• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tinggi Protein, Ini Manfaat Ikan Kakap untuk Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tinggi Protein, Ini Manfaat Ikan Kakap untuk Kesehatan

Tinggi Protein, Ini Manfaat Ikan Kakap untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 30 November 2022

“Ikan menjadi salah satu makanan sumber protein yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tak terkecuali ikan kakap yang kaya nutrisi penting untuk menunjang fungsi tubuh.”

Tinggi Protein, Ini Manfaat Ikan Kakap untuk KesehatanTinggi Protein, Ini Manfaat Ikan Kakap untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Selain ayam dan daging merah, ikan menjadi sumber makanan sehat tinggi protein lainnya yang baik untuk mendukung kesehatan tubuh. Ikan kakap menjadi salah satu jenis ikan yang baik untuk memenuhi asupan protein dan nutrisi penting tubuh. Kamu bisa mendapat manfaat ikan kakap dari kandungan nutrisinya. 

Manfaat Ikan Kakap untuk Kesehatan

Ikan kakap memiliki kandungan protein yang tinggi. Setidaknya ada sekitar 20,51 gram protein dalam ikan kakap seberat 100 gram. Meski kandungan proteinnya tinggi, kalori ikan kakap terbilang rendah. Alhasil, ikan satu ini memang menjadi pilihan menu yang baik untuk diet. 

Lalu, apa saja manfaat ikan kakap untuk kesehatan? Berikut beberapa di antaranya berdasarkan kandungan nutrisinya:

1. Kandungan lemak baik

Rutin mengonsumsi ikan kakap tidak membuat kadar lemak dalam tubuh naik. Sebab, lemak dalam ikan masuk dalam kategori lemak baik, yaitu lemak tak jenuh. Jenis lemak ini memiliki manfaat untuk mendukung kesehatan organ jantung.

Tak hanya itu, ikan kakap juga mengandung asam lemak omega-3 sebanyak 0,31 gram dalam 100 gram porsinya. Kandungan ini sangat baik untuk menurunkan risiko terserang penyakit jantung sekaligus mengendalikan kadar kolesterol darah. 

2. Kandungan mineral

Manfaat ikan kakap selanjutnya bisa kamu peroleh dari mineralnya. Sebanyak 100 gram ikan kakap mengandung mineral berikut:

  • Zat besi sebanyak 0,18 miligram.
  • Zink sebanyak 0,36 miligram.
  • Kalsium sebanyak 32 miligram.
  • Fosfor sebanyak 198 miligram.

Kandungan mineral pada ikan kakap ini tentunya memiliki manfaat tersendiri untuk kesehatan tubuh. Sebagian besar mineral dalam ikan kakap memiliki peran penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan sel pada tubuh. 

3. Kandungan vitamin

Selain asupan mineral, mengonsumsi ikan kakap secara rutin juga membantu memenuhi asupan vitamin harian tubuh. Berikut vitamin dan jumlahnya yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi 100 gram ikan kakap:

  • Vitamin D sebanyak 408 IU.
  • Vitamin A sebanyak 106 IU.

Tak ketinggalan, kandungan vitamin B kompleks yang terdiri dari vitamin B1, B2, B3, dan B9 atau folat. Vitamin B kompleks memiliki fungsi penting untuk kesehatan otak. Sementara itu, vitamin D baik untuk kesehatan tulang, dan vitamin A berperan penting untuk kesehatan mata.

Berapa Banyak Sebaiknya Mengonsumsi Ikan Kakap dalam Sehari?

Kamu dapat mengonsumsi ikan kakap sebagai lauk makan setiap hari. Porsinya yaitu sebesar 40 gram atau sekitar setengah dari ukuran telapak tangan. Meski manfaat ikan kakap untuk kesehatan sangat beragam, cara mengolah yang tidak tepat justru membuat kamu kehilangan manfaat tersebut.

Sebaiknya, kamu menghindari menggoreng ikan. Cara ini hanya membuat ikan memiliki kandungan lemak jahat yang lebih tinggi. Tentu saja hal ini akan membuat kadar lemak jahat dalam tubuh meningkat. Mengolah dengan cara direbus atau dipanggang bisa menjadi opsi lain untuk menyantap ikan kakap.

Meski kandungan nutrisinya begitu berlimpah, sebaiknya kamu tetap mengimbangi dengan asupan protein lainnya. Misalnya daging merah tanpa lemak, telur, tahu, dan tempe.

Tidak hanya mendapatkan manfaat ikan kakap, kamu juga dapat memperoleh manfaat dari mengonsumsi menu makanan sehat lainnya dengan bertanya langsung pada dokter spesialis gizi di Halodoc. Caranya cukup download Halodoc di ponselmu, gratis melalui App Store maupun Play Store. 

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Livestrong. Diakses pada 2022. The Best Hooks to Use on a Snapper.
SFGate. Diakses pada 2022. What Are the Health Benefits of Red Snapper.