• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ternyata Mudah, Ini Cara Mengobati Bisul agar Cepat Kempis
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ternyata Mudah, Ini Cara Mengobati Bisul agar Cepat Kempis

Ternyata Mudah, Ini Cara Mengobati Bisul agar Cepat Kempis

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 24 November 2022

“Gaya hidup tidak sehat ternyata bisa menyebabkan bisul susah kempis. Oleh karena itu, pastikan kamu menjaga kebersihan diri agar bisul cepat kempis dan tidak kembali datang.”

Ternyata Mudah, Ini Cara Mengobati Bisul agar Cepat KempisTernyata Mudah, Ini Cara Mengobati Bisul agar Cepat Kempis

Halodoc, Jakarta – Bisul bisa disebabkan karena gaya hidup yang kurang bersih, infeksi kulit, ataupun alergi pada makanan tertentu. Jika kamu sering mengalami pertumbuhan bisul, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. 

Nah, untuk bisul-bisul biasa, yang tidak disebabkan oleh penyakit tertentu, penanganan rumahan bisa membantu mengempiskannya dengan cepat. Simak selengkapnya cara mengobati bisul agar cepat kempis di sini!

Cara Mengobati Bisul Supaya Cepat Sembuh

Ketimbang memencet atau mengorek bisul, yang dapat menyebabkan infeksi, kamu bisa mengobati bisul supaya cepat mengempis dengan beberapa tahapan berikut ini: 

  1. Gunakan kain bersih dan hangat untuk mengompres bisul. Kamu dapat mengulanginya pengompresan beberapa kali sehari untuk mendorong bisul keluar dan mengering.
  2. Jaga kebersihan area sekitar bisul, cuci tangan setelah menyentuh area yang terkena.
  3. Jika bisul terasa nyeri, minum obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen atau acetaminophen.
  4. Saat terbuka, bisul bisa mengeluarkan cairan. Setelah bisul terbuka, tutupi untuk mencegah infeksi pada luka terbuka. Gunakan kasa atau bantalan penyerap untuk mencegah penyebaran nanah. Ganti kain kasa atau pembalut sesering mungkin.

Kamu bisa bertanya kepada dokter lewat aplikasi Halodoc bila pengobatan rumahan tidak membantu mengempiskan bisul atau justru malah bisul muncul kembali. Jika lebih banyak bisul muncul, kulit di sekitar bisul terasa panas dan nyeri, atau malah mengalami demam berulang, kamu perlu memeriksakan diri ke rumah sakit.

Biasanya, dokter akan melakukan tindakan medis sesuai dengan kebutuhan. Bisa dengan sayatan untuk mengeringkan bisul nanah di dalamnya.

Jika infeksi terlalu dalam untuk mengering sepenuhnya, dokter mungkin membungkusnya dengan kain kasa untuk menyerap nanah yang tersisa. Dokter juga mungkin akan meresepkan antibiotik jika kamu mengalami bisul berulang.

Gaya Hidup Penyebab Bisul 

Bisul biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri, paling sering Staphylococcus aureus, atau infeksi staph. Namun, ada beberapa kondisi yang membuat kamu lebih rentan terinfeksi staph sehingga memicu bisul. 

Misalnya buat pengidap diabetes ataupun gangguan kekebalan tubuh, bisa membuat kamu lebih rentan mengalami bisul. Pengidap diabetes lebih rentan terhadap bisul dan infeksi kulit lainnya bila gula darahnya tidak terkontrol.

Kamu juga lebih mungkin mengembangkan bisul, jika memiliki kondisi kulit lain atau melakukan kontak dekat dengan seseorang yang sudah memiliki bisul.  Bisul juga bisa menjadi masalah bagi siapa saja yang mengidap hidradenitis suppurativa, atau kondisi peradangan kulit kronis. 

Pengidap hidradenitis suppurativa dapat mengembangkan benjolan yang pada akhirnya, memicu tersumbatnya area di sekitar folikel rambut dan kelenjar keringat. Salah satunya bisa dikarenakan pertumbuhan sel yang tidak normal.

Pada umumnya, penanganan rumahan dapat membantu kondisi ini. Termasuk menggunakan pembersih topikal, berendam dalam air hangat atau mengompres hangat ke area tersebut dan, minum obat anti-inflamasi seperti ibuprofen. Pastikan juga untuk selalu mengenakan pakaian longgar untuk membatasi gesekan dan menjaga berat badan untuk meminimalkan gesekan di area yang rawan benjolan.

Makan makanan yang sehat dan seimbang dapat membantu dengan mencegah kenaikan berat badan. Penurunan berat badan pun kemudian akan menurunkan aktivitas hormonal yang memengaruhi kondisi ini. 

Produk susu dan keju biasanya menjadi pemicu kemunculan bisul. Mengonsumsi makanan ini dapat meningkatkan kadar insulin, yang pada gilirannya dapat menyebabkan tubuh memproduksi hormon secara berlebihan yang dikenal sebagai androgen. Ini kemungkinan menyebabkan munculnya bisul dan lesi kulit lainnya yang terkait dengan hidradenitis suppurativa.

Pada akhirnya modifikasi pola makan, menurunkan berat badan, dan menghindari makanan alergen dapat membantu pencegahan bisul dan gangguan kulit lainnya. Itulah informasi mengenai cara mengobati bisul agar cepat mengempis. Kalau kamu butuh informasi kesehatan lainnya, download saja langsung Halodoc!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. How to Pop a Boil: Should You Do It Yourself?
Live Strong. Diakses pada 2022. Boils and What You Eat: Is There a Connection?
WebMD. Diakses pada 2022. Boils: Remedies and Treatments.
Healthline. Diakses pada 2022. How to Pop a Boil: Should You Do It Yourself?