• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tetap Sehat Meski Jajan di Luar, Ini 5 Tipsnya

Tetap Sehat Meski Jajan di Luar, Ini 5 Tipsnya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu termasuk orang yang suka makan di luar? Kalau iya, pasti ada begitu banyak godaan untuk mengonsumsi makanan enak, tetapi tidak sehat di luar sana. Padahal, kamu sudah berkomitmen untuk menjalani pola makan sehat.

Salah satu cara supaya tetap sehat dan berat badan stabil adalah tetap menjalankan olahraga dan tidak mangkir dengan jadwal latihan. Olahraga akan membakar kalori yang kamu konsumsi dan membantu mempertahankan berat badan tetap stabil. Selengkapnya mengenai hidup sehat baca di bawah ini!

Komitmen dan Pilah-Pilih Makanan

Mencoba mempertahankan diet sehat sambil makan di luar bisa sangat menantang. Namun, ada beberapa cara untuk membuatnya lebih mudah, seperti memeriksa menu makanannya  sebelum memutuskan akan makan di restoran tersebut. 

Baca juga: Binge Eating Bukan Sekadar Nafsu Makan, Tetapi Psikologis

Memiliki strategi yang baik dalam arti pertimbangan-pertimbangan masuk akal dalam menentukan makan di mana, adalah upaya terbaik untuk sehat meski makan di luar. Traveling menjadi momen di mana seseorang kerap cheating dengan pola makan sehatnya. Nah, di momen inilah kamu semestinya tetap setia dengan aturan pola hidup sehatmu. 

Bagaimana supaya tetap berkomitmen dengan makanan sehat? Simak selengkapnya di sini!

  1. Makan dengan Sadar

Tidak ada larangan untuk mengonsumsi makanan enak, tetapi makanlah dengan sadar. Bagaimana maksudnya makan dengan sadar? Makan dengan sadar dalam arti tidak makan berlebih-lebihan dan mengonsumsi makanan secukupnya saja.

Makanan dengan sadar penuh juga membantu kamu menikmati makanan secara total dan maksimal. Menikmati proses memotongnya, memasukkan ke dalam mulut, mengunyah serta menelannya. Makan dengan sadar akan membuat kamu tidak hanya menikmati makanan, tetapi juga menyadari sudah memasukkan makanan apa saja ke tubuh. 

Butuh rekomendasi ahli mengenai cara makan dengan sadar ataupun pola makan yang sehat itu seperti apa, tanyakan langsung di Halodoc

Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk kamu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih kapan dan di mana saja mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

  1. Temukan Kelompok Sehatmu

Memang sih, kamu tidak bisa mengandalkan orang lain untuk menjalani hidup sehat. Namun, terkadang kamu butuh dukungan dari pertemanan untuk menyokong keputusan hidup sehatmu. Tidak ada salahnya untuk mendekatkan diri dengan teman-teman yang juga punya misi hidup sehat. 

Kalian tidak hanya berkomitmen untuk mulai lebih sering mengonsumsi makanan sehat, tetapi juga saling memberi semangat supaya tidak makan berlebihan dan bukan tak mungkin kalian melakukan olahraga bersama. 

Baca juga: Terapi Psikologi Dapat Atasi Bulimia, Kok Bisa?

  1. Memulai Sarapan Tinggi Protein

Memulai hari dengan sarapan tinggi protein akan membantu mempertahankan kadar gula darah tetap stabil dan tidak makan terlalu banyak sepanjang hari. Sarapan tinggi protein juga dapat mencegah kamu untuk ngemil terlalu banyak. 

  1. Makan Teratur

Percayalah, makan teratur akan menghindari kamu akan konsumsi terlalu berlebihan karena tubuhmu sudah memasang alarm jam makannya sendiri. Kamu tidak akan merasa kelaparan saat jam makanmu belum berdentang. 

Kalau bisa, hindari makan di atas jam 8 malam. Soalnya, makan malam terlalu larut dapat meningkatkan kenaikan berat badan secara signifikan. 

  1. Makan dalam Jumlah Kecil

Memang tidak bisa dipungkiri kalau traveling itu menggoda banget untuk icap-icip makanan baru. Kalau hasrat tersebut sangat menggelora, kamu bisa mengakalinya dengan membuat list makanan apa saja yang mau kamu jajal. 

Ketika momen menjajal makanan tersebut datang, jangan menghabiskan makanan tersebut dalam porsi yang besar tetapi icap-icip sedikit saja. Upayakan meski sedang berpelesir, jangan sampai kamu skip berolahraga.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2019. 14 Simple Ways to Stick to a Healthy Diet.
Help Guide.org. Diakses pada 2019. Healthy Eating.