Tes Akmil Seperti Enzo Zenz Allie, Ini Hal yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Tes Akmil Seperti Enzo Zenz Allie, Ini Hal yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Sosok taruna Akademi Militer (Akmil) Enzo Zenz Allie sempat menjadi sorotan banyak orang. Pemuda keturunan Prancis ini tidak hanya menarik perhatian karena penampilan fisiknya, tetapi ia juga sempat dikaitkan dengan organisasi terlarang. Meski sempat menjadi kontroversi, Enzo akhirnya tetap dipertahankan TNI. 

Menjadi anggota tentara atau TNI memang masih menjadi cita-cita bagi banyak orang. Enzo sendiri, melalui pemberitaan, mengaku ingin menjadi anggota Kopassus. Untuk menjadi bagian dari anggota militer di Indonesia, ada serangkaian tes yang harus dilewati terlebih dahulu. Tes tersebut meliputi pengetahuan umum, tes kepribadian, hingga tes kesehatan. Tertarik menjadi pelajar akademi militer seperti Enzo? Simak beberapa tips dan hal yang perlu diperhatikan berikut! 

Baca juga: 7 Pemeriksaan Fisik yang Biasa Dilakukan Sebelum Masuk Sekolah Militer

Tes Kesehatan Taruna Akademi Militer 

Salah satu tahap pemeriksaan yang penting dan harus dilewati calon taruna akademi militer alias akmil adalah tes kesehatan. Biasanya, tes kesehatan akan dilakukan dalam dua tahap, yaitu pemeriksaan bagian luar tubuh dan pemeriksaan kesehatan pada bagian dalam tubuh. Dalam melakukan pemeriksaan ini, ditunjuk dokter dan layanan kesehatan khusus. 

Pada tahap pertama, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi pemeriksaan tinggi badan, berat badan, postur tubuh, telinga, kesehatan kulit, ambeien, amandel, mata, gigi, bentuk kaki, hingga varises. Ada juga pemeriksaan khusus yang dilakukan sesuai jenis kelamin calon taruna, pada calon taruna perempuan ada pemeriksaan pada area reproduksi dan payudara sementara pada laki-laki dilakukan pemeriksaan varikokel dan hernia. 

Baca juga: Agar Lulus Tes Tentara TNI-AL, Perhatikan Hal Ini

Setelah dinyatakan lulus pada pemeriksaan pertama, calon taruna kemudian akan dihadapkan pada pemeriksaan kesehatan tahap kedua. Dalam tahap ini, pemeriksaan dilakukan untuk mengamati bagian dalam tubuh. Tes yang dilakukan meliputi pemeriksaan urine, tes darah, serta rontgen. Rangkaian pemeriksaan ini dilakukan untuk mendeteksi ada atau tidaknya penyakit tertentu yang diidap oleh calon taruna akademi militer. 

Pemeriksaan urine dilakukan untuk mendeteksi penyakit ginjal serta diabetes. Sedangkan tes darah, bertujuan untuk mengetahui kadar asam urat dan kolesterol dalam darah. Calon taruna akmil harus memiliki kadar asam urat maupun kolesterol yang normal, sebagai tanda bahwa tubuh berada dalam kondisi yang prima dan sehat secara keseluruhan. Pemeriksaan ini juga dilakukan untuk mengecek kadar gula darah, HB, lemak darah, serta trigliserida. Rangkaian pemeriksaan lanjutan juga dilakukan, salah satunya pemeriksaan rontgen untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan atau penyakit pada organ penting, seperti paru-paru, hati, dan jantung. 

Pemeriksaan elektrokardiogram (EKG) juga dibutuhkan untuk melihat kondisi jantung baik atau tidak, serta menilai kinerja organ vital tersebut. Dilakukan juga pemeriksaan ultrasonografi (USG) untuk mengetahui kemungkinan keberadaan batu ginjal atau penyakit lainnya. Seseorang harus dinyatakan lulus dari serangkaian pemeriksaan tersebut untuk bisa bergabung dan menjalani pendidikan di akademi militer. 

Pemeriksaan untuk calon taruna memang sangat lengkap dan dilakukan secara menyeluruh. Bukan tanpa alasan, menjadi TNI atau angkatan bersenjata memang harus diimbangi dengan kondisi fisik yang baik. Maka dari itu, bagi yang ingin masuk akmil disarankan untuk selalu menjalani pola hidup sehat agar bisa lulus dari tes masuk akademi. 

Baca juga: Tak Hanya Dewasa, Anak Pun Butuh Medical Check-up

Punya masalah kesehatan dan tubuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Halodoc. Diakses pada 2019. 7 Pemeriksaan Fisik yang Biasa Dilakukan Sebelum Masuk Sekolah Militer.
Ad.rekrutmen-tni.mil.id. Diakses pada 2019. Rekrutmen TNI Angkatan Darat.