• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tidak Selalu Daging, Ini 3 Jenis Makanan yang Picu Asam Urat

Tidak Selalu Daging, Ini 3 Jenis Makanan yang Picu Asam Urat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Jika kamu kerap mengalami rasa sakit pada sendi, kemungkinan besar hal tersebut disebabkan oleh penyakit asam urat. Bahkan, kamu dapat kesulitan untuk berjalan karena rasa sakit yang dirasakan dan lebih sering terjadi di malam hari. Maka dari itu, jika kamu telah terdiagnosis mengidap gangguan asam urat, ada baiknya tahu cara agar penyakit tersebut tidak mudah untuk kambuh.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit asam urat kambuh adalah dengan menghindari beberapa makanan yang menjadi pemicunya. Beberapa makanan ini dapat meningkatkan kadar asam urat sehingga pembentukan kristal akan terjadi. Untuk mengetahui makanan apa saja yang perlu dihindari, kamu dapat membaca ulasan selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Adakah Obat Alami untuk Mengatasi Penyakit Asam Urat?

Jenis Makanan yang Dapat Memicu Penyakit Asam Urat

Jika kamu mengidap gangguan ini, makanan tertentu dapat memicu serangan yang mampu meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh. Makanan yang dapat menjadi pemicu umumnya mengandung purin yang tinggi, yaitu zat yang ditemukan secara alami dalam makanan. Saat tubuh mendapatkan banyak purin melalui makanan, tubuh akan menghasilkan asam urat sebagai produk limbah.

Sebenarnya ini bukan masalah bagi orang yang sehat, karena tubuhnya secara efisien dapat menghilangkan kelebihan asam urat tersebut. Namun, seseorang yang mengidap penyakit asam urat tidak dapat menghilangkan zat yang berlebih tersebut secara efisien dari tubuhnya. Maka dari itu, menghindari makanan yang kandungan purinnya tinggi dapat menghindari asam urat menumpuk dan menyebabkan masalah pada sendi.

Maka dari itu, kamu harus tahu makanan apa saja yang harus dibatasi karena kaya akan kandungan purin. Berikut ini beberapa makanan yang dapat memicu terjadinya penyakit asam urat:

1. Makanan Laut

Salah satu makanan yang perlu dibatasi konsumsinya karena dapat menyebabkan penyakit asam urat untuk kambuh adalah makanan laut. Beberapa jenis makanan tersebut adalah ikan, kerang, udang, dan lainnya. Makanan ini kaya akan kandungan purin yang dapat diuraikan tubuh menjadi asam urat. Kamu boleh mengonsumsinya asalkan tidak melewati batas 100 gram setiap harinya. Kamu disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak kacang, kedelai, dan protein nabati lainnya agar asupan protein tetap terpenuhi.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait penyakit asam urat dan cara menghindari kekambuhannya, dokter dari Halodoc siap memberikan saran secara profesional. Caranya mudah saja, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc dan dapatkan kemudahan dalam akses kesehatan langsung dari smartphone yang digunakan sehari-hari!

Baca juga: Sering Diabaikan, Inilah Penyebab Utama Asam Urat

2. Daging Kalkun dan Angsa

Jika kamu memiliki penyakit asam urat, ada baiknya juga menghindari konsumsi daging kalkun dan angsa. Jenis unggas ini memiliki kandungan purin yang lebih tinggi dibandingkan daging unggas lainnya, sehingga patut untuk dihindari. Selain itu, kamu juga harus menghindari asupan daging hewan liar seminimal mungkin jika rentan terhadap penyakit ini. Cobalah untuk lebih banyak mengonsumsi ayam dan bebek yang merupakan pilihan paling aman.

3. Makanan dan Minuman Manis

Apabila kamu masih memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman yang manis, ada baiknya untuk dikurangi bahkan dihindari, terlebih jika memiliki penyakit asam urat. Pemanis mengandung fruktosa tinggi yang dapat merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak asam urat. Selain menghindari makanan dan minuman ini, cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak cairan guna menurunkan risiko penyakit asam urat kambuh.

Baca juga: Ketahui Penyebab dan Penanganan Asam Urat di Rumah

Itulah beberapa makanan yang perlu kamu hindari jika mengidap penyakit asam urat. Ini karena makanan tersebut dapat memberi dampak langsung pada tubuh sehingga asam urat menjadi tinggi. Saat terjadi, pengkristalan pada sendi semakin tinggi risikonya yang menimbulkan rasa sakit dan sulit untuk berjalan.

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2020. Gout Triggers.
Health. Diakses pada 2020. What Causes Gout? 8 Foods That Trigger Attacks.