• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tidak Lagi Sahur, Begini Cara Perbaiki Pola Tidur Usai Lebaran
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tidak Lagi Sahur, Begini Cara Perbaiki Pola Tidur Usai Lebaran

Tidak Lagi Sahur, Begini Cara Perbaiki Pola Tidur Usai Lebaran

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 20 Mei 2022

Pola tidur harus kembali berubah setelah lebaran. Hal ini penting untuk memastikan tidur tetap berkualitas. Maka dari itu, ketahui cara memperbaiki pola tidur yang tepat.

Tidak Lagi Sahur, Begini Cara Perbaiki Pola Tidur Usai Lebaran

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu termasuk dalam kelompok orang yang kesulitan untuk mengembalikan pola tidur usai Lebaran? Selama bulan Ramadan kemarin, umat Islam yang menjalani puasa memang mengalami perubahan pola tidur. Sebab, harus bangun pada dini hari untuk melakukan sahur. Usai hari Lebaran, tentu hal ini akan kembali berubah. 

Namun, mengubah pola tidur kembali normal memang tidak mudah. Kebiasaan pola tidur selama bulan Ramadan yang berubah telah secara otomatis menjadi alarm bagi tubuh untuk terbangun pada waktu sahur.

Akhirnya, kamu jadi mudah mengantuk dan kurang konsentrasi dalam menjalankan aktivitas harian. Lantas, bagaimana cara memperbaiki pola tidur setelah Lebaran? 

Tips Memperbaiki Pola Tidur agar Kembali Normal 

Tubuh mungkin sudah terbiasa untuk bangun pada waktu sahur. Kalau sudah begini, penting untuk segera mengetahui cara memperbaiki pola tidur, sehingga tubuh bisa mendapatkan istirahat yang cukup. Tidur yang kurang berkualitas bisa mengacaukan kondisi tubuh dan aktivitas sehari-hari. Nah, berikut ini trik yang bisa kamu terapkan guna mengembalikan jam tidur, yaitu:

  1. Jika Bangun Terlalu Pagi, Segera Tidur Kembali

Seperti yang disebutkan sebelumnya, karena sudah terbiasa melakukan sahur, tubuh bangun dengan sendirinya menjelang pukul 03.00 setiap harinya.

Jika sewaktu-waktu kamu mendadak bangun kembali, coba untuk langsung tidur lagi dan tidak memainkan ponsel. Sebab, hal ini bisa membuat tingkat kesadaran naik.

Biasakan untuk bangun pukul 05.00 setiap harinya, dengan begini tubuh melakukan adaptasi kurang lebih satu minggu. Selanjutnya, tubuh memiliki jam bangun pukul 05.00 dan melupakan jam bangun sebelumnya yang dilakukan saat puasa.

  1. Usahakan Aktif saat Pagi dan Siang Hari

Saat menjalankan ibadah puasa, biasanya kita enggan melakukan banyak kegiatan. Nah, saat ibadah puasa telah berakhir, ini saatnya untuk melakukan perubahan dan berusaha untuk lebih aktif di pagi dan siang hari. Coba lakukan banyak kegiatan seperti berkunjung ke rumah saudara atau berkunjung ke rumah tetangga untuk silaturahmi.

Dengan begini, tubuh merasakan lelah dan saat malam datang kamu bisa segera mengantuk dan tidur tepat waktu. Jangan tunda waktu tidurmu jika sudah datang rasa kantuk, segera tidur agar tenaga Anda pulih kembali dan bisa melakukan kegiatan keesokan harinya.

  1. Batasi Minum Kopi

Pada minggu-minggu awal setelah puasa dan Lebaran usai, pastikan agar tidak banyak minum kopi terlebih dahulu. Kamu bisa memilih alternatif minuman lain seperti misalnya air mineral untuk mencegah tubuh mendapatkan banyak asupan kafein.

Terlalu banyak kafein membuat tubuh sulit untuk tidur pada malam hari. Padahal tubuh membutuhkan tidur lebih awal agar jam tidur bisa kembali normal demi mencegah kelelahan akibat kurang tidur.

  1. Hindari Makan Jelang Waktu Tidur 

Makan terlalu banyak khususnya menjelang malam dapat memicu perut menjadi begah dan tidak nyaman akibat kekenyangan. Hal ini membuat sistem pencernaan lebih aktif dan membuat tubuh terjaga bahkan tidak bisa tidur, meski sudah mulai mengantuk.

  1. Aktif Berolahraga

Selain itu, penting juga untuk kembali aktif berolahraga agar tubuh sehat dan terhindar dari obesitas. Olahraga rutin bisa membuat kualitas tidur meningkat.

Tidak sulitkan untuk bisa mendapatkan kembali pola tidur normal dan berkualitas setelah Lebaran? Hal ini membantu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh agar siap beraktivitas dengan normal. Jangan lupa juga, imunitas tubuh yang terjaga sehingga tidak mudah sakit.

Yuk tingkatkan imunitas & beli vitamin di Halodoc, hemat up to 50% setiap hari Selasa. Pasti Gratis Ongkir + Jaminan Termurah*. Download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang.

*S&K berlaku

Referensi:
NHS UK. Diakses pada 2022. How to Get to Sleep.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Sleep Tips: 6 Steps to Better Sleep.
Healthline. Diakses pada 2022. 12 Ways to Fix Your Sleep Schedule.