• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tindakan yang Dapat Dilakukan untuk Mencegah Floaters

Tindakan yang Dapat Dilakukan untuk Mencegah Floaters

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu merasa jika penglihatan kamu mengalami masalah seperti bercak kecil yang timbul? Jika benar adanya, kemungkinan besar kamu mengalami gangguan bernama floaters. Gangguan ini sangat mengganggu penglihatan jika dibiarkan. Maka dari itu, seseorang dengan gangguan ini harus mengatasi masalah ini agar penglihatan kembali normal.

Namun, alangkah lebih baiknya jika tidak mengalami gangguan tersebut dengan cara mencegah floaters sebelum terjadi. Dengan begitu, kesehatan mata tanpa gangguan dapat tetap terjaga. Berikut beberapa cara pencegahan yang efektif!


Cara Mencegah Floaters

Floaters adalah gangguan yang terjadi saat terdapat bintik-bintik, benang, hingga tampilan yang menyerupai jaring laba-laba pada penglihatan. Hal ini lebih sering terjadi saat seseorang menggerakkan mata atau ketika mencoba untuk melihat langsung. Hal ini dapat terjadi sebagai tanda peringatan jika terdapat masalah pada mata, terutama jika terjadi secara tiba-tiba dan bintiknya terbilang banyak.

Baca juga: Operasi Vitrektomi untuk Mengobati Eye Floaters

Gangguan ini terjadi akibat sel atau flek protein yang bersarang di dalam cairan vitreous. Bagian tersebut berguna untuk menyediakan jalur bagi cahaya yang masuk ke mata melalui lensa. Vitreous menyediakan jalur bagi cahaya yang masuk ke mata melalui lensa. Bagian ini juga terhubung pada retina yang berguna untuk menangkap gambar dan mengirimkannya ke otak melalui saraf optik.

Bercak yang timbul pada mata ini dapat sangat mengganggu pemandangan. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara mencegah floaters sebelum terjadi. Cara yang paling efektif adalah dengan menjaga kesehatan mata. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan:


1. Melakukan Pemeriksaan Mata Rutin

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata agar mampu mencegah floaters adalah dengan melakukan pemeriksaan mata secara rutin. Banyak orang yang baru melakukan pemeriksaan pada mata ketika sudah mengalami masalah. Padahal, setiap orang wajib memeriksakan matanya ke dokter mata setiap dua tahun sekali.

Seseorang harus menerima pemeriksaan mata awal saat memasuki usia 40 tahun meskipun tidak memiliki masalah penglihatan. Hal tersebut dapat menyingkirkan atau mengidentifikasi tanda-tanda awal dari gangguan pada mata. Selain itu, jika kamu memiliki beberapa risiko yang dapat berdampak buruk pada mata, ada baiknya pemeriksaan dilakukan lebih dini.

Baca juga: Waspadai Komplikasi yang Disebabkan Floaters


2. Menjaga Pola Makan Sehat

Cara mencegah floaters lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga pola makan sehat. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam sayur dan protein, seperti lutein dan asam lemak omega-3, dapat mencegah masalah penglihatan seperti floaters. Selain itu, hal ini juga dapat mengurangi risiko seseorang mengalami degenerasi makula. Kamu dapat lebih banyak mengonsumsi sayuran hijau, salmon, dan buah-buahan agar dapat menjaga penglihatan tetap sehat.

Masih banyak cara yang efektif untuk mencegah floaters. Jika kamu ingin mengetahui lebih jauh terkait hal tersebut, dokter mata dari Halodoc dapat memberikan saran secara profesional. Caranya cukup dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu. Dengan begitu, kesehatan mata kamu tetap terjaga setiap saat!


3. Mengonsumsi Banyak Air

Tubuh harus mendapatkan cairan yang cukup agar dapat menjaga kesehatannya. Dengan mengonsumsi banyak air putih, kamu dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan racun dan zat-zat berbahaya yang menumpuk di tubuh. Floaters terjadi akibat terbentuknya penumpukan racun pada mata. Dengan lebih banyak mengonsumsi air putih, kamu dapat mencegah terjadinya floaters. Selain itu, kebiasaan baik ini juga dapat meningkatkan kesehatan mata.

Baca juga: Begini Prosedur Terapi Laser untuk Mengatasi Floaters

Itulah beberapa cara yang dapat efektif untuk mencegah terjadinya floaters pada mata. Saat kamu menjaga pola makan sehat dan mengonsumsi banyak air, bukan hanya kesehatan mata yang dapat dijaga, tetapi juga tubuh secara keseluruhan. Maka dari itu, ada baiknya untuk menjaga kesehatan tubuh dengan tetap hidup sehat.


Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. How to Get Rid of Eye Floaters.
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2020. What you can do about floaters and flashes in the eye.