• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Terlalu Sibuk Bekerja, Begini Cara Menjaga Kesehatan Kulit

Terlalu Sibuk Bekerja, Begini Cara Menjaga Kesehatan Kulit

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Wanita yang bekerja tentunya akan menghabiskan banyak waktu di luar ruangan dengan segudang aktivitas. Bukan hanya masalah kelelahan, kurangnya menjaga kesehatan juga dapat menyebabkan berbagai gangguan pada tubuh, salah satunya adalah bagian kulit. Untuk itu sangat penting menjaga kesehatan kulit bagi wanita bekerja, agar terhindar dari berbagai gangguan kulit yang dapat dialami.


Baca juga: Jaga Kesehatan Kulit di Tahun Baru dengan Cara Tepat


Gangguan kesehatan pada kulit, seperti kulit kering, munculnya kerutan, bintik hitam, kulit kusam, hingga berjerawat menjadi masalah yang cukup umum dialami wanita pekerja. Tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu melakukan perawatan bagi kulit agar kesehatan kulit tetap terjaga. Berbagai perawatan dapat kamu lakukan, mulai dari mengubah gaya hidup sehat, hingga perawatan mandiri di rumah.


Lakukan Ini Agar Kesehatan Kulit Tetap Terjaga

Berbagai aktivitas di luar ruangan tentunya menjadi kegiatan sehari-hari wanita yang bekerja. Tidak hanya stres karena masalah pekerjaan, faktor lainnya, seperti paparan debu dan penggunaan kosmetik setiap hari ternyata juga berisiko tingkatkan gangguan kesehatan kulit. Tidak hanya pada wajah, sebaiknya lakukan perawatan kulit secara menyeluruh agar kamu terhindar dari berbagai penyakit yang dapat dialami pada bagian kulit.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kulit bagi wanita pekerja.


1.Selalu Mandi Setelah Beraktivitas

Perawatan yang paling umum dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit dengan menjaga kebersihan kulit. Mandi merupakan salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan kulit, mulai dari wajah hingga bagian kaki. Melansir dari Bustle, banyak manfaat dari kegiatan mandi yang bisa kamu rasakan, seperti menghilangkan sel kulit mati, membuat tubuh menjadi lebih segar, dan juga menghilangkan berbagai kuman dan bakteri yang dapat tingkatkan risiko penyakit.


2.Lakukan Perawatan Kulit

Kamu dapat menjaga kesehatan kulit dengan melakukan perawatan tubuh setelah pulang bekerja atau saat akhir pekan. Gunakanlah masker yang dikhususkan untuk tubuh dan wajah agar kondisi kulit kamu tetap terawat. Selain itu, gunakan produk perawatan yang cocok untuk jenis kulit agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan kulit.


Selain penggunaan masker tubuh dan wajah, kamu juga perlu menggunakan pelembap untuk kulit tubuh dan wajah. Melansir Everyday Health, ada berbagai manfaat dari penggunaan pelembap, seperti menghidrasi kulit, membuat kulit terasa lebih lembut, dan juga dapat membuat kamu menjadi lebih rileks. 


Baca juga: 4 Masalah Kulit yang Dianggap Sepele Tapi Berbahaya


3.Perbanyak Konsumsi Air Putih

Kulit terdiri dari tiga lapisan, yaitu epidermis, dermis, dan jaringan subkutan. Jika lapisan yang paling luar atau epidermis tidak memiliki kandungan air yang cukup, maka kondisi ini dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembapan. Hal ini dapat membuat kulit berkurang keelastisitasnya dan terasa kasar.


Untuk itu, sebaiknya penuhi kebutuhan cairan setiap hari dengan mengonsumsi air putih agar tubuh tetap terhidrasi. Tubuh yang mendapatkan asupan cairan cukup akan membuat kulit menjadi lebih sehat dan bersinar.


4.Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayur merupakan hal yang wajib dilakukan untuk merawat kesehatan kulit. Pilihlah makanan yang memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit, seperti vitamin C, vitamin E, vitamin B kompleks, dan juga vitamin D.


Berbagai makanan bisa kamu pilih menjadi menu camilan atau makan siang kamu saat bekerja, seperti jeruk, bayam, telur, pepaya, brokoli, kacang-kacangan, alpukat, ubi, tomat, dan juga daging ikan. 


Baca juga: 5 Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Kulit


Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar kesehatan kulit tetap terjaga selama kamu bekerja. Gunakan aplikasi Halodoc dan tanya langsung dengan dokter jika kamu mengalami keluhan kesehatan yang terkait dengan gangguan pada kulit.





Referensi:
Bustle. Diakses pada 2020. 6 Health Benefits of Taking Baths.
Everyday Healthy. Diakses pada 2020. The 7 Body Lotion Benefits.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Does Drinking Water Cause Hydrated Skin?
Healthline. Diakses pada 2020. The 12 Best Foods for Healthy Skin.