• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Terbukti Aman, Ini 5 Cara Menurunkan Kolesterol secara Alami
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Terbukti Aman, Ini 5 Cara Menurunkan Kolesterol secara Alami

Terbukti Aman, Ini 5 Cara Menurunkan Kolesterol secara Alami

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 31 Mei 2022

“Kolesterol tinggi bisa menjadi indikator berbagai risiko penyakit serius. Namun, kamu bisa menurunkan risikonya dengan cara-cara alami berikut ini.”

Terbukti Aman, Ini 5 Cara Menurunkan Kolesterol secara Alami

Halodoc, Jakarta – Kolesterol tinggi adalah salah satu faktor pemicu berbagai penyakit serius, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung hingga stroke. Tak selalu harus menggunakan obat-obatan, kadar kolesterol bisa diturunkan dengan cara yang alami kok. 

Berikut cara-cara alami yang bisa kamu coba untuk turunkan kolesterol.

Cara Alami untuk Menurunkan Kolesterol

Jika kamu punya riwayat kolesterol tinggi, coba perubahan gaya hidup berikut untuk menurunkan kadarnya:

1. Pilih Makanan Rendah Lemak

Salah satu penyebab utama kolesterol tinggi adalah konsumsi makanan yang tinggi kandungan lemaknya. Maka dari itu, salah satu kunci utama menurunkan kolesterol adalah mengurangi konsumsi lemak, terutama lemak jenuh dan lemak trans. Ganti dengan makanan yang mengandung lemak baik seperti yang terkandung dalam  salmon, mackerel, herring dan lain-lain.

2. Perbanyak Serat

Serat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Nah, beberapa jenis makanan yang mengandung serat larut contohnya oatmeal, kacang merah, kubis, apel dan pir.

3. Rutin Berolahraga

Aktivitas fisik mampu membakar sisa-sisa lemak yang berpotensi menyumbat aliran darah. Bukan itu saja, olahraga secara teratur juga membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL). 

Usahakan, setidaknya berolahraga selama 30 menit dalam lima  kali seminggu. Contoh olahraga ringan yang dapat kamu coba yaitu berjalan cepat, bersepeda atau berenang. 

4. Berhenti Merokok

Merokok termasuk faktor risiko penyakit kolesterol. Ketika kamu berhenti merokok, otomatis lemak baik (HDL) yang ada pada tubuhmu mengalami peningkatan. 

Melansir dari Mayo Clinic, berikut manfaat yang bisa kamu dapat saat berhenti merokok:

  • 20 menit setelah merokok, tekanan darah dan detak jantung bisa pulih dari lonjakan akibat rokok
  • Tiga bulan setelah berhenti, sirkulasi darah dan fungsi paru-paru mulai membaik
  • Setelah satu tahun berhenti, risiko penyakit jantung menurun drastis.

5. Batasi Konsumsi Minuman Beralkohol 

Penggunaan alkohol dalam jumlah sedang telah dikaitkan dengan kadar kolesterol HDL yang lebih tinggi. Apabila kamu salah satu orang yang gemar minum alkohol, konsumsi dalam jumlah sedang saja. Idealnya, satu gelas sehari untuk wanita dan dua gelas sehari untuk pria.

Itulah cara-cara alami yang bisa kamu coba untuk menurunkan kolesterol. Jika kamu mengalami gejala kolesterol tinggi, segera periksakan ke dokter untuk mencegah potensi penyakit. Kamu bisa membuat janji rumah sakit terlebih dahulu melalui aplikasi Halodoc agar lebih praktis. Jangan tunda untuk memeriksakan diri, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Top 5 lifestyle changes to improve your cholesterol.
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Natural Ways to Lower Your Cholesterol Levels.