• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ternyata Mudah, Ini Cara Tepat Menggunakan Benang Gigi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ternyata Mudah, Ini Cara Tepat Menggunakan Benang Gigi

Ternyata Mudah, Ini Cara Tepat Menggunakan Benang Gigi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 07 September 2022

“Cara menggunakan benang gigi harus tepat dan perlu dilakukan dengan hati-hati. Salah-salah, bisa membuat gusi dan gigi rusak.”

Ternyata Mudah, Ini Cara Tepat Menggunakan Benang GigiTernyata Mudah, Ini Cara Tepat Menggunakan Benang Gigi

Halodoc, Jakarta – Mengetahui cara menggunakan benang gigi atau flossing sangat penting. Sebab, menyikat gigi saja tidak cukup untuk membersihkan sisa makanan yang tersangkut di antara gigi. Jika tidak menggunakan benang gigi, sisa makanan yang menumpuk akan jadi plak. 

Meski membersihkan gigi dengan flossing penting, kamu juga perlu melakukannya dengan cara yang benar agar tidak membuat gigi dan gusi jadi rusak. Yuk simak panduannya berikut ini!

Cara Menggunakan Benang Gigi dengan Tepat

Beberapa orang memiliki rutinitas menyikat gigi terlebih dahulu baru kemudian menggunakan benang gigi. Padahal, yang benar adalah menggunakan benang gigi terlebih dahulu, dan kemudian menyikat gigi.

Benang gigi membantu mengangkat dan melepaskan makanan dan plak yang tersangkut di sela-sela gigi. Sementara menyikat gigi akan menghilangkan partikel-partikel tersebut dari mulut. Jika kamu menyikat gigi terlebih dahulu dan menggunakan benang gigi setelahnya, makanan dan plak akan tertinggal di mulut.

Bagi yang belum tahu, berikut ini cara menggunakan benang gigi dengan benar:

  1. Putuskan sekitar 45 hingga 60 cm benang gigi. Untuk memegang benang dengan benar, gulung sebagian besar benang di sekitar kedua jari tengah. Sisakan hanya sekitar 2,5 hingga 5 cm benang untuk gigi.
  2. Selanjutnya, pegang benang dengan kencang dengan ibu jari dan jari telunjuk.
  3. Tempatkan benang gigi di antara dua gigi. Geser perlahan benang ke atas dan ke bawah, gosokkan pada kedua sisi setiap gigi. Jangan memasukkan benang ke dalam gusi. Ini bisa menggores atau membuat memar gusi.
  4. Saat benang mencapai gusi, lengkungkan benang di dasar gigi untuk membentuk bentuk C. Ini memungkinkan benang memasuki ruang antara gusi dan gigi.
  5. Ulangi langkah-langkah tersebut saat berpindah dari gigi ke gigi. Untuk setiap gigi, gunakan bagian benang yang baru dan bersih.

Bagaimana Jika Mengenakan Kawat Gigi?

Cara menggunakan benang gigi bagi pengguna kawat gigi agak rumit, dan butuh lebih banyak waktu. Jika kamu menggunakan benang biasa, luangkan waktu 10 hingga 15 menit untuk membersihkan gigi.

Sebaiknya, pilih benang wax, yang kecil kemungkinannya sobek dan tersangkut di kawat gigi. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Putuskan sekitar 45 sampai 60 cm benang gigi wax.
  2. Berdirilah di depan cermin sehingga kamu dapat memastikan benang bergerak ke tempat yang dibutuhkan.
  3. Mulailah dengan memasukkan benang di antara gigi dan kawat utama. Putar ujung benang yang longgar di sekitar jari telunjuk sehingga kamu dapat memindahkan benang dengan mudah.
  4. Tekan benang di antara kedua gigi selembut mungkin. Kemudian, gerakkan benang ke atas dan ke bawah di sepanjang sisi kedua gigi.
  5. Saat menggunakan benang pada gigi atas, cobalah membuat huruf U terbalik dengan benang. Untuk melakukan ini, naik ke sisi satu gigi sampai mencapai garis gusi. Kemudian, luncurkan benang ke sisi gigi lainnya.
  6. Lepaskan benang dengan hati-hati dari belakang kawat. Hindari mencabut benang dari gigi, karena bisa mencabut kawat.
  7. Setelah itu, lanjutkan ke dua gigi berikutnya, dan gunakan teknik yang sama sampai membersihkan semua gigi dengan benang.

Alih-alih menggunakan benang wax, pilihan lainnya adalah flosser air, atau floss threader. Ini adalah alat kecil untuk memasang benang di bawah kawat gigi. Keduanya dapat menghemat waktu saat membersihkan gigi.

Itulah pembahasan mengenai cara menggunakan benang gigi dengan tepat. Selain membersihkan gigi, jangan lupa memeriksakan diri ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Agar mudah, kamu bisa download Halodoc untuk membuat janji rumah sakit dengan dokter gigi.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What’s the Best Way to Floss Your Teeth?
Mouth Healthy. Diakses pada 2022. 5 Steps to a Flawless Floss.