• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tidak Hanya Kulit, Waspadai 10 Komplikasi Psoriasis bagi Tubuh

Tidak Hanya Kulit, Waspadai 10 Komplikasi Psoriasis bagi Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Tidak Hanya Kulit, Waspadai 10 Komplikasi Psoriasis bagi Tubuh

Halodoc, Jakarta – Psoriasis adalah salah satu jenis penyakit kulit yang tidak boleh disepelekan. Penyakit yang satu ini ditandai dengan munculnya bercak merah, bersisik dan gatal di area lutut, siku, batang tubuh, atau di kulit kepala. Kenapa tidak boleh disepelekan? Sebab, psoriasis bisa bersifat kronis dan tidak dapat disembuhkan. 

Gejalanya bisa muncul selama beberapa minggu atau bulan, kemudian mereda untuk sementara waktu atau mengalami remisi. Jika tidak mendapat pengobatan yang tepat, psoriasis dapat menimbulkan komplikasi serius. 

Baca juga: Apakah Psoriasis Termasuk Penyakit Menular?

Komplikasi Psoriasis yang Perlu Diwaspadai

Komplikasi yang dihasilkan oleh psoriasis tidak sebatas memengaruhi kulit saja. Ini bisa memengaruhi mata, saraf, ginjal dan lain-lain. Berikut berbagai komplikasi psoriasis yang perlu kamu waspadai:

1. Artritis Psoriasis

Arthritis psoriasis adalah psoriasis yang disertai dengan penyakit arthritis atau radang sendi. Kondisi ini ditandai dengan sendi yang merah atau bengkak di area jari, siku, dan tulang belakang. Tanda lain termasuk kaku dan nyeri, terutama setelah bangun tidur di pagi hari. 

Semakin cepat psoriasis diatasi, maka semakin kecil pula kemungkinan berkembangnya psoriasis. Jika sudah terjadi, arthritis psoriasis umumnya diobati dengan obat antirematik dan antiinflamasi untuk menghentikan kerusakan sendi dan untuk meningkatkan mobilitas pengidap. 

2. Penyakit Mata

Peradangan akibat psoriasis bisa menimbulkan komplikasi pada jaringan mata yang halus. Pengidap psoriasis mungkin lebih rentan terkena blepharitis, konjungtivitis, dan uveitis.

3. Depresi

Tak hanya gejala fisik, psoriasis bahkan mampu memengaruhi kondisi mental pengidapnya. Pengidap mungkin mudah cemas, sedih dan bersalah, hingga mengisolasi diri. Semua ini bisa jadi merupakan tanda awal depresi. Bila kamu mengidap psoriasis dan merasa tertekan selama lebih dari beberapa minggu, bicarakan dengan dokter tentang cara-cara untuk mengelola kesehatan mental. 

Kalau kamu butuh bicara dengan dokter maupun psikiater, kamu bisa menghubungi mereka lewat aplikasi Halodoc. Tidak perlu repot keluar rumah, kamu dapat menghubungi dokter yang kamu butuhkan kapan dan di mana saja via Chat atau Voice/Video Call.

4. Penyakit Parkinson

Pengidap psoriasis juga berisiko lebih tinggi untuk mengembangkan penyakit Parkinson. Sebab, peradangan kronis yang disebabkan oleh psoriasis dapat memberikan efek merugikan pada jaringan saraf. Parkinson adalah kelainan neurodegeneratif yang memengaruhi otak. Kondisi ini menyebabkan tremor, anggota tubuh kaku, masalah keseimbangan, dan masalah gaya berjalan.

5. Tekanan Darah Tinggi

Psoriasis meningkatkan peluang tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kemudian, kondisi ini secara signifikan meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke seiring berjalannya waktu. Sering kali tekanan darah tinggi tidak menimbulkan gejala apapun. Jadi, kamu harus memeriksa tekanan darah secara teratur, terutama jika mengidap psoriasis.

Baca juga: Pola Hidup Sehat untuk Pengidap Psoriasis

6. Sindrom Metabolik

Sindrom metabolik adalah sekelompok kondisi yang memengaruhi metabolisme dan kesehatan jantung. Ini termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan kadar insulin tinggi. Psoriasis dapat meningkatkan risiko sindrom metabolik yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

7. Penyakit Kardiovaskular

Menurut Mayo Clinic, orang dengan psoriasis memiliki risiko dua kali lipat terkena penyakit kardiovaskular. Faktor risiko lain yang mungkin memicunya adalah penggunaan obat psoriasis. Obat-obatan ini bisa sangat membebani jantung, sehingga meningkatkan detak jantung dan kadar kolesterol.

8. Diabetes Tipe 2

Psoriasis juga dapat meningkatkan kadar insulin, salah satu penyebab utama penyakit diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh menjadi resisten terhadap insulin dan tidak dapat lagi mengubah glukosa menjadi energi.

9. Penyakit Ginjal

Psoriasis dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal, terutama jika psoriasis yang kamu alami bersifat sedang atau parah. Ginjal bertanggung jawab untuk menyaring dan membuang limbah dari tubuh. Jika tidak berfungsi dengan baik, limbah ini dapat menumpuk di tubuh.

Baca juga: 7 Trik Agar Psoriasis Enggak Sering Kambuh

10. Penyakit Autoimun Lainnya

Karena psoriasis adalah penyakit autoimun, penyakit ini juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit autoimun lainnya. Ini termasuk penyakit radang usus , penyakit celiac, lupus, dan multiple sclerosis (MS).

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Psoriasis.
Healthline. Diakses pada 2020. How to Avoid Psoriasis Complications.