Terlalu Lama Menyetir Bisa Sebabkan Frozen Shoulder?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
terlalu-lama-menyetir-bisa-sebabkan-frozen-shoulder-halodoc

Halodoc, Jakarta – Bila ada pertanyaan hal apa yang identik atau menjadi ciri khas dari kota Jakarta, maka kemacetan adalah salah satu jawaban yang mungkin paling banyak disebutkan. Nyatanya, macet memang merupakan “makanan” sehari-hari bagi masyarakat Jakarta. Apalagi pada jam-jam sibuk, seperti pada pagi hari dan jam pulang kantor, lalu lintas bisa menjadi luar biasa macetnya. Bagi pengendara mobil, kemacetan bisa bikin stres. Namun, bukan cuma stres, pengendara mobil juga mesti hati-hati, karena terlalu lama menyetir bisa menyebabkan frozen shoulder, lho. Simak penjelasannya lebih lanjut di sini.

Apa Itu Frozen Shoulder?

Frozen shoulder atau yang disebut juga adhesive capsulitis adalah kondisi yang ditandai dengan kekakuan dan nyeri pada sendi bahu. Tanda atau gejala tersebut biasanya dimulai secara bertahap dan memburuk seiring waktu, lalu sembuh dalam waktu kira-kira 1–3 tahun.

Penyebab Frozen Shoulder

Tulang, ligamen, dan tendon yang membentuk sendi bahu kamu terbungkus dalam kapsul jaringan ikat. Nah, frozen shoulder bisa terjadi apabila kapsul ini menebal dan mengencang di sekitar sendi bahu, sehingga membatasi pergerakannya.

Para ahli pun tidak mengetahui pasti penyebab frozen shoulder pada beberapa orang. Namun, kondisi ini lebih sering terjadi pada pengidap diabetes atau mereka yang tidak menggerakkan bahu dalam waktu yang lama, seperti baru menjalani operasi atau mengalami patah tulang.

Baca juga: 7 Penyebab Utama Frozen Shoulder

Faktor Risiko Frozen Shoulder

Terlalu lama menyetir adalah salah satu kondisi yang bisa meningkatkan risiko kamu mengalami frozen shoulder. Hal ini karena saat menyetir, kamu sangat jarang menggerakan bahu dan tangan cenderung tetap pada posisi yang sama dalam waktu yang lama. Itulah sebabnya menyetir terlalu lama bisa membuat bahu menjadi pegal. Jadi, orang-orang yang memiliki jarang bergerak dalam waktu yang lama atau jarang menggerakan bahu berisiko tinggi mengalami frozen shoulder. Selain terlalu lama menyetir, beberapa kondisi yang juga bisa menyebabkan seseorang tidak menggerakkan bahunya dalam waktu lama adalah lengan yang patah, stroke, dan masa pemulihan dari operasi.

Selain itu, berikut ini beberapa faktor yang juga bisa meningkatkan risiko frozen shoulder:

  • Usia dan Jenis Kelamin

Frozen shoulder lebih sering terjadi pada orang-orang berusia 40 tahun ke atas dan wanita.

  • Penyakit Sistemik

Penyakit-penyakit yang bisa menyebabkan seseorang berisiko mengalami frozen shoulder, yaitu:

    • Diabetes.

    • Hipertiroidisme.

    • Hipotiroidisme.

    • Penyakit kardiovaskular.

    • TBC.

    • Penyakit Parkinson.

Cara Mencegah Frozen Shoulder

Karena penyebab frozen shoulder yang paling sering adalah imobilitas atau jarang bergerak, kamu dianjurkan untuk menggerakan bahumu secara teratur, khususnya saat menyetir. Bila kamu mengalami cedera, sehingga tidak bisa menggerakan bahu, coba bicarakan pada dokter mengenai latihan yang bisa kamu lakukan untuk mempertahankan rentang gerak di sendi bahu.

Baca juga: 5 Latihan Fisik untuk Atasi Frozen Shoulder

Gejala Frozen Shoulder yang Perlu Diwaspadai

Gejala frozen shoulder biasanya berkembang secara perlahan dalam 3 tahap. Setiap tahapnya bisa berlangsung selama beberapa bulan.

  • Tahap Pembekuan. Tahap ini ditandai dengan rasa sakit setiap kali kamu menggerakkan bahu dan rentang gerakan bahu kamu juga sudah mulai terbatas.

  • Tahap Beku. Rasa nyeri mungkin mulai berkurang pada tahap ini. Namun, bahu kamu menjadi lebih kaki dan lebih sulit digunakan.

  • Tahap Pencairan. Rentang gerak bahu kamu sudah mulai membaik.

Pada beberapa pengidap, rasa nyeri akibat frozen shoulder bisa memburuk di malam hari sampai terkadang mengganggu waktu tidur.

Baca juga: Bantu Obati Frozen Shoulder, Apa Itu Prosedur Manipulasi Bahu?

Bila kamu mengalami gejala frozen shoulder seperti di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter ortopedi. Untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, kamu bisa buat janji kapan dan di mana saja dengan dokter di rumah sakit pilihan kamu lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Frozen shoulder - Symptoms and causes.