• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ternyata Mudah, Ini 5 Cara Mengecilkan Perut Buncit
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ternyata Mudah, Ini 5 Cara Mengecilkan Perut Buncit

Ternyata Mudah, Ini 5 Cara Mengecilkan Perut Buncit

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 20 Mei 2022

“Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengecilkan perut buncit. Mulai dari membiasakan sarapan, memperbanyak konsumsi buah dan sayur, hingga meningkatkan asupan probiotik pada tubuh.”

Ternyata Mudah, Ini 5 Cara Mengecilkan Perut Buncit

Halodoc, Jakarta – Memiliki perut yang buncit merupakan masalah yang cukup pelik bagi sebagian orang. Sebab, kondisi ini tentunya dapat mengganggu penampilan, sekaligus meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan. Misalnya seperti stroke, serangan jantung, diabetes, dan masih banyak lagi. 

Nah, jika kamu memiliki perut buncit, ada baiknya kamu mengetahui apa saja cara mudah untuk mengecilkan perut. Tujuannya tentu saja agar perut yang ideal tercapai, sekaligus sebagai bagian dari penerapan pola hidup sehat yang baik. Penasaran apa saja caranya? Yuk, ketahui ulasannya di sini!

Cara Mengecilkan Perut Buncit yang Mudah

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengecilkan perut buncit, antara lain:

1. Membiasakan SarapanHal ini sangatlah penting, karena melewatkan sarapan bisa meningkatkan nafsu makan pada siang hari dan berujung pada makan berlebih.

2. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur. Kedua makanan tersebut tinggi akan serat dan kandungan air, sehingga dapat membuatmu kenyang lebih lama dan melancarkan pencernaan. Hal ini tentunya dapat mengurangi kecenderungan untuk makan secara berlebih.

3. Berolahraga secara Rutin. Olahraga secara rutin setidaknya 30 menit setiap harinya juga dapat membantu membakar kalori pada tubuh. Menariknya lagi, olahraga juga dapat menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Nah, jika kamu ingin mengecilkan perut buncit, kamu dapat mencoba olahraga kardio atau mengangkat beban.

4. Perbaiki Pola Tidur. Waktu tidur ideal bagi orang dewasa adalah sekitar tujuh hingga delapan jam. Jika kurang dari itu, maka tubuh akan mengalami peningkatan hormon kortisol (hormon stres). Kondisi ini dapat mendorong seseorang untuk mengonsumsi makanan manis untuk menggantikan tenaga yang tidak didapat akibat kurang tidur.

5. Meningkatkan Asupan Probiotik.  Asupan probiotik yang dikonsumsi secara teratur dapat mengubah keseimbangan menuju flora usus. Hal ini dikabarkan bermanfaat untuk mengurangi risiko kenaikan berat badan. Selain itu, meningkatkan konsumsi probiotik juga bermanfaat dalam mempertahankan berat badan. Jika kamu ingin mencobanya, ada beberapa jenis makanan yang mengandung probiotik. Misalnya seperti yogurt, kimchi, teh kombucha, hingga tempe.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengecilkan perut buncit. Mulai dari membiasakan sarapan, memperbanyak konsumsi buah dan sayur, hingga meningkatkan asupan probiotik pada tubuh. Namun, kamu juga perlu mengingat bahwa mengecilkan perut buncit juga memerlukan proses dan waktu. Maka dari itu, jangan mudah putus asa dan lakukanlah latihan dan terapkan gaya hidup sehat secara konsisten.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar cara mengecilkan perut buncit, tidak ada salahnya untuk menghubungi dokter spesialis. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter spesialis gizi untuk mendapatkan informasi medis yang kamu butuhkan. Kamu dapat menggunakan fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2022. The 29 Best Ways to Get a Flat Stomach. 
Johns Hopkins medicine. Diakses pada 2022. 8 Ways to Lose Belly Fat and Live a Healthier Life.