenyak dengan Pola Makan Ini

Makanan yang sehat dan porsi yang tepat dapat membantu kamu untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Seseorang yang melakukan diet tinggi karbohidrat dan rendah lemak akan mengalami perubahan pada gerakan mata cepat saat tidur (REM). Hal tersebut dapat membuat kamu tidur dengan tenang jika pola makan diatur dengan baik.

Walau begitu, kamu tetap harus menyeimbangkan antara olahraga, jadwal tidur, dan pola makan. Jika kamu melakukan ketiganya secara bersamaan, dipastikan bukan hanya tidur menjadi lebih nyenyak, tetapi juga badan dan pikiran menjadi lebih segar. Berikut adalah beberapa pola makan yang dapat kamu lakukan:

1. Pemilihan Jam Makan

Hal pertama yang dapat kamu perhatikan supaya mendapatkan tidur yang lebih nyenyak di malam hari adalah pemilihan jam makan yang tepat. Hindari makan terlalu malam, atau terlalu dekat dengan jam tidur. Sebab, hal tersebut dapat mengacaukan proses metabolisme tubuh terhadap makanan. Alhasil, kamu mungkin akan mengalami gangguan pencernaan ketika tidur.

Pastikan juga porsi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Usahakan untuk tidak makan terlalu banyak atau terlalu sedikit di siang hari. Seseorang yang terlalu banyak makan siang dapat membuatnya tidak nafsu makan malam dan tidur dengan perut kosong. Sementara makan dengan porsi kecil di siang hari dapat meningkatkan nafsu makan di malam hari. Sehingga, terjadi dorongan untuk makan malam dengan porsi berlebihan. Hal-hal tersebut dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan mengganggu tidur malam.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait mendapatkan tidur yang lebih nyenyak, dokter dari Halodoc siap membantumu. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang diinginkan. Kamu juga dapat membeli obat tanpa perlu ke luar dari rumah dengan aplikasi ini. Praktis kan?

2. Jangan Makan Berlemak

Jika kamu merasa lapar pada malam hari, cobalah untuk menghindari konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak. Niscaya hal tersebut dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Pasalnya, menyantap makanan dengan kadar lemak tinggi sebelum tidur bisa membuat perut tidak nyaman, seperti gangguan pencernaan dan mulas.

Makanan berlemak juga dapat membuat perut terlalu penuh dan menyebabkan heartburn alias rasa panas seperti terbakar dan rasa sakit di balik tulang dada serta tenggorokan. Pastikan agar hal ini tidak terjadi sehingga kamu dapat tidur dengan lebih nyenyak. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang ringan dan bermanfaat di malam hari layaknya salad.

Baca juga: Hari Tidur Sedunia, Intip 5 Cara Tidur Nyenyak

3. Batasi Kafein

Pembatasan kafein dalam satu hari, terutama di malam hari sangat penting dilakukan supaya mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Beberapa orang mungkin tidak merasakan dampak dari mengonsumsi terlalu banyak kandungan kafein. Namun, sebagian orang juga mempunyai batas toleransi kafein yang rendah, sehingga akan kesulitan tidur di malam hari.

Jika kamu seseorang yang terbilang mempunyai toleransi rendah pada kafein, pastikan selalu batasi diri saat mengonsumsinya. Beberapa minuman yang mempunyai kandungan tersebut adalah kopi, teh, dan cokelat. Selain itu, beberapa minuman bersoda dan penambah energi juga terdiri dari kandungan kafein. Maka dari itu, cobalah untuk bijak dalam konsumsi minuman sehari-hari.

4. Hindari Alkohol

Hal lainnya yang harus benar-benar dibatasi konsumsinya agar mendapatkan tidur yang lebih nyenyak adalah konsumsi alkohol. Meskipun disebutkan konsumsi sedikit alkohol dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan mengantuk, konsumsi terlalu banyak dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan gelisah.

Kamu mungkin akan tertidur dengan cukup mudah, tetapi tidak nyenyak. Hal tersebut karena proses metabolisme tubuh terhadap alkohol biasanya berjalan cepat dan bisa membuat tidur menjadi tidak pulas. Selain alkohol, sebaiknya hindari juga terlalu banyak konsumsi cairan sebelum tidur. Karena dapat menyebabkan kamu sering bangun di malam hari untuk pergi ke kamar kecil.

Baca juga: 3 Alasan Seks Bikin Tidur Lebih Nyenyak

5. Perbanyak Karbohidrat

Dengan memperbanyak konsumsi karbohidrat dapat membuat kamu terhindar dari insomnia sehingga tidur lebih nyenyak. Disebutkan apabila seseorang yang mengonsumsi makan malam dengan kandungan karbohidrat kompleks akan tertidur lebih cepat dibandingkan orang yang tidak.

Alasannya adalah makanan dengan karbohidrat kompleks bisa meningkatkan kadar serotonin yang membuat tubuh menjadi lebih rileks. Kamu bisa memilih roti gandum dan sereal dengan susu untuk memenuhi asupan karbohidrat di malam hari. Selain itu, segelas susu hangat dengan campuran madu juga bisa kamu coba agar mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Itulah beberapa pola makan yang dapat kamu lakukan agar mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Jika seseorang tidur dengan nyenyak, segala aktivitas yang akan dilakukan di pagi hari tidak akan terganggu. Kamu pun akan menjalani aktivitas harian dengan lebih fokus.

 

Referensi:
NCBI. Diakses pada 2020. Effects of Diet on Sleep Quality
Very Well Fit. Diakses pada 2020. 5 Diet Tips to Help You Sleep Better