Tetap Diet Saat Liburan Tahun Baru, Ini Triknya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Tetap Diet Saat Liburan Tahun Baru, Ini Triknya

Halodoc, Jakarta – Tiap orang punya tujuan berbeda saat diet. Ada yang berniat menurunkan berat badan, menjaga berat badan agar tetap ideal, hingga sekadar menerapkan pola makan sehat. Apa pun alasannya, diet perlu dilakukan secara konsisten agar mendapatkan hasil maksimal. Sayangnya, liburan panjang sering menggagalkan rencana diet yang sudah dibuat secara matang. Apalagi saat liburan, godaan makanan lezat saat liburan sulit dihindari.

Trik Diet Sambil Liburan Tanpa Khawatir Berat Badan Bertambah

Diet bukan menghalangi kamu menikmati momen liburan. Kamu perlu memastikan porsi dan jenis asupan yang dikonsumsi untuk mencegah kenaikan berat badan saat liburan. Berikut trik diet sambil liburan yang bisa dicoba, yaitu sebagai berikut.

1. Siapkan Camilan Sehat

Bagi yang bepergian saat liburan, sediakan camilan sehat untuk mengganjal perut yang lapar di tengah perjalanan. Hal ini mencegah makan berlebihan setibanya di lokasi liburan. Bagi yang libur di rumah, camilan sehat bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi sambil menonton film atau membaca buku. Selain bikin kenyang, camilan sehat juga rendah kalori sehingga mencegah berat badan bertambah. Camilan sehat yang bisa dikonsumsi antara lain yoghurt, sereal, oatmeal, cokelat hitam, dan buah-buahan.

2. Perhatikan Porsi Makan

Banyaknya hidangan lezat saat liburan sering bikin "lapar mata". Semua ingin dicoba tanpa mempertimbangkan nutrisi di dalamnya. Kamu boleh-boleh sama mencoba makanan yang tersedia, asal memperhatikan porsi makan. Ambil tiap makanan yang ingin dicoba dalam porsi kecil dan imbangi dengan konsumsi buah dan sayuran.

3. Pilih Minuman Rendah Kalori

Minuman manis banyak dihidangkan saat bepergian, termasuk saat kamu pergi ke restoran atau kafe. Cara mengatasinya adalah kamu bisa memesan minuman rendah kalori seperti air putih, teh tawar, kopi tanpa gula, serta jus buah dan sayuran.

Hindari konsumsi teh dan kopi dengan gula tambahan karena minuman manis yang dapat menambah berat badan. Minuman manis tidak merangsang pusat kenyang di otak, sehingga kamu akan tetap merasa lapar meski sudah konsumsi banyak minuman dan makanan manis.

4. Tetap Berolahraga

Olahraga tetap bisa dilakukan saat liburan. Aktivitas fisik ini membantu menjaga kebugaran tubuh, mengurangi stres, dan membakar kalori yang didapatkan setelah mengonsumsi banyak hidangan lezat saat liburan. Sediakan waktu khusus di sela-sela liburan untuk berolahraga. Cukup lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, lari, bersepeda, berenang, dan yoga setidaknya 15 - 30 menit per hari.

5. Tidur Cukup

Banyaknya aktivitas yang dijalani saat liburan tidak jarang mengacaukan waktu tidur. Meski begitu, kamu tetap perlu menjaga kualitas dan kuantitas tidur agar tubuh tetap fit saat liburan. Caranya menjaga kualitas tidur adalah sebagai berikut:

  • Hindari makan berat di malam hari, setidaknya dua jam sebelum tidur.

  • Membuat jadwal tidur. Pastikan kamu tidur di waktu yang sama, lalu bangun di waktu yang sama seperti hari biasanya.

  • Berada di kamar satu jam sebelum waktu tidur dan lakukan kegiatan yang membuat tubuh rileks, seperti mandi air hangat, latihan relaksasi atau meditasi, membaca buku, atau mendengarkan musik yang menenangkan.

Itulah tips diet saat liburan tahun baru yang bisa dicoba. Sakit saat liburan itu tidak enak, jadi segera bicara pada dokter Halodoc jika tiba-tiba muncul gejala sakit. Kamu bisa menggunakan fitur Contact Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter kandungan via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!

Baca Juga: