Tes Jadi Tentara, Jaga Kesehatan Mata Jangan Sampai Minus

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Tes Jadi Tentara, Jaga Kesehatan Mata Jangan Sampai Minus

Halodoc, Jakarta – Salah satu syarat untuk lolos menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah memiliki kondisi kesehatan yang baik. Calon prajurit tidak hanya harus memiliki kondisi fisik yang bugar, tetapi juga kesehatan yang baik hampir pada seluruh tubuh termasuk kesehatan mata. Orang yang ingin melamar sebagai pasukan militer harus menjaga kesehatan mata jangan sampai minus. 

Mata minus merupakan istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan rabun jauh alias miopi. Kondisi ini merupakan jenis gangguan penglihatan di mana pengidapnya tidak bisa melihat dengan jelas objek yang berada jauh, sedangkan objek yang letaknya dekat biasanya tidak masalah alias masih bisa dilihat dengan jelas. Kondisi ini terjadi karena mata tidak bisa memfokuskan cahaya pada tempat yang seharusnya, retina mata. 

Baca juga: 7 Pemeriksaan Fisik yang Biasa Dilakukan Sebelum Masuk Sekolah Militer

Mencegah Mata Minus, Bisakah? 

Rabun jauh ditandai dengan gejala utama penglihatan kabur ketika melihat benda-benda yang jauh, misalnya lampu lalu lintas atau persimpangan jalan. Penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja, tetapi kebanyakan miopi menyerang anak-anak usia sekolah hingga remaja. Pada anak-anak, rabun jauh bisa membuatnya mengalami kesulitan di sekolah karena tidak mampu melihat tulisan di papan tulis saat duduk di barisan belakang. 

Saat merasa penglihatan kabur, seseorang cenderung akan berusaha memfokuskan mata untuk melihat lebih jelas. Biasanya, hal tersebut akan memicu munculnya gejala lain pada pengidap mata minus. Rabun jauh juga sering disertai dengan gejala sakit kepala, mata lelah, berkedip secara sering, mengucek mata, dan sering tidak menyadari keberadaan objek yang jauh. Kondisi ini ditangani dengan menggunakan kacamata agar kondisi mata tidak terus memburuk. 

Mata minus bisa disebabkan oleh kelainan pada kornea dan lensa mata. Keduanya memiliki fungsi untuk memfokuskan cahaya pada retina. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang diduga bisa memicu kondisi ini, mulai dari faktor genetik alias keturunan, mata kurang mendapat sinar matahari, kekurangan vitamin D, serta kebiasaan membaca atau menonton terlalu dekat. Cara terbaik untuk mencegah penyakit ini adalah dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut. 

Sayangnya, rabun jauh alias mata minus tidak bisa dicegah seutuhnya. Apalagi jika seseorang memiliki faktor risiko yang cukup tinggi. Namun, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga agar mata tetap sehat sehingga bisa mengurangi risiko mata minus pula. Jika kamu bercita-cita menjadi tentara, sebaiknya lakukan langkah-langkah pencegahan mata minus secepat mungkin. Berikut ini tips mencegah mata minus yang perlu diketahui: 

  • Lindungi Mata 

Cara terbaik mencegah kerusakan adalah dengan melindungi mata. Biasakan untuk menggunakan kacamata hitam saat berpergian atau melakukan aktivitas di siang hari. Hal ini penting untuk membantu melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. 

  • Jangan Merokok

Merokok menjadi hal yang harus dihindari saat seseorang ingin bergabung menjadi pasukan militer. Tidak hanya bisa merusak kesehatan paru-paru, paparan asap rokok nyatanya juga bisa memengaruhi kesehatan mata, termasuk meningkatkan risiko mata minus. 

Baca juga: Agar Lulus Tes Tentara TNI-AL, Perhatikan Hal Ini

  • Konsumsi Makanan Sehat 

Ada jenis makanan sehat yang baik untuk menjaga kesehatan mata, sehingga terhindar dari risiko rabun jauh. Kandungan yang baik untuk mata adalah vitamin A dan vitamin D yang bisa didapat dari buah-buahan dan sayuran. 

  • Periksa Mata Rutin 

Menjaga kesehatan mata juga penting. Hal ini bertujuan untuk memantau agar kesehatan mata tetap terjaga serta mengurangi risiko rabun jauh. 

Baca juga: Tak Hanya Dewasa, Anak Pun Butuh Medical Check-up

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
NHS UK. Diakses pada 2019. Short-sightedness (myopia).
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Nearsightedness.
Healthline. Diakses pada 2019. Nearsightedness (Myopia).