Terlalu Lama Berada di Kantor Tidak Baik untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Terlalu Lama Berada di Kantor Tidak Baik untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta - Setiap orang mempunyai tanggung jawab masing-masing yang mengharuskan untuk bekerja. Umumnya, seseorang akan berada di kantor sejak jam 9 pagi hingga jam 6 malam. Bekerja 8 jam dengan 1 jam istirahat adalah hal yang ideal. Dengan itu, kamu dapat selalu menjaga kesehatan.

Walau begitu, terkadang kamu harus menghabiskan lebih banyak waktu di kantor. Salah satu hal yang menyebabkan kamu harus lembur adalah pekerjaan yang belum selesai dan harus dituntaskan hari itu juga. Jika kamu terlalu sering lembur, hal itu tidak baik untuk kesehatan. Berikut adalah dampak terlalu lama di kantor!

Baca juga: Terlalu Banyak Duduk, Waspada 5 Penyakit Berbahaya Ini

Dampak Terlalu Lama di Kantor bagi Kesehatan

Lingkungan kerja yang sangat kompetitif dan membutuhkan mobilitas yang tinggi menyebabkan seseorang harus lebih banyak menghabiskan waktu di kantor. Kalau tidak di kantor pun, kamu mungkin juga harus bekerja di manapun. Hal tersebut dapat menimbulkan beban tersendiri pada tubuh.

Tidak sedikit kantor juga yang memberikan pesangon lebih apabila kamu lembur. Bahkan, beberapa orang menganggap apabila lembur terlalu sering adalah sesuatu yang harus dicontoh oleh semua orang di sekitarnya. Padahal, tubuh dan mungkin pikiran kamu akan mengalami dampak buruk karena hal tersebut.

Berikut adalah beberapa dampak buruk dari terlalu lama menghabiskan waktu di kantor pada kesehatan, yaitu:

  1. Kesehatan Fisik

Jam kerja yang panjang berarti kamu harus menghabiskan detik demi detik untuk duduk di kursi kantor sambil menatap komputer. Ternyata, disebutkan bahwa seseorang yang tidak bergerak dari kursinya lebih dari 13 jam sehari lebih berisiko meninggal sebelum waktunya dibandingkan dengan orang yang bekerja selama 11 jam.

Selain itu, jika kamu mempunyai pertanyaan terkait dampak dari terlalu banyak lembur di kantor, dokter dari Halodoc dapat menjawabnya. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

Baca juga: 7 Risiko Penyakit di Tempat Kerja

Dampak lainnya dari lembur untuk kesehatan dari segi kesehatan adalah:

  • Tingkatkan Rasa Stres

Dampak lainnya yang dapat terjadi ketika seseorang terlalu sering lembur adalah meningkatnya rasa stres. Sejalan dengan itu, tingkat stres yang terlalu berlebih dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami serangan jantung atau stroke hingga 40 persen. Maka dari itu, sangat tidak disarankan untuk terlalu banyak menghabiskan waktu di kantor.

  • Meningkatkan Tekanan Darah

Seseorang yang terlalu banyak menghabiskan waktu di kantor juga dapat mengalami peningkatan tekanan darah. Hal yang menyebabkan itu adalah tidak memiliki waktu untuk menjalani gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat dan olahraga. Sehingga, peningkatan tekanan darah dapat terjadi yang dapat menimbulkan dampak buruk dalam jangka waktu yang lama.

  • Diabetes

Seseorang mungkin saja mengalami diabetes ketika terlalu sering lembur. Pekerja yang kerap lembur tersebut akan makan lebih banyak, terutama camilan. Makanan yang manis terlalu banyak masuk ke tubuh, sehingga gula darah meningkat. Penumpukan dari zat tersebut menyebabkan kamu berisiko terhadap diabetes.

Baca juga: Kerja Keras Itu Perlu, Kenali Dampaknya Bagi Kesehatan

  1. Kesehatan Mental

Bekerja terlalu lama di kantor juga dapat menyebabkan dampak buruk lainnya terhadap kesehatan mental. Seseorang yang secara rutin bekerja lebih dari 11 jam sehari berisiko dua kali lipat mengalami depresi berat dibandingkan yang bekerja delapan jam sehari. Hal tersebut disebabkan kurangnya waktu bersantai dan tidur. Selain itu, kurangnya waktu untuk berinteraksi dengan orang lain juga dapat menyebabkan hal tersebut.

Referensi:
Medical News Today.Diakses pada 2019.The dangers of working in an office
Entrepreneur.Diakses pada 2019.Why Working Overtime Is Never A Good Idea