• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tidak Hanya Bikin Sehat, Bersepeda Juga Bisa untuk Diet

Tidak Hanya Bikin Sehat, Bersepeda Juga Bisa untuk Diet

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Pandemi sedikit banyak membuat orang lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan imunitas tubuh. Itulah yang sepertinya menjadi penyebab mengapa olahraga bersepeda mendadak “laris manis”. Selain menjaga kesehatan tubuh, tahukah kamu bahwa bersepeda juga bisa untuk diet alias menurunkan berat badan?

Ya, sama halnya seperti olahraga lainnya, bersepeda juga menawarkan manfaat untuk menurunkan berat badan. Jika olahraga ini dilakukan dengan tekun dan disiplin dan dibarengi dengan pola hidup sehat lainnya, maka manfaatnya akan lebih maksimal. 

Baca juga: Kebiasaan Pagi Ini Berpotensi Bikin Bobot Naik

Tips Menurunkan Berat Badan dengan Bersepeda

Meski bisa membantu menurunkan berat badan, bukan lantas kamu bersepeda lalu langsung jadi kurus, ya. Sama halnya seperti menjalani metode diet tertentu, atau menekuni olahraga lain, dibutuhkan waktu yang tidak sebentar bagi kamu menekuni olahraga bersepeda apabila ingin mendapatkan manfaatnya. 

Selain waktu, kamu juga perlu disiplin, sabar, dan mengendalikan diri. Berikut ini tips menurunkan berat badan dengan bersepeda, yang menarik untuk disimak:

1.Perhatikan Pola Makan

Jika ingin berat badan turun dengan bersepeda, kamu juga perlu memerhatikan pola makan sehari-hari. Namun, bukan berarti kamu harus melakukan pemangkasan asupan makanan secara berlebihan. Sebab, bersepeda dapat membantu kamu membakar kalori dalam tubuh. 

Pola makan yang perlu diterapkan yaitu makanan sehat dengan gizi yang seimbang. Fokuslah pada berbagai variasi makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi. Makanlah secara teratur setiap harinya, hanya saja, pertimbangkan apa saja kandungan gizi dalam makanan yang kamu makan. 

Baca juga: Benarkah Wanita Lebih Sulit Turun Berat Badan Dibanding Pria?

2.Kurangi Makanan Tinggi Lemak dan Gula

Ada dua jenis makanan yang wajib kamu jadikan musuh jika ingin menurunkan berat badan dengan bersepeda, yaitu makanan tinggi lemak dan makanan tinggi gula. Kedua jenis makanan tersebut memiliki peran besar dalam peningkatan berat badan secara signifikan. Hindari juga konsumsi minuman beralkohol karena minuman ini punya jumlah kalori yang tinggi. 

3.Optimalkan Waktu Bersepeda

Bagi kamu yang bersepeda dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, waktu yang dihabiskan untuk bersepeda lebih penting dibandingkan dengan jarak yang ditempuh. Jika termasuk pesepeda pemula, kamu bisa memulai rutinitas sehat ini dengan melakukan tes yang sederhana.

Dengan berbagai aplikasi yang telah tersedia di ponsel pintar, hitung berapa jarak yang dapat ditempuh saat kamu bersepeda selama 30 menit. Lalu, catat jarak yang mampu kamu tempuh, dan tentukan target mengurangi waktu tempuh untuk mencapai jarak yang sama. 

Jika rutin melakukannya, tingkat kebugaran tubuh semakin lama akan semakin meningkat, dan waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak tertentu juga akan semakin singkat. Selain itu, kalori yang dibakar tubuh pun semakin lama akan semakin banyak.

Baca juga: Manfaat Teh Hijau dan Teh Oolong untuk Turunkan Berat Badan

4.Lakukan dengan Konsisten dan Perlahan

Hindari rasa terburu-buru dalam memasang target penurunan berat badan dengan bersepeda. Hal terpenting untuk dilakukan adalah konsisten dan fokus dalam proses yang dilakukan saat ini. 

Jangan lupa juga untuk tidak terlalu muluk dalam membuat target. Tentukanlah target yang mudah dan masuk akal untuk dicapai sesuai dengan kemampuan. Lalu, secara perlahan, kamu akan mendapati diri kamu menjadi sosok yang lebih kuat dan stabil dalam berlatih. Saat itulah, kamu bisa secara bertahap meningkatkan target.

Itulah beberapa tips menurunkan berat badan dengan bersepeda. Jika kamu butuh saran dari ahli soal menjalani diet, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter, kapan dan di mana saja. 

Referensi:
Very Well Fit. Diakses pada 2020. Biking Your Way to Weight Loss.
British Cycling. Diakses pada 2020. Struggling with Cycling Weight Loss.