• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tes Kolesterol untuk Menghitung 4 Tipe Lemak Ini Dalam Darah

Tes Kolesterol untuk Menghitung 4 Tipe Lemak Ini Dalam Darah

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Saat seseorang melakukan pemeriksaan tahunan, salah satu yang kerap diikutsertakan adalah tes kolesterol. Hal ini berguna untuk memeriksa seberapa tinggi kadar zat lemak tersebut di dalam darah. Jenis pemeriksaan ini penting untuk dilakukan karena mampu menjaga kadar kolesterol di ambang normal yang mampu mencegah segala penyakit yang disebabkan oleh lemak yang terlalu banyak pada tubuh.

Selain itu, kamu juga harus mengetahui seberapa tinggi tingkat lemak dalam darah yang terbagi dalam beberapa jenis tersebut. Dengan begitu, kamu juga dapat memaksimalkan pencegahan yang dapat terjadi. Berikut adalah beberapa jenis lemak yang dapat diketahui dengan melakukan tes kolesterol. Selengkapnya baca di bawah ini!

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Cek Kolesterol?

Tipe Lemak dalam Darah yang Diperiksa saat Tes Kolesterol

Tes kolesterol yang lengkap, disebut juga dengan panel lipid, yaitu tes darah yang berguna untuk mengukur jumlah kolesterol dan trigliserida dalam darah. Pemeriksaan ini mampu membantu seseorang untuk menentukan risiko dari penumpukan plak pada arteri. Hal tersebut dapat menyebabkan bagian tersebut menyempit atau tersumbat sehingga menimbulkan gangguan yang berbahaya.

Kolesterol sendiri adalah bentuk lemak yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu menjaga sel-sel tubuh untuk bekerja dengan normal. Namun, sangat penting untuk menjaga kadar kandungan tersebut tetap dalam ambang normal. Dengan melakukan hal ini, kamu dapat tahu beberapa tipe lemak yang terkandung di dalam darah dan tingkat kandungannya. Berikut adalah beberapa tipe lemak yang dapat diperiksa:

  1. Tingkat Kolesterol HDL

Tipe lemak yang pertama dapat diperiksa dengan tes kolesterol adalah HDL. Kandungan ini disebut juga dengan kolesterol baik karena dapat membantu untuk menghilangkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Hal tersebut mampu menjaga arteri untuk tetap terbuka dan darah dapat mengalir dengan lebih bebas. Penting untuk menjaga kadar HDL pada tubuh untuk tetap lebih tinggi dibandingkan LDL.

  1. Tingkat Kolesterol LDL

Kamu juga dapat mengetahui seberapa tinggi tingkat kolesterol LDL atau kolesterol jahat di dalam tubuh. Terlalu banyak kandungan ini di dalam tubuh dapat menyebabkan penumpukan timbunan lemak (plak) pada arteri, yang mampu mengurangi aliran darah. Plak-plak yang bertumpuk, dalam beberapa kasus yang jarang, dapat pecah sehingga menyebabkan seseorang mengalami serangan jantung atau stroke.

Baca juga: Punya Kolesterol Tinggi, Atasi dengan Cara Ini

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait tipe lemak dalam darah yang dapat diperiksa dengan tes kolesterol. Dengan melakukan pemeriksaan tersebut, penting untuk memastikan jika tubuh kamu tetap dalam keadaan sehat. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan!

  1. Trigliserida

Trigliserida adalah jenis lemak di dalam darah yang dapat dipastikan jumlah kandungannya saat melakukan tes kolesterol. Saat makan, tubuh akan mengubah kalori yang tidak perlu menjadi trigliserida dan disimpan pada sel-sel lemak. Kadar trigliserida yang tinggi dapat berhubungan dengan beberapa faktor, seperti obesitas, terlalu banyak makan manis atau mengonsumsi alkohol, merokok, hingga mengidap diabetes dengan kadar gula darah yang tinggi.

  1. Total Kolesterol

Kamu juga dapat memastikan jumlah kandungan kolesterol dalam darah secara keseluruhan. Kadar normal dari total kolesterol pada tubuh adalah 201 hingga 240 mg/dL. Jika seseorang mengalami kadar 200 mg/dL atau lebih tinggi dari 240 mg/dL, maka penting untuk melakukan perubahan pada kebiasaan agar kadar tersebut kembali pada kadar normal.

Baca juga: 7 Cara untuk Menurunkan Trigliserida dalam Darah

Itulah beberapa jenis dari tipe lemak di dalam darah yang dapat kamu ketahui saat menjalankan tes kolesterol. Maka dari itu, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan tersebut secara rutin tiap tahunnya atau jika kamu mengalami peningkatan berat badan yang sangat besar. Hal tersebut dapat menjaga tubuh untuk tetap sehat.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Cholesterol test.
Web MD. Diakses pada 2020. Cholesterol Testing and the Lipid Panel.