Terjadi Benturan pada Mata, Ini Bahayanya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Terjadi Benturan pada Mata, Ini Bahayanya

Halodoc, Jakarta – Mata adalah indera penglihatan yang memungkinkan kita untuk melihat dengan jelas. Mengingat mata adalah salah satu organ penting, kita harus meminimalisir risiko yang dapat mencederai mata. Benturan pada mata adalah kondisi yang menimbulkan cedera pada mata. Ini bisa terjadi saat kita berolahraga, bekerja, bermain maupun aktivitas biasa di dalam maupun di luar rumah. 

Baca Juga: Bagaimana Vitamin Memengaruhi Kesehatan Mata?

Cedera mata yang masih tergolong ringan masih bisa diobati dengan mudah. Jika luka yang terbentuk sudah terlalu dalam dan mengganggu penglihatan serta menimbulkan rasa sakit parah, segera cari bantuan medis untuk mencegah komplikasi lebih lanjut. Cedera mata biasanya ditandai dengan gejala berikut ini:

  • Gangguan pada penglihatan dengan jelas;

  • Mata membengkak;

  • Penglihatan ganda;

  • Sakit parah;

  • Kelopak mata robek;

  • Rasa sakit di sekitar mata dan alis;

  • Sakit kepala.

Kalau kamu mengalami benturan pada mata dan melihat perubahan mata menjadi kemerahan, sebaiknya periksakan ke dokter meski tidak menimbulkan rasa sakit. Sebelum mengunjungi rumah sakit, buat janji dengan dokter terlebih dahulu lewat aplikasi Halodoc.

Baca Juga: 7 Penyakit Tak Biasa Pada Mata

Cara Melindungi Mata dari Benturan

Melihat cedera mata bisa berakibat fatal, berikut cara untuk melindungi mata dari benturan, di antaranya adalah:

  1. Gunakan Kacamata

Cara terbaik untuk melindungi mata adalah dengan memakai kacamata. Bagi seseorang punya pekerjaan yang berkaitan langsung dengan bahan kimia, logam, kaca, atau benda lain yang bisa mencederai mata penting untuk menggunakan kacamata pengaman. Kamu wajib menggunakan kacamata pengaman saat menggunakan alat seperti pemotong rumput, pemangkas, atau peniup daun. 

Jangan lupa untuk menyingkirkan batu-batu kecil dan puing-puing lain dari halaman sebelum memotong rumput, sehingga mesin pemotong tidak melempar benda tersebut ke mata. Pelindung mata harus dipakai untuk olahraga seperti squash dan raket. Kalau kamu ingin bermain bisbol atau football, lindungi mata dengan perisai yang terpasang pada helm.

  1. Susun Perabotan 

Perabotan yang tidak tertata dengan benar terkadang juga bisa membahayakan mata. Untuk itu, susun perabotan-perabotan rumah yang berisiko menyebabkan benturan pada mata maupun benturan ke bagian butuh lain dengan baik. Contoh perabotan yang menyebabkan benturan yaitu lukisan atau benda-benda yang dipajang di tembok. Pastikan benda-benda yang dipajang ada di  tempat yang lebih tinggi.

  1. Pasang Lampu

Tempat yang gelap dan remang-remang juga berisiko menyebabkan benturan pada mata. Oleh karena itu, beri penerangan di berbagai tempat yang kurang terkena cahaya. Selain itu, kamu sebaiknya juga memasang pegangan tangan di tangga untuk meningkatkan keamanan.

Baca Juga: 6 Makanan Ini Punya Khasiat Menjaga Kesehatan Mata

  1. Hati-Hati Saat Membuka Botol

Saat ingin meminum minuman berkarbonasi, hindari mengocoknya sebelum dibuka. Kamu harus berhati-hati saat membuka botol anggur atau minuman berkarbonasi. Mengocok minuman berkarbonasi sebelum dibuka dapat membuat tutup terlempar, sehingga berisiko mencederai mata. 

Nyatanya, cedera akibat benturan pada mata bisa ringan atau parah yang berisiko menyebabkan hilangnya penglihatan permanen. Untuk itu, selalu waspada dan jaga kesehatan mata dengan baik.

Referensi :
WebMD. Diakses pada 2019. Top Causes of Eye Injuries.
Emedicinehealth. Diakses pada 2019. Eye injuries.
John Hopkins Medicines. Diakses pada 2019. Preventing Eye Injuries.
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Eye injury: Tips to protect vision.