Ini 6 Alasan Tidur Tanpa Celana Dalam Menyehatkan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini 6 Alasan Tidur Tanpa Celana Dalam Menyehatkan

Halodoc, Jakarta – Tidur menjadi kebutuhan wajib bagi setiap manusia. Melalui tidur, tubuh bisa beristirahat setelah menjalankan aktivitas seharian dan mengumpulkan energi untuk kembali menjalankan aktivitas esok hari. Tanpa tidur yang cukup, kita berisiko mengalami kelelahan akibat menurunnya daya tahan tubuh. Akibatnya, kita gampang terserang berbagai penyakit. 

Baca Juga: Suka Memakai Skinny Jeans atau Celana Ketat? Ini Dampaknya bagi Kesehatan

Nah, semakin tidur kita berkualitas maka semakin banyak pula energi yang bisa diperoleh. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur. Bisa melalui konsumsi makanan sehat, olahraga, tidur lebih cepat, bahkan dengan melepaskan bra atau celana dalam. 

Sudah banyak penelitian yang mendukung klaim bahwa tidur tanpa menggunakan celana dalam dapat menghasilkan kualitas tidur yang lebih baik. Berikut ini manfaat dari tidur tanpa mengenakan celana dalam yang perlu kamu ketahui

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Tahukah kamu bahwa pakaian yang kita kenakan bisa memengaruhi proses perubahan suhu saat tidur? Ketika pakaian yang kita kenakan ukuran dan tekstur bahannya tidak sesuai, maka suhu tubuh akan sulit untuk berfluktuasi. Efek yang dirasakan mungkin sering membalikkan tubuh atau bangun beberapa kali selama tidur. Oleh sebab itu, cobalah untuk melepaskan celana dalam sesekali agar sirkulasi udara tubuh kita lebih lancar, sehingga tidur bisa lebih berkualitas.

2. Mencegah Gangguan Tidur

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa saat kita tidur tubuh mengalami perubahan suhu. Suhu tubuh akan mencapai puncaknya mulai sekitar jam 11 malam sampai 4 pagi. Agar tidur bisa lebih nyenyak, suhu tubuh perlu turun kurang lebih setengah derajat. Tapi saat tubuh gagal mencapai suhu ideal, seseorang bisa mengalami gangguan tidur lho. Melepas celana dalam membantu menurunkan suhu selama jam tersebut, sehingga gangguan tidur bisa dicegah.

Baca Juga: Celana Dalam Ketat Bikin Sesulit, Benarkah?

3. Meningkatkan Kualitas Sperma

Perlu diketahui bahwa testis pria memerlukan suhu yang stabil untuk memproduksi sperma berkualitas tinggi. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa testis hanya akan mampu menghasilkan kualitas sperma yang sehat pada suhu yang tidak lebih tinggi dari 36,67 derajat Celcius. Mengenakan celana dalam saat tidur membuat area selangkangan dan testis lebih hangat. 

Akibatnya, pria berisiko mengalami infertilitas dan disfungsi ereksi. Oleh sebab itu, pria disarankan untuk melepaskan celana saat tidur guna menurunkan suhu di area testis dan meningkatkan sirkulasi darah ke Mr P. 

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Diabetes menyebutkan bahwa tidur tanpa pakaian bisa menurunkan berat badan dengan cara memicu proses metabolisme tubuh kita. Suhu tubuh yang lebih dingin saat tidur akan membantu tubuh untuk mengaktifkan produksi lemak coklat. 

Lemak coklat adalah jenis jaringan lemak sehat yang bertanggung jawab untuk menghasilkan panas tubuh dengan membakar kalori. Ketika lemak coklat telah aktif, tubuh secara otomatis menghilangkan sejumlah kalori hanya dengan tidur.

5. Mengurangi Stres

Sudah tahu kan kalau tidak mengenakan celana dalam saat tidur bisa membuat kita tidur lebih nyenyak? Nah, saat kita tidur nyenyak, hormon yang disebut kortisol akan kembali  ke kadar yang normal, sehingga dapat mengurangi stres yang sedang dialami. Bisa dipastikan, kamu bisa bangun lebih segar dan lebih bahagia setelah tidur semalam tanpa mengenakan celana dalam.

6. Menciptakan Hormon Anti-Penuaan

Seperti yang kita ketahui, tidur tanpa celana bisa memudahkan tubuh untuk menurunkan suhu beberapa derajat. Nah, suhu yang cukup dingin ternyata bekerja untuk mencetuskan pelepasan hormon melatonin dan pertumbuhan.

Kedua hormon ini sangat penting karena memiliki sifat anti-penuaan. Melatonin, juga dikenal sebagai hormon tidur yang memiliki banyak manfaat mulai dari mencegah penyakit kardiovaskular sampai memberikan perlindungan terhadap penyakit diabetes.

Baca Juga: Bahaya Sering Pakai Celana Jeans Bagi Kesehatan Mr. P

Punya keluhan medis? Sebaiknya periksakan ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya. Enggak usah repot, sekarang buat janji dengan dokter di rumah sakit pilihanmu bisa melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!