• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Terserang Nyeri Pinggang, Perhatikan Beberapa Hal Ini

Terserang Nyeri Pinggang, Perhatikan Beberapa Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Terserang Nyeri Pinggang, Perhatikan Beberapa Hal Ini

“Nyeri pinggang merupakan gangguan kesehatan yang umum dialami oleh hampir setiap orang. Gejalanya sendiri umumnya bersifat ringan. Meski begitu, gejala berat bisa saja muncul sebagai tanda adanya gangguan serius. Berikut ini penyebab dan gejala nyeri pinggang yang perlu diwaspadai.”

Halodoc, Jakarta – Nyeri pinggang setidaknya pernah dirasakan sekali oleh setiap orang. Jika bersifat ringan, biasanya penyakit dapat sembuh dengan sendirinya tanpa penanganan khus. Namun jika terjadi dalam intensitas berat, biasanya kondisi tersebut menjadi tanda adanya penyakit serius, seperti infeksi saluran kemih, sakit ginjal, atau dehidrasi. Untuk penjelasan lebih lanjut, berikut ini serba-serbi nyeri pinggang yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: Gerakan Yoga yang Bisa Mengatasi Sakit Pinggang

Otot Kaku dan Tegang Jadi Penyebab Nyeri Pinggang 

Penyebab nyeri pinggang yang umum dialami adalah otot kaku dan tegang akibat salah posisi. Namun, nyeri pinggang juga dapat terjadi akibat gangguan medis tertentu. Berikut ini beberapa penyebab nyeri pinggang dari segi gangguan medis:

1. Cedera Otot

Penyebab nyeri pinggang yang pertama adalah cedera otot. Kondisi tersebut umum terjadi saat seseorang melakukan olahraga atau aktivitas dalam intensitas tinggi, seperti mengangkat beban berat. Kedua aktivitas tersebut membuat otot-otot di dalam tubuh tertarik secara berlebihan, sehingga muncul sejumlah gejala nyeri pinggang.

Tidak sampai di situ saja, ada hal yang dapat memicu terjadinya trauma di area pinggang. Salah satunya adalah kecelakaan. Jika terjadi dalam kasus yang parah, otot dapat menekan tulang belakang secara berlebihan. Hal tersebut berpotensi menyebabkan bantalan tulang di area pinggang menjadi pecah.

2. Osteoarthritis

Osteoarthritis, atau yang dikenal dengan istilah pengapuran sendi menjadi salah satu penyebab nyeri pinggang. Hal tersebut dikarenakan, saat mengalami pengapuran di area tulang belakang, tulang rawan akan rusak. Kondisi tersebut membuat saraf di tulang belakang mengalami iritasi, sehingga rasa nyeri di area pinggang pun tidak dapat dihindari. Selain osteoarthritis, rheumatoid arthritis dan spondilitis juga bisa menjadi penyebab nyeri pinggang.

3. Masalah pada Ginjal

Tahukah kamu jika adanya masalah pada ginjal dapat memicu nyeri pinggang? Salah satu masalah pada ginjal yang memicu nyeri pinggang adalah batu ginjal. Rasa sakitnya dimulai dari punggung bagian belakang dan juga pinggang. Selain batu ginjal, infeksi ginjal juga bisa menyebabkan nyeri pinggang.

4. Degenerasi Tulang Belakang

Degenerasi tulang belakang terjadi saat cakram di daerah tulang belakang mulai terurai karena hancur. Kondisi ini dikenal dengan sebutan pengapuran tulang. Penyakit degenerasi tulang umum dialami oleh seseorang berusia lanjut akibat obesitas. Semakin bertambahnya berat badan, maka akan semakin besar pula tekanan pada sendiri.

5. Irritate Bowel Syndrome (IBS)

Irritable bowel syndrome (IBS) merupakan kondisi saat sistem pencernaan yang memengaruhi kerja usus besar mengalami gangguan. Kondisi tersebut membuat kontraksi otot di bagian usus besar terganggu. Salah satu pemicu kondisi ini adalah diet, kebiasaan makan yang buruk, infeksi saluran pencernaan, dan stres. Gejala yang tampak meliputi sembelit, diare, sakit pelana, juga sakit pinggang di sisi kanan, kiri, atau keduanya.

Baca juga: Sakit Pinggang Sebelah Kiri, Kapan Sebaiknya ke Dokter Spesialis?

Selain beberapa penyebab seperti yang telah disebutkan sebelumnya, nyeri pinggang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor risiko. Berikut ini beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya nyeri pinggang:

  • Faktor genetik;
  • Memiliki kebiasaan merokok;
  • Peningkatan berat badan;
  • Memiliki gaya hidup tidak aktif;
  • Bertambahnya usia;
  • Melakukan aktivitas fisik yang berat.

Baca juga: Perawatan Mandiri untuk Meredakan Sakit Pinggang

Itulah penyebab nyeri pinggang yang perlu kamu hindari. Jika kamu mengalami salah satunya, silahkan periksakan diri di rumah sakit terdekat untuk menemukan langkah perawatan yang tepat, ya. Nyeri pinggang yang dibiarkan bukan hanya dapat mengganggu aktivitas harian yang dilakukan. Jika dibiarkan begitu saja, postur tubuh akan semakin parah seiring berjalannya waktu.

Referensi:

Medline Plus. Diakses pada 2021. Flank pain.

Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Back pain.

Keck Medicine of USC. Diakses pada 2021. 5 Reasons You Might Have Flank Pain.