• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tidur Berkualitas Jadi Kunci Penurunan Berat Badan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tidur Berkualitas Jadi Kunci Penurunan Berat Badan

Tidur Berkualitas Jadi Kunci Penurunan Berat Badan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 25 Mei 2022

“Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mendaoatkan berat badan ideal. Namun sayangnya masih banyak yang tidak menyadari bahwa tidur cukup adalah salah satu langkah penurunan berat badan yang penting untuk diperhatikan.”

Tidur Berkualitas Jadi Kunci Penurunan Berat Badan

Halodoc, Jakarta – Kelebihan berat badan dan obesitas kini telah menjadi masalah kesehatan global. Bahkan di dunia, angka obesitas telah meningkat lebih dari dua kali lipat sejak 1980. Obesitas dan kegemukan sendiri juga menjadi faktor risiko dari beberapa penyakit tidak menular seperti penyakit jantung koroner, penyakit arteri perifer hingga sindrom metabolik.

Beberapa orang mencoba menurunkan berat badan dengan program diet dan olahraga. Namun, tahukah kamu jika ternyata tidur berkualitas menjadi salah satu kunci kesuksesan penurunan berat badan? Yuk simak hubungan antara penurunan berat badan dan kualitas tidur berikut ini!

Penurunan Berat Badan dan Kualitas Tidur

Orang dewasa berusia 18 hingga 60 tahun setidaknya butuh 7 jam dalam sehari. Data dari pusat pengendalian penyakit Amerika (CDC) menunjukkan lebih dari 30% orang dewasa di Amerika Serikat tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas.

Penelitian menunjukkan kualitas dan kuantitas tidur yang kurang dapat meningkatkan risiko gangguan metabolisme tubuh, peningkatan berat badan dan obesitas. Kurangnya kualitas tidur menyebabkan peningkatan keinginan untuk mengonsumsi makanan tinggi kalori dan tinggi karbohidrat. Hal ini pun secara konsisten mampu meningkatkan berat badan.

Selain itu, penelitian lain menunjukkan kurangnya kualitas tidur menyebabkan timbulnya kelelahan berkepanjangan sehingga mampu mengganggu siklus diet dan olahraga rutin yang telah dijadwalkan. 

Sebuah studi lain yang dilakukan oleh University of Copenhagen membandingkan kualitas tidur antara kelompok tertentu. Yakni pada mereka yang sedang melakukan program penurunan berat badan baik melalui diet, olahraga, hingga obat penurun berat badan.

Kualitas tidur diukur menggunakan sebuah kuesioner kemudian dibandingkan dengan hasil dietnya. Hasilnya, kelompok yang memiliki kualitas tidur yang rendah didapati adanya kesulitan penurunan berat badan dibandingkan dengan kelompok yang memiliki tidur yang cukup dan kualitas tidur yang baik.

Pada studi jangka panjang juga menunjukkan orang dewasa dengan obesitas dengan lama tidur kurang dari 6 jam sehari atau dengan kualitas tidur yang buruk dapat meningkatkan tingkat BMI hingga 1,1 kg/m2. Sebagai perbandingan, orang dengan obesitas yang mendapatkan waktu tidur lebih dari 6 jam sehari mampu menurunkan tingkat BMI hingga 0,16 kg/m2

Olahraga dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Tidur

Pada penelitian yang sama, kelompok yang melakukan program penurunan berat badan dengan diet makanan saja dan kombinasi dengan obat-obatan penurun berat badan, memiliki kualitas tidur yang lebih buruk dibandingkan dengan mereka yang mengkombinasikannya dengan olahraga. Artinya, olahraga secara signifikan mampu meningkatkan kualitas tidur dan meningkatkan hasil akhir dari program penurunan badan yang dijalani.

Dari beberapa paparan penelitian terdahulu dapat disimpulkan bahwa penurunan berat badan merupakan suatu kesatuan perubahan gaya hidup, artinya tidak hanya didapatkan dari pembatasan kalori makan saja tetapi olahraga dan tidur juga berpengaruh terhadap hasil akhir penurunan berat bedan. Bahkan dengan adanya olahraga dalam program penurunan berat badan secara sinergis mampu meningkatkan kualitas tidur dan memperbaiki luaran hasil penurunan berat badan.

Nah, bagi kamu yang mau tahu lebih jauh mengenai cara menurunkan berat badan yang efektif, kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk,  download Halodoc sekarang juga!

Ditulis oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim 

Referensi:
Center for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. Sleep and Chronic Disease.
Center for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. Healthy Weight, Nutrition, and Physical Activity.
Sleep Foundation. Diakses pada 2022. Why Is Sleep Important to Weight Loss?
Web MD. Diakses pada 2022. Does Sleep Affect Weight Loss?