11 February 2018

Terkuak, Ini Beberapa Penyebab Kebiasaan Masturbasi

Terkuak, Ini Beberapa Penyebab Kebiasaan Masturbasi

Halodoc, Jakarta — Masturbasi adalah aktivitas seksual yang sangat umum, terutama dilakukan oleh orang-orang yang belum menikah. Akan tetapi, masturbasi juga kerap dilakukan meskipun sudah memiliki pasangan. Kamu bisa menjaga agar dampak masturbasi tetap positif dalam hidupmu dengan mengatur frekuensi kegiatan dan tidak melakukannya secara berlebihan.

 

Banyak studi memperlihatkan bahwa masturbasi dapat memberikan banyak keuntungan baik secara fisik maupun secara psikologis, seperti:

  1. Melepas stres yang menumpuk
  2. Tidur menjadi lebih nyenyak
  3. Meningkatkan mood
  4. Membuatmu lebih rileks
  5. Meringankan kram
  6. Meningkatkan performa bercinta
  7. Melatih memberikan pengertian terhadap kebutuhan dan keinginanmu dalam hal seksual

 

Beberapa penelitian menyatakan bahwa ejakulasi rutin dapat mengurangi risiko kanker prostat. Dalam sebuah studi yang dilakukan di tahun 2015, ditemukan bahwa risiko kanker prostat berkurang hingga 20% untuk para pria yang berejakulasi paling tidak 21 kali dalam sebulan. Sebuah studi yang dilakukan di Australia juga memberikan hasil yang mirip mengenai relasi antara ejakulasi rutin dan risiko kanker prostat yang lebih rendah.

 

Masturbasi juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas dan keinginan seksual untuk orang yang memiliki disfungsi seksual. Sebuah studi yang dilakukan di tahun 2009 menyatakan bahwa penggunaan vibrator berperan cukup besar dalam peningkatan gairah dan fungsi seksual secara keseluruhan. Para wanita juga dilaporkan menghasilkan lubrikasi alami yang lebih baik, dan para pria mengalami ereksi yang lebih maksimal.

 

Dampak masturbasi yang lainnya yaitu teknik yang digunakan pria dalam bermasturbasi dapat memengaruhi sensitivitas saat berhubungan intim dengan pasangan. Para ahli menyarankan untuk mengubah teknik bermasturbasi untuk mengembalikan level sensitivitas dalam bercinta.

 

Penasaran dampak lainnya yang mungkin terjadi? Tanyakan saja ke dokter ahli di Halodoc melalui voice/video call dan chat. Kamu juga bisa beli vitamin untuk menunjang aktivitas seksualmu yang akan diantar langsung ke tempat tujuan. Cek lab pun bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah, lho! unduh aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play yuk!.