Tidur Tanpa Bantal, Bisakah Jadi Lebih Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Tidur Tanpa Bantal, Bisakah Jadi Lebih Sehat?

Halodoc, Jakarta - Tidur bagi banyak orang mungkin menjadi aktivitas yang dinanti-nanti. Setelah lelah usai seharian beraktivitas, tidur akan membantu mengembalikan energi yang telah terkuras. Untuk itu, banyak orang yang rela merogoh kocek lebih dalam lagi untuk membuat kamar tidurnya lebih nyaman. Misalnya membeli kasur, bantal, guling, atau selimut yang berkualitas. Namun, melansir Healthline, tidur tanpa bantal ternyata juga memiliki manfaat positif untuk tubuh. 

Setiap orang memang memiliki preferensi berbeda-beda untuk mendapatkan kenyamanan saat tidur. Beberapa orang suka tidur di bantal besar nan empuk, sementara orang lain merasa hal tersebut tidak nyaman. Tidur tanpa bantal diduga sangat cocok untuk mereka yang sering mengeluhkan sakit leher atau punggung ketika bangun tidur. Nah, berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat yang mungkin bisa didapatkan dengan tidur tanpa bantal!

Baca Juga: Tambah Usia? 8 Tips Ini Membantu Tidur Lebih Nyenyak 

Tidur Tanpa Bantal Bermanfaat untuk Leher dan Punggung

Menurut penelitian, tidur tanpa bantal akan membantu punggung memanjang, dan kamu akan beristirahat dalam posisi alami tanpa konsekuensi atau rasa sakit. Menggunakan bantal yang terlalu lunak dapat meregangkan otot lehermu dan bahkan mengurangi aliran darah ke kepala. Jika kepala terus miring ke bawah menyentuh bantal yang kurang memadai untuk kepalamu, aliran udara melalui sistem pernapasan akan berkurang secara signifikan. Karena itu, kemungkinan besar kamu akan terbangun dengan perasaan pusing atau bahkan sakit kepala.

Di sisi lain, menggunakan bantal tebal atau bahkan menumpuk lebih banyak bantal di bawah kepala dan leher berpotensi merusak posisi tulang belakang dan menyebabkan rasa sakit di punggung. Tidur seperti ini dalam waktu lama hanya akan menyebabkan sakit punggung kronis dan ketegangan otot. Jika kamu tiba-tiba mulai mengalami rasa sakit di pagi hari, segera singkirkan bantal yang kini kamu gunakan. Cobalah tidur satu malam tanpa bantal untuk melihat apakah sakit punggung atau leher hilang keesokan paginya. 

Namun, jika sakit punggung tetap kamu rasakan meski sudah tidak menggunakan bantal, sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter. Tanpa perlu antre dan buang waktu, kini kamu bisa buat janji dengan dokter menggunakan aplikasi Halodoc.

Baca Juga: 3 Alasan Seks Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Tidak Hanya itu, Tidur Tanpa Bantal Juga Bermanfaat untuk Kecantikan 

Menekankan kepala ke permukaan bantal selama berjam-jam dapat dipastikan tidak akan memberikan manfaat apa-apa. Bahkan menekan wajah ke permukaan bantal hanya akan mencegahnya berkeringat dan bernapas. Ini kemudian mencegah pori-pori pada kulit untuk 'bernapas'. Efeknya, ini akan meningkatkan jumlah keringat dan membantu pembentukan semua minyak di wajah. Komedo juga bisa terbentuk di pori-pori kulit karena tambahan debu dan kotoran di permukaan bantal yang bersentuhan dengan wajah. 

Meski belum ada kaitan yang pasti mengenai efek penggunaan bantal terhadap kesehatan rambut, beberapa pihak menyebutkan sarung bantal memainkan peran akan hal ini. Sarung bantal dari kapas akan menyerap minyak alami, yang kemudian dapat membuat rambutmu tampak kusut di pagi hari. Oleh karena itu, penggunaan sarung bantal berbahan sutra diduga lebih baik untuk kesehatan rambut. 

Tips untuk Memulai Tidur Tanpa Bantal

Jika kamu selalu tidur dengan bantal, akan perlu waktu untuk terbiasa tidur tanpa bantal. Untuk itu, pertimbangkanlah kiat-kiat ini jika kamu ingin mencoba tidur tanpa bantal:

  • Secara Bertahap Kurangi Dukungan Apapun pada Kepala. Alih-alih segera melepas bantal, mulailah dengan selimut atau handuk yang dilipat. Buka gulungan handuk dari waktu ke waktu sampai kamu benar-benar siap tidur tanpa dukungan apapun. 

  • Gunakan Bantal untuk Area Tubuh yang Lain. Saat tidur tengkurap, kamu bisa meletakkan bantal di bawah perut dan panggul untuk membantu tulang belakang tetap netral. Letakkan bantal di bawah lutut saat kamu berada di punggung atau di antara lutut saat kamu menghadap samping.

  • Pilih Kasur yang Tepat. Tanpa bantal, lebih penting memiliki kasur dengan dukungan yang cukup. Kasur yang terlalu lunak akan membuat tulang belakangmu mengendur, mengakibatkan sakit punggung.

Baca Juga: Selimut Tebal Jadi Rahasia Bebas Stres

Meskipun tidur tanpa bantal dapat membantu tidur, penelitian khusus sebetulnya masih dirasa kurang mendukung. Biasanya, disarankan untuk menggunakan bantal jika kamu lebih sering tidur telentang atau miring. Namun, hal yang paling penting adalah merasa nyaman dan bebas rasa sakit di tempat tidur. Jika kamu mengalami sakit leher atau punggung, atau jika kamu memiliki kondisi tulang belakang seperti skoliosis, tidur tanpa bantal mungkin tidak aman. Bicaralah dengan dokter sebelum memutuskan untuk tidak menggunakan bantal. 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2019. Is Sleeping Without a Pillow Good or Bad for Your Health?
Sleep Advisor. Diakses pada 2019. Is It Better For Your Neck And Spine To Sleep With Or Without A Pillow?