• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Terdiagnosis Kanker Ganas Saluran Pernapasan, Harus Apa?

Terdiagnosis Kanker Ganas Saluran Pernapasan, Harus Apa?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Terdiagnosis Kanker Ganas Saluran Pernapasan, Harus Apa?

Halodoc, Jakarta – Saluran pernapasan manusia adalah sistem yang rumit, tetapi sangat penting bagi tubuh. Berbagai masalah kesehatan bisa terjadi, termasuk kanker ganas. Kanker ganas saluran pernapasan ada banyak jenisnya, tergantung bagian yang terkena.

Secara epidemiologi, kanker laring dan kanker paru adalah dua kondisi yang umum terjadi. Lantas, apa yang harus dilakukan ketika didiagnosis kanker ganas saluran pernapasan? Berikut ini penjelasannya. 

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Fungsi Organ Pernapasan Manusia

Lakukan Ini setelah Didiagnosis Kanker Ganas Saluran Pernapasan

Kaget dan takut mungkin jadi hal yang dirasakan ketika dokter membacakan hasil diagnosis. Namun, penting untuk mengetahui apa saja langkah selanjutnya yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Ikuti Saran Pengobatan dari Dokter

Setelah mengetahui kondisi yang diidap, pastikan untuk mengikuti semua saran pengobatan yang diberikan dokter. Termasuk jadwal pemeriksaan rutin, dan prosedur pengobatan terbaik sesuai kondisi. 

  1. Cari Tahu Soal Penyakitnya

Teruslah berkomunikasi dengan dokter selama proses pengobatan. Jangan ragu untuk menanyakan semua hal yang ingin kamu ketahui soal kanker yang diidap pada dokter. 

Jadilah proaktif, dan bila perlu buat daftar pertanyaan untuk ditanyakan pada dokter di jadwal pemeriksaan berikutnya. Sebagai tambahan referensi, kamu juga bisa mencari informasi soal penyakit ini melalui situs-situs tepercaya di internet.

Baca juga: Pengobatan yang Dapat Dilakukan Pengidap Kanker Laring

  1. Jalani Gaya Hidup Sehat

Tidak ada kata terlambat untuk berubah. Meski sudah didiagnosis kanker ganas saluran pernapasan, jangan menyerah untuk bisa sehat kembali. Mulailah dengan meninggalkan kebiasaan yang mungkin selama ini membahayakan kesehatan, seperti merokok dan minum alkohol.

Setelah itu, cobalah untuk disiplin mengatur pola makan yang lebih sehat. Bila perlu, konsultasikan hal ini juga pada dokter. Selain itu, penting juga untuk olahraga rutin, minum air putih dan tidur yang cukup, serta menghindari stres.

  1. Jangan Sembarangan Minum Obat

Selama menjalani pengobatan, penting untuk bekerja sama dengan dokter soal konsumsi obat-obatan. Hindari mengonsumsi obat apa pun tanpa resep dan anjuran dari dokter, termasuk obat-obatan herbal. Bila ada obat, suplemen, atau jamu yang ingin dikonsumsi, sebaiknya bicarakan dengan dokter terlebih dahulu.

Metode Pengobatan yang Bisa Dilakukan

Metode pengobatan biasanya akan disesuaikan dengan jenis, ukuran, letak, dan stadium kanker. Secara umum, beberapa prosedur pengobatan yang bisa dilakukan adalah: 

  1. Operasi

Pada kasus kanker paru, operasi bisa dilakukan jika kanker masih berada di satu sisi organ ini, dan belum menyebar. Prosedur ini biasanya dilakukan untuk mengangkat tumor dan sebagian jaringan sehat di sekitarnya, untuk mencegah penyebaran kanker. 

Pada kasus kanker laring, ada tiga jenis operasi yang bisa dilakukan, yaitu reseksi endoskopi, laringektomi parsial, dan laringektomi total. Jenis operasi mana yang bisa dilakukan tergantung pada kondisi masing-masing pengidap.

Baca juga: 8 Komplikasi yang Dapat Terjadi Akibat Kanker Paru

  1. Kemoterapi

Kemoterapi biasanya dilakukan jika kanker sudah memasuki stadium lanjut. Prosedur ini dilakukan selama beberapa minggu atau bulan, untuk membunuh, menghambat pertumbuhan, dan penyebaran sel kanker yang masih tersisa setelah operasi.

Pada beberapa kondisi, kemoterapi juga bisa dilakukan sebelum operasi. Dengan tujuan untuk membuat kanker menyusut dan lebih mudah diangkat saat operasi. 

  1. Radioterapi

Prosedur ini biasanya dilakukan setelah operasi. Tujuannya adalah untuk membunuh sisa-sisa sel kanker yang masih ada. Pada kasus kanker yang sudah memasuki stadium lanjut, prosedur ini bisa dilakukan untuk meredakan gejala dan menghambat penyebaran kanker. 

Selain berbagai prosedur pengobatan umum tersebut, dokter mungkin juga akan melakukan metode lain. Hal ini tergantung pada jenis dan tingkat keparahan kanker, serta kondisi kesehatan pengidap secara keseluruhan. Untuk mengetahui lebih pasti metode pengobatan apa saja yang bisa dilakukan, bicarakanlah pada dokter.

Itulah sedikit pembahasan mengenai hal-hal yang perlu dilakukan setelah didiagnosis kanker ganas saluran pernapasan, dan metode pengobatan yang bisa dilakukan. Bila ada yang masih ingin ditanyakan, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter kapan saja.

Referensi:
NHS Choices UK. Diakses pada 2021. Health A-Z. Laryngeal (Larynx) Cancer.
Patient. Diakses pada 2021. Throat Cancer – Laryngeal Cancer.
Healthline. Diakses pada 2021. Everything You Need to Know About Lung Cancer.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Diseases and Conditions. Lung Cancer.