Tersambar Petir, Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Tersambar Petir, Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh

Halodoc, Jakarta - Dengan suaranya yang menggelegar dan kecepatannya yang super cepat, petir menyimpan energi yang mengejutkan. Petir membawa antara 1 hingga 10 miliar joule energi. Kira-kira energi ini mampu menyalakan bola lampu 100 watt selama 3 bulan.

Perbandingan lainnya, ketika menghantam tanah, petir bisa menghasilkan energi 300 kilovolt, atau 150 kali lebih besar daripada listrik yang digunakan untuk industri. Sedangkan kecepatan petir bisa menyampai 300.000 kilometer/jam. 

Tak cuma itu saja, petir juga juga bisa memanaskan udara di sekitarnya ke suhu hampir 27.700 derajat Celsius. Artinya, hampir lima kali lebih panas daripada suhu permukaan matahari. Nah, sudah kebayangkan betapa dahsyatnya kekuatan petir? 

Pertanyaannya, apa jadinya bila petir menyambar tubuh seseorang? Hmm, ringkasnya tersambar petir merupakan hal yang mengerikan. 

Baca juga: Takut Petir Secara Berlebihan, Mungkin Saja Terkena Astrafobia

Meski Mematikan, tapi Kemungkinan Selamat

Memang tak bisa dimungkiri, petir memang menyimpan energi dahsyat di balik kilatan cahayanya. Mau bukti? Pada 2016 ketika Bangladesh dilanda badai selama empat hari, setidaknya 65 warga di sana kehilangan nyawa akibat tersambar petir. 

Lain cerita di Bangladesh, lain pula cerita di negara kita. Pada 2015 seorang pria bernama Gede Arta (27), asal Banjar Antap Gawang, Pupuan, Bali, terjatuh setelah tersambar petir. Kala itu Gede tengah buang air kecil, sehingga kemaluannya pun ikut tersambar. 

Gede masih bisa selamat dari “hukuman mati” yang menghampirinya. Dari pemeriksaan medis, ia mengalami sejumlah luka bakar pada beberapa bagian tubuhnya. Mulai dari area kemaluan, kepala, dagu, punggung, serta kaki. Total luka bakar di tubuhnya sekitar 8 persen. 

Kombinasi kekuatan dan panas dari petir memang bisa menyebabkan kerusakan serius pada tubuh manusia. Meski begitu, faktanya sekitar 90 persen dari orang yang tersambar petir masih bisa selamat. Sedangkan 10 persen lainnya tewas langsung atau setelah mendapat perawatan. 

Bagaimana dengan kemungkinan seseorang tersambar petir dalam hidupnya? Para ahli memiliki angka yang berbeda-beda. Menurut peneliti dan Emeritus Professor of Mathematics di Imperial College, Inggris, kemungkinan seseorang untuk tersambar petir adalah satu dalam 300.000. Sementara itu, menurut ahli cuaca dari Amerika Serikat, angka kemungkinan tersambar petir 1 dalam 13.000.

Walaupun kemungkinan di atas terdengar kecil, tetapi dengan banyaknya populasi dunia, sambaran petir menjadi penyebab kematian 4000 orang tiap tahunnya. Angka tersebut telah dikurangi dengan 90 persen korban yang selamat.

Perhitungan angka di atas didapat dari kajian di 26 negara. Namun, belum termasuk korban di kawasan rawan petir seperti di Afrika Tengah, yang datanya tengah dipelajari para pakar.

Kembali ke tajuk utama, ada dampak tersambar petir bagi tubuh? 

Dari Gosong sampai Gagal Jantung

Mau tahu rasanya tersambar petir? Menurut dokter dari Phoenix, Arizona, Amerika Serikat, yang pernah merawat korban tersambar petir, korban seakan-akan seperti baru saja ditembak sebuah meriam. Tak cuam itu saja, berdasarkan saksi mata seperti dikutip BBC, ada asap keluar dari tubuh korban. Bahkan, sempat keluar api dari bagian dadanya. Sudah kebayangkan betapa mengerikannya tersambar petir? 

Baca juga: Luka Bakar Sampai Kena Tulang, Dapatkah Disembuhkan?

Ketika tersambar petir, kemungkinan tubuh akan dilalui tegangan listrik selama 3 milidetik saja. Akan tetapi, waktu yang amat singkat ini akan menimbulkan luka bakar yang bisa merusak jaringan bawah kulit, bahkan gosong. Hal yang bikin ngeri lagi, bila korban mengenakan aksesoris metal (kalung atau piercing), kulit bisa terpanggang seketika. Alasannya, bahan metal itu bisa menghantarkan listrik ke kulit. Di samping itu, andaikan petir keluar lewat kaki menuju tanah, maka alas kaki yang korban kenakan bisa hancur seketika. 

Terlepas dari kulit yang terbakar, tersambar petir masih menyimpan beberapa dampak mengerikan lainnya. Sekitar 90 persen korban selamat mengalami masalah kesehatan, baik dalam jangka pendek maupun panjang. Sebut saja kejang-kejang, sakit kepala, nyeri otot, tuli, perubahan kepribadian, kehilangan memori, sakit kronis, lumpuh, koma, hingga gagal jantung. 

Bagaimana lumpuh dan koma bisa terjadi? Bila listrik dari petir masuk ke dalam tengkorak, maka otak akan menjadi sasaran utamanya. Inilah yang bisa menyebabkan koma atau lumpuh secara temporer atau total. Sedangkan gagal jantung, lain lagi ceritanya. Gagal jantung ini disebabkan akibat ritme jantung yang berubah setelah terkena hentakan listrik. Nah, hal inilah yang menyebabkan kematian akibat tersambar petir. 

Nah, karena akibatnya amat mematikan, maka segeralah berlindung ketika petir bergemuruh di langit sana. 

Tips Berlindung dari Petir

Setidaknya ada beberapa upaya yang bisa kita lakukan agar terhindar dari sambaran petir. Misalnya:

  • Hindari arena terbuka, lapangan lapang atau lingkungan terbuka lainnya.

  • Jauhi pohon-pohon yang tinggi dan terisolasi atau benda-benda tinggi lainnya. 

  • Jika berkemah di area terbuka, buat kemah di lembah, jurang, ataupun daerah rendah lainnya.

  • Jauhi air, benda basah, seperti tali dan benda logam, misalnya pagar dan tiang. Air dan logam merupakan konduktor listrik yang sangat baik. 

Bila berada di dalam ruangan: 

  • Jauhi telepon berkabel. 

  • Jangan menyentuh peralatan listrik, seperti komputer, TV, ataupun kabel. 

  • Jangan mencuci tangan, mandi, ataupun mencuci piring.

  • Jauhi jendela dan pintu luar yang mungkin mengandung komponen logam.

  • Jauhi balkon, beranda, dan garasi terbuka.

  • Jangan berbaring di lantai beton atau bersandar pada dinding beton.

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa kapan dan di mana saja mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
BBC. Diakses pada 2019. What it’s Like to be Struck by Lightning.
ThoughtCo. Diakses pada November 2019. What a Lightning Strike Does to Your Body.
US Dept of Commerce National Oceanic and Atmospheric Administration National Weather Service. Diakses pada 2019. Lightning Safety.