• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ternyata Selama Puasa, Tubuh Membutuhkan Kalori Sebanyak Ini
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ternyata Selama Puasa, Tubuh Membutuhkan Kalori Sebanyak Ini

Ternyata Selama Puasa, Tubuh Membutuhkan Kalori Sebanyak Ini

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 18 April 2022

“Saat berpuasa sebaiknya pastikan jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh bisa dipenuhi dengan baik. Selain mengetahui jumlah kalori berdasarkan usia, kamu juga perlu mencari tahu makanan tepat untuk berbuka dan sahur agar kalori dapat dipenuhi dengan baik.”

Ternyata Selama Puasa, Tubuh Membutuhkan Kalori Sebanyak Ini

Halodoc, Jakarta – Saat menjalankan ibadah puasa, ada banyak perubahan yang dialami, salah satunya adalah pola makan. Sebaiknya pastikan kamu tetap mengonsumsi jumlah makanan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Hal ini membuat kamu tidak mengalami kekurangan nutrisi maupun kalori yang dibutuhkan.

Kalori dalam tubuh harus dipenuhi dengan baik. Jika tidak, tubuh dapat menjadi lemas dan aktivitas sehari-hari dapat terganggu. Lalu, berapa jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh saat berpuasa? Nah, simak ulasannya di sini agar kamu tidak mengalami kelebihan maupun kekurangan kalori selama berpuasa!

Jumlah Kalori yang Dibutuhkan Tubuh saat Berpuasa

Kalori adalah ukuran berapa banyaknya energi yang terkandung dalam makanan atau minuman yang kamu konsumsi. Jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tiap orang berbeda-beda dan disesuaikan dengan usia, gaya hidup, dan berat badan. 

Pada usia yang anak-anak atau masih muda, kalori dibutuhkan lebih banyak untuk proses pertumbuhan dan perkembangan. Pada orang dengan gaya hidup aktif, seperti rutin berolahraga atau aktivitas fisik lainnya, kalori juga dibutuhkan dalam jumlah besar. Ukuran tubuh juga memengaruhi jumlah kalori yang dibutuhkan untuk beraktivitas sehari-hari.

Lalu, berapa jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh saat berpuasa? Normalnya, dalam sehari wanita dewasa membutuhkan 1600 sampai 2400 kalori, sedangkan pria dewasa membutuhkan 2200 sampai 3200 kalori per hari. Untuk remaja wanita membutuhkan 1800 sampai 2400 kalori, sedangkan remaja pria membutuhkan 2000 sampai 3200 kalori. 

Berbeda dengan kebutuhan kalori pada anak-anak. Di usia 2 sampai 3 tahun membutuhkan 1000 sampai 1400 kalori per hari. Usia 4 sampai 8 tahun membutuhkan 1800 sampai 2000 kalori per hari. Pada usia 9 sampai 13 tahun dibutuhkan 1400 sampai 2200 kalori untuk wanita, sedangkan 1600 sampai 2600 kalori untuk pria.

Itulah jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan kalori meskipun kamu sedang berpuasa. Pastikan kamu memenuhi kebutuhan kalori saat sahur maupun berbuka puasa. Dengan begitu, kesehatan tubuh akan terjaga dengan baik sehingga ibadah puasa yang akan dijalankan dapat berjalan dengan lancar.

Untuk menjaga berat badan di bulan puasa, sebaiknya pastikan kamu mengonsumsi dan membakar kalori dalam jumlah yang seimbang. Hindari juga terlalu banyak mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung kalori tinggi untuk mencegah berat badan yang bertambah ketika berpuasa. 

Makanan Sehat yang Bisa Memenuhi Kebutuhan Kalori

Kamu bisa memenuhi kebutuhan kalori selama menjalankan puasa dengan makanan sehat yang berkalori saat berbuka puasa dan sahur. Berikut beberapa makanan sehat yang bisa memenuhi kebutuhan kalori selama puasa, yaitu:

  • Dada Ayam. Pada 100 gram daging dada ayam terdapat 195 kalori.
  • Telur. Bukan hanya protein, telur juga mengandung kalori tinggi. 100 gram telur mengandung 155 kalori.
  • Kacang-kacangan. Dalam 100 gram kacang almond terdapat 578 kalori, sedangkan kacang tanah terdapat 567 kalori.
  • Kentang. Kentang menjadi salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi ketika kamu diet. Dalam 100 gram kentang rebus terdapat 87 kalori.

Itulah beberapa makanan sehat yang bisa dijadikan makanan untuk berbuka puasa atau sahur. Selain kalori, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi lainnya selama berpuasa.

Kamu bisa mengonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan gizi yang bisa didapatkan melalui Halodoc. Caranya, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

NHS UK. Diakses pada 2022. What Should My Daily Intake of Calories Be?
Very Well Fit. Diakses pada 2022. How Many Calories Should I Eat in a Day?